Gadget and Tools

Mengenal Produk Flagship dan Ciri-Cirinya, Apakah Pantas Dibeli?

Editor 4 hari yang lalu 3 Viewer

Bagi pengguna smartphone pasti sudah cukup mengenal istilah flagship. Namun, apa itu ponsel atau produk flagship? Berikut ini penjelasan lengkap dan ciri-cirinya.  

Apa itu Flagship?

HP Flagship

HP Flagship

Apabila diartikan secara harfiah, flagship adalah kapal yang membawa komandan dari armada kapal. 

Biasanya, kapal ini adalah yang terbesar, dilengkapi dengan peralatan paling canggih dan modern, dan selalu berada di garis depan setiap misi.

Mengacu pada arti aslinya, produk teknologi flagship dapat dianggap sebagai produk "teratas" dari sebuah perusahaan seperti: ponsel, laptop, tablet, jam tangan pintar, dan lainnya.

Umumnya produk flagship ini sudah dilengkapi oleh produsen dengan fitur-fitur canggih dan perangkat keras paling modern yang dimiliki para pesaing lainnya saat ini.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi HP Gaming, Siap Libas Semua Game Berat!

Ciri-Ciri Perangkat Flagship

Sebuah produk dianggap sebagai flagship bisa saja memiliki standar penilaian yang berbeda. Namun, biasanya perangkat atau ponsel flagship akan memenuhi kriteria berikut.

1. Produk Utama dari Produsen

Produk ini adalah perangkat terbaru yang dilengkapi dengan kualitas bahan yang terbaik dan fitur paling mutakhir pada saat peluncurannya. 

Sehingga, produk ini harus memiliki kualitas terbaik di antara semua produk yang telah diciptakan perusahaan. 

Produk flagship atau produk utama akan menjadi produk yang menegaskan merek perusahaan dibandingkan dengan para pesaingnya.

Sebagai contoh, Samsung memiliki tiga smartphone series yang dipasarkan secara aktif. Namun, series S dan Note dianggap sebagai flagship lantaran kualitasnya yang mengungguli seri lainnya.

2. Produk Terbaik di Segmennya

Sebuah perusahaan dapat membagi banyak segmen harga berbeda untuk satu jenis produk. Hal ini agar perusahaan dapat memiliki pangsa pasar yang lebih luas. 

Akan tetapi, mereka perlu menetapkan produk utama yang akan dibandingkan dengan produk kompetitornya. 

Sehingga, produk tersebut harus memiliki kualitas terbaik di antara semua produk yang telah diciptakan perusahaan. 

Jika perusahaan tidak mampu menghasilkan produk yang kompetitif, mereka akan tertinggal dan kehilangan banyak pelanggan.

Namun, perusahaan dapat menentukan produk yang dijadikan flagship jika sudah memiliki basis konsumen yang besar. 

Sebagai contoh, Samsung Galaxy dengan RAM 4GB tetap dianggap sebagai produk flagship meskipun pesaingnya memiliki produk dengan RAM hingga 6GB, karena Samsung adalah merek populer dengan basis peminat yang cukup besar.

BACA JUGA: Daftar Rekomendasi HP 2 Jutaan, Spek Unggul dengan Harga Terjangkau

3. Fitur Paling Modern

Flagship tidak hanya dilengkapi dengan fitur modern tetapi juga terintegrasi dengan kinerja dan spesifikasi terdepan. Selain itu, pada produk flagship tidak akan ditemukan cacat.

Produk ini perlu memiliki bahan dan fitur terbaik karena produk inilah yang akan menjadi senjata utama dalam bersaing dengan kompetitor. 

Standar kualitas untuk fitur ini terus berkembang setiap tahun. Oleh karena itu, perusahaan harus merencanakan dan menciptakan produk paling inovatif setiap tahunnya.

4. Memiliki Nilai Branding dan Pemasaran

Produk flagship umumnya akan memiliki desain menarik dan indah. Hal tersebut akan menjadi faktor yang menciptakan nilai bagi perusahaan.

Pasalnya, desain menarik dan indah tersebut akan membantu dalam pengenalan merek (branding) juga pemasaran perusahaan (marketing) kepada konsumen mereka.  

Banyak perusahaan akan menerapkan kampanye iklan yang kuat untuk produk mereka, membantu meningkatkan pengenalan merek dan posisi perusahaan.

Haruskah Saya Membeli Produk Flagship?

Keputusan untuk membeli produk flagship tergantung pada kebutuhan pribadi Anda. Sebelum membeli, Anda sebaiknya memahami kelebihan dan kekurangan dari produk flagship:

Kelebihan produk flagship

  • Produk ini terintegrasi dengan banyak fitur modern, memenuhi kebutuhan pengguna yang semakin meningkat.
  • Dilengkapi dengan teknologi terdepan (konfigurasi, teknologi layar, chip, RAM, kamera) yang memberikan pengalaman yang menyenangkan dan lancar.
  • Memiliki desain yang unik, impresif, dan mengikuti tren terbaru.
  • Produk ini diperbarui dengan fitur perangkat lunak paling canggih di antara seri produk lainnya.

Kekurangan produk flagship

  • Produk flagship cenderung dibanderol dengan harga yang tinggi.
  • Biaya perbaikan perangkat apabila mengalami kerusakan juga cenderung lebih tinggi. 

Itu dia penjelasan lengkap dari produk flagship dan ciri-cirinya yang perlu Anda ketahui. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli salah satu produk ini, Anda perlu mempertimbangkan baik-baik kebutuhan yang diperlukan. 

Pasalnya, banyak pengguna flagship tidak menggunakan fitur canggih yang ada di dalamnya sebaik mungkin.