Lifestyle

8 Alat Seduh Kopi Terbaik 2024 yang Pemula Wajib Punya

Editor 1 minggu yang lalu

Saat ini, kopi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Kopi telah menyatu dalam budaya masyarakat. Bahkan, baik di kota besar maupun di daerah pinggiran, selalu terdapat warung yang menjual kopi.

Kita tentu memerlukan alat atau metode tertentu untuk membuat kopi. Nah, apakah Anda seorang pecinta kopi yang tertarik meracik kopi sesuai selera? Simak, deretan alat seduh kopi terbaik 2024 berikut yang cocok untuk pemula.

BACA JUGA: Apakah Air Alkali Kemasan Aman untuk Diminum?

Rekomendasi Alat Seduh Kopi Terbaik

Dalam dunia kopi, ada dua jenis metode seduh. Pertama, teknik seduh menggunakan mesin. Kedua, adalah teknik seduh manual, yang sering disebut Manual Brew. Metode seduh manual ini memiliki berbagai macam teknik dengan jenis alat yang berbeda-beda.

1. Aeropress

Alat seduh kopi Aeropress

Alat seduh kopi Aeropress

Aeropress adalah alat seduh kopi manual terbaik yang dapat menghasilkan espresso. Metode penyeduhan kopi dengan Aeropress memanfaatkan tekanan udara untuk menghasilkan ekstraksi kopi. 

Aeropress memiliki beberapa keunggulan, seperti harganya yang terjangkau dan proses penyeduhan yang cepat. Tekanan yang digunakan dalam proses ini membuat ekstraksi biji kopi lebih merata (full immersion). Alat ini juga cocok untuk Anda yang menyukai karakter kopi yang manis. Selain itu, metode manual brew ini mampu mengurangi tingkat keasaman kopi.

2. V60

Alat seduh kopi manual V60

Alat seduh kopi manual V60

Salah satu alat seduh kopi manual terbaik yang termasuk dalam kategori manual brew adalah V60. Proses penyeduhan kopi dengan V60 membutuhkan tenaga dan kreativitas. Alat seduh kopi V60 termasuk dalam metode pour over, di mana air panas dituangkan di atas bubuk kopi yang ada di dalam filter.

Secara singkat, teknik seduh kopi V60 berasal dari terciptanya alat seduh yang dikenal sebagai dripper pada tahun 2004. Alat seduh kopi manual ini diciptakan oleh perusahaan Jepang bernama Hario. Nama V60 dipilih karena bentuk alat ini menyerupai huruf "V" dengan sudut 60 derajat.

3. Syphon

Alat barista Syphon

Alat barista Syphon

Alat seduh kopi manual yang satu ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan dengan alat seduh kopi manual lainnya. Meskipun tingkat kesulitannya tinggi, kopi yang dihasilkan dari metode ini memiliki karakteristik yang istimewa.

Penyajian kopi menggunakan Syphon dilakukan dengan memasak kopi di dalam tabung khusus. Posisi kopi berada di bagian atas, sementara air berada di bagian bawah. Rumah spiritus diletakkan di bawah alat Syphon. Air harus dimasak hingga mendidih, kemudian air akan naik ke bagian atas di mana kopi diletakkan.

4. Vietnam Drip

Alat manual brew Vietnam Drip

Alat manual brew Vietnam Drip

Alat seduh kopi manual terbaik berikutnya adalah Vietnam Drip. Kopi tetes Vietnam, yang juga dikenal dengan sebutan Vietnam Drip. 

Sesuai namanya, kopi tetes ini membutuhkan waktu untuk menghasilkan secangkir kopi yang nikmat.

Tetes demi tetes kopi yang turun dari dripper Vietnam ke gelas adalah kopi yang lezat untuk menemani hari Anda.

5. French Press

French Press coffee brew

French Press coffee brew

French Press, atau yang sering disebut coffee press, adalah salah satu alat seduh kopi manual terbaik. Penyajiannya menggunakan gelas khusus. 

Untuk membuat kopi dengan teknik French Press, disarankan menggunakan kopi yang digiling kasar daripada kopi yang digiling halus. 

Hal ini karena ampas kopi yang digiling halus dapat merembes melalui filter French Press dan bercampur dengan seduhan kopi.

6. Moka Pot

Alat seduh kopi Moka Pot

Alat seduh kopi Moka Pot

Alat seduh kopi manual terbaik berikutnya adalah Moka Pot. Alat seduh kopi manual ini memiliki bentuk seperti teko. 

Moka Pot adalah salah satu alat seduh kopi manual yang mampu menghasilkan ekstraksi kopi berupa krema, atau yang biasa dikenal sebagai espresso.

7. ROK Presso

Alat seduh kopi manual ROK Presso

Alat seduh kopi manual ROK Presso

Alat seduh kopi manual ini dibuat oleh Patrick Hunt. ROK Presso terdiri dari “kedua tangan” yang berfungsi sebagai penekan atau presser, tamper, portafilter, cerat (spout), serta pembuih susu (milk frother). 

Selain itu, bentuk ROK Presso lebih ringkas dan mudah dibawa ke mana saja. Dengan menggunakan metode ROK Presso, Anda bisa menggunakan berbagai jenis bubuk kopi. 

Hasil seduhan dengan ROK Presso cukup mendekati rasa espresso yang biasanya dihasilkan oleh mesin kopi profesional. Namun, berbeda dengan mesin espresso standar, ROK Presso tidak memerlukan daya listrik.

8. Chemex

Alat barista Chemex

Alat barista Chemex

Alat seduh kopi manual ini sebenarnya baru mulai dikenal luas pada tahun 2000-an. Bentuk Chemex yang menarik membuat banyak orang bahkan menggunakannya sebagai dekorasi.

Metode penyeduhan kopi dengan Chemex sebenarnya bisa dianggap sebagai metode infusi. Dari segi rasa, tidak jauh berbeda dengan kopi yang diseduh menggunakan metode drip biasa. Meskipun Chemex memproses kopi dengan lebih lambat, rasa yang dihasilkan cenderung lebih kuat.

Pilih Sesuai Kebutuhan dan Gaya Ngopi

Tentu saja, setiap penikmat kopi memiliki selera, karakter, dan preferensi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda bisa menentukan alat seduh kopi mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Setelah melihat salah satu jenis peralatan dapur di atas, apakah Anda sudah menentukan alat mana yang akan dibeli terlebih dahulu? Pilihlah alat kopi manual yang sesuai dengan preferensi dan gaya Anda.