Gadget and Tools

Cara Cek IMEI Android dan iPhone, Ketahui Legalitas Ponsel Anda

Editor 6 hari yang lalu 2 Viewer

Memastikan International Mobile Equipment Identity (IMEI) pada ponsel Anda adalah langkah penting untuk berbagai keperluan. IMEI adalah nomor identifikasi unik yang terpasang pada setiap perangkat seluler, mirip dengan nomor seri. Apakah Anda tahu cara cek IMEI pada ponsel?

Dengan cara memeriksa IMEI, pengguna bisa mengambil langkah-langkah yang dibutuhkan untuk menjaga keamanan dan identitas ponsel mereka. Berikut adalah cara untuk mengecek IMEI pada ponsel Anda.

Cara Cek IMEI di Android

Cara Cek IMEI di Android

Cara Cek IMEI di Android

IMEI memungkinkan pemiliknya untuk melacak lokasi ponsel, membantu pihak berwenang dalam penyelidikan, dan mencegah penjualan ilegal perangkat tersebut.

Cara cek IMEI di HP Android dapat dilakukan dengan tiga metode: menggunakan kode USSD, melalui menu pengaturan, dan melalui kemasan produk ponsel.

  1. Cek IMEI via kode USSD
  • Buka menu dial ponsel
  • Ketik *#06#
  • Muncul 15 digit nomor IMEI yang terdaftar
  1. Cek IMEI via menu pengaturan
  • Buka menu Setelan atau Pengaturan
  • Pilih Tentang Telepon
  • Klik Info detail dan spesifikasi
  • Gulir ke bawah dan pilih IMEI yang menampilkan 15 digit nomor
  1. Cek IMEI via kotak kemasan

Jika Anda akan membeli ponsel baru yang masih tersegel dalam kemasan, jangan khawatir. Anda tetap bisa memeriksa nomor IMEI pada bagian luar kemasan, tepatnya pada sebuah stiker putih yang menempel di salah satu sisi kotak tersebut.

Cara Cek IMEI di iPhone

Cara Cek IMEI di iPhone

Cara Cek IMEI di iPhone

Setiap model iPhone, tanpa terkecuali, memiliki nomor IMEI. Apple menawarkan berbagai metode untuk memeriksa nomor IMEI pada iPhone. Jika Anda belum tahu cara cek IMEI iPhone, simak beberapa metode berikut ini:

  1. Cek IMEI via menu pengaturan
  • Buka Pengaturan
  • Klik sub menu Umum
  • Klik sub menu Mengenai
  • Cari nomor seri iPhone, lalu scroll ke bawah untuk mendapatkan nomor IMEI/ IMEID
  1. Cek IMEI via kode USSD
  • Buka menu dial ponsel
  • Ketik *#06#
  • Muncul 15 digit nomor IMEI yang terdaftar
  1. Cek IMEI via Apple ID
  • Buka browser dan masuk ke appleid.apple.com
  • Log in dengan ID Apple yang digunakan di iPhone
  • Klik Perangkat dan muncul info nomor IMEI/MEID.

BACA JUGA: Perbedaan iPhone Inter dan iBox, Wajib Kenal Sebelum Menyesal!

Cara Cek IMEI via Situs Kemenperin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menyediakan sebuah situs web khusus yang memungkinkan pengguna untuk memeriksa apakah IMEI ponsel mereka resmi atau ilegal.

  1. Buka situs web resmi Kementerian Perindustrian (Kemenperin) di https://imei.kemenperin.go.id/.
  2. Tekan tombol *#06# pada layar ponsel untuk menampilkan nomor IMEI yang unik.
  3. Masukkan nomor IMEI yang muncul di layar ponsel ke dalam kolom pencarian di situs Kemenperin.

Jika nomor IMEI Anda terdaftar di database Kemenperin, Anda akan melihat keterangan "IMEI terdaftar di dalam database Kemenperin." Ini menunjukkan bahwa ponsel Anda diakui sebagai perangkat legal yang telah mendapatkan izin edar dari Kemenperin.

Sebaliknya, jika nomor IMEI Anda tidak terdaftar di database Kemenperin, Anda akan melihat pesan "IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin." Ini menunjukkan bahwa ponsel Anda mungkin ilegal atau merupakan barang ilegal (BM) yang tidak diakui secara resmi oleh Kemenperin.

Cara Cek IMEI via Bea Cukai

Bea Cukai adalah sebuah instansi pemerintah yang bertanggung jawab atas pengawasan, pengendalian, dan pemungutan bea masuk dan pajak dalam rangka impor serta ekspor barang. Berikut cara cek IMEI Bea Cukai di situs resminya.

  1. Kunjungi situs https://www.beacukai.go.id/cek-imei.html.
  2. Masukkan kode verifikasi yang tertera di website
  3. Klik opsi "Send" untuk mulai mencari status registrasi dari IMEI.
  4. Setelah itu akan muncul informasi apakah IMEI telah terdaftar atau tidak.

Tips Membeli HP Legal

Cek IMEI HP untuk mengetahui legalitas

Cek IMEI HP untuk mengetahui legalitas

Cek IMEI terdaftar pada ponsel berguna untuk memastikan layanan purna jual dan garansi yang tepat, serta melindungi data pribadi jika ponsel perlu dihapus dari jarak jauh. Berikut ini beberapa tips membeli ponsel secara aman.

1. Saat membeli HP, perhatikan dengan cermat mengenai garansi yang ditawarkan. Jika penjual menyatakan bahwa HP tersebut hanya memiliki garansi distributor, Anda perlu waspada.

Garansi distributor bukan berasal dari vendor atau produsen resmi HP. Garansi ini diberikan oleh pihak yang bukan merupakan produsen atau vendor resmi. Dengan demikian, garansi tersebut tidak dijamin dan didukung oleh produsen atau vendor yang sah.

2. Periksa nomor sertifikat yang tertera pada kotak atau ponsel. Pengecekan sertifikat HP bisa dilakukan dengan memeriksa nomor sertifikat yang ada pada kotak atau ponsel yang akan dibeli. Nomor sertifikat adalah identifikasi unik yang menandakan bahwa HP tersebut telah melalui proses uji sertifikasi dan dinyatakan layak edar oleh pihak berwenang.

3. HP resmi yang beredar di Indonesia memiliki kotak berlabel dalam bahasa Indonesia. Ponsel resmi yang sah dan beredar di Indonesia biasanya dikemas dengan label berbahasa Indonesia. 

Ini karena HP tersebut diproduksi dan dirakit di Indonesia, dan untuk mematuhi persyaratan pemasaran produk dalam negeri, kemasan HP akan menggunakan bahasa Indonesia sebagai salah satu tanda bahwa HP tersebut adalah produk resmi yang diakui oleh pihak berwenang di Indonesia.

Itulah semua cara cek IMEI HP untuk mengetahui legalitas ponsel Anda secara mudah dan cepat. Pastikan Anda selalu memeriksa legalitas produk sebelum memutuskan untuk memboyongnya.