Tips & Trick

Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin dan Lainnya di Rumah

Editor 1 minggu yang lalu 1 Viewer

Kulkas jika digunakan dalam jangka waktu yang lama biasanya akan mengalami masalah kecil. Beberapa masalah itu seperti tidak lagi dingin, lampu tidak menyala, tidak bisa membeku, dan sebagainya. Berikut ini beberapa tips cara memperbaiki kulkas tidak dingin dan masalah kulkas lainnya di rumah dengan mudah.

1. Cara Memperbaiki Kulkas yang Tidak Dingin

Hampir setiap rumah memiliki satu unit lemari pendingin atau kulkas. Alat yang umum digunakan untuk menyimpan bahan makanan agar tetap segar dan awet.

Salah satu masalah yang umum terjadi pada kulkas adalah tidak lagi menjadi dingin. Kulkas yang tidak dingin bisa menyebabkan makanan di dalam kulkas jadi lebih cepat busuk. 

Ada banyak alasan yang menyebabkan masalah ini terjadi, seperti daya listrik yang tidak cukup kuat, pintu kulkas tidak tertutup rapat, kulkas terlalu penuh, kekurangan gas freon, atau tombol pengaturan suhu yang tidak sesuai.

Berikut ini beberapa cara memperbaiki kulkas yang tidak lagi dingin:

- Pastikan pintu kulkas tertutup rapat. Jika gasket kulkas sudah mulai longgar bisa menyebabkan kulkas tidak tertutup dengan rapat. Anda bisa mengganti gasket pintu kulkas dengan yang baru. 

- Periksa daya listrik harus sesuai dengan kapasitas daya yang dibutuhkan kulkas. Cek kondisi stop kontak yang tersambung dengan kulkas, apakah bekerja dengan benar atau tidak.  

- Selalu jaga jumlah makanan yang tersimpan di dalam kulkas. Anda perlu menyusun bahan makanan dengan baik dan hindari menempatkan di dekat lubang yang memasok sirkulasi ke kulkas.

- Cek thermostat kulkas apakah sudah diatur dengan benar atau tidak. Jika suhu yang terpasang kurang sesuai, Anda dapat mengatur ulang dengan menyesuaikan suhunya kembali.

Apabila Anda tetap tidak bisa menemukan penyebab masalah dari kulkas tersebut, Anda dapat menghubungi pusat teknisi resmi kulkas untuk memeriksanya.

2. Cara Memperbaiki Lampu Kulkas yang Tidak Menyala

Jika lampu kulkas tidak menyala, ini bisa disebabkan oleh beberapa masalah. Berikut cara memperbaiki lampu kulkas yang tidak menyala:

- Periksa kondisi stop kontak listrik yang tersambung. Apakah stop kontak terasa longgar atau tidak lagi mengalirkan daya listrik ke kulkas dengan benar. 

- Cek kondisi kabel daya kulkas apakah ada bagian yang terkelupas, rusak, atau terputus.

- Pastikan kondisi lampu kulkas. Bola lampu bisa saja mati disebabkan karena filamennya yang putus atau tidak terpasang dengan baik. 

3. Cara Mengatasi Kulkas yang Tidak Menyala

Salah satu alasan yang paling umum kulkas yang tidak menyala adalah kebocoran listrik. 

Penyebab lainnya bisa disebabkan oleh kerusakan kompresor, sekring termal yang putus, atau kipas yang rusak. Di bawah ini beberapa cara untuk memperbaiki kulkas yang tidak menyala:

- Periksa apakah kabel daya kulkas terkelupas atau tidak. Kabel yang terkelupas bisa menyebabkan terjadinya kebocoran listrik yang tersambung..

- Coba matikan semua alat elektronik di rumah untuk memastikan kalau daya listrik rumah cukup kuat atau tidak membuat kulkas menyala.

- Masalah seperti kipas rusak, sekring termal putus, atau kompresor yang tidak berfungsi, hubungi teknisi resmi kulkas Anda untuk memeriksa dan menggantinya. Pasalnya, masalah ini memerlukan keahlian dan alat khusus untuk memperbaikinya.

4. Cara Memperbaiki Kulkas yang Beroperasi Terus Menerus

Ketika kulkas beroperasi terus tanpa berhenti, ini bisa mengakibatkan pemborosan listrik. Banyak udara dingin yang hilang bisa memengaruhi efektivitas penyimpanan makanan.

Masalah ini penyebab umumnya karena ada es atau kotoran yang menempel pada lubang sirkulasi udara dingin.

Penyumbat itu bisa menyebabkan suhu di dalam kulkas tidak sesuai dengan yang diatur. Sehingga membuat kulkas terus menerus bekerja. 

Masalah gasket pada pintu kulkas yang rusak juga bisa menyebabkan kompresor berjalan terus.Berikut ini beberapa tips mengatasi kulkas yang bekerja tanpa berhenti.

- Keluarkan semua bahan makanan di dalam kulkas dan putuskan daya listrik untuk mencairkan bunga es yang terbentuk di dalam kulkas.

- Jika kulkas Anda sudah bersih dari bunga es, Anda tetap perlu secara rutin membersihkan kulkas setiap 2-3 bulan sekali untuk menghindari masalah yang sama terulang.

- Ganti gasket pintu kulkas apabila sudah renggang, getas, atau pecah. 

5. Cara Memperbaiki Kulkas yang Berisik

Ketika kulkas berisik, penyebabnya mungkin karena kulkas berdiri tidak seimbang pada permukaan datar atau baut kompresor yang renggang.

 Di bawah ini beberapa langkah dan cara untuk mengatasi masalah tersebut:

- Apabila kulkas berdiri di permukaan yang kemiringannya berbeda, cobalah untuk menyeimbangkan posisinya dengan memberi sumpalan pada kaki-kaki kulkas. 

- Jika kebisingan terdengar di bagian belakang kulkas, penyebabnya mungkin pada baut kompresor yang kendor. Anda dapat mencoba untuk mengencangkan baut tersebut. 

- Apabila kulkas masih mengeluarkan suara yang berisik, mungkin terdapat masalah pada evaporator. Anda dapat menghubungi teknisi untuk memeriksanya. 

6. Cara Mengatasi Kulkas Membeku

Kulkas membeku bisa disebabkan karena Anda tidak membersihkan bagian dalam kulkas secara teratur, sekring termal putus, atau resistor pemanas rusak. 

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut:

  1. Matikan daya listrik ke kulkas dan keluarkan semua makanan.
  2. Buka pintu kulkas secara lebar dan biarkan bunga es yang terbentuk mencair.
  3. Letakkan cangkir berisi air panas atau nyalakan kipas angin ke dalam freezer untuk membantu bunga es mencair lebih cepat.
  4. Setelah bunga es mencair, gunakan kain lap untuk membersihkan kotoran yang tersisa dan air dari dalam kulkas. 
  5. Susun kembali makanan ke dalam kulkas.

Itu dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki masalah yang terjadi pada kulkas Anda seperti tidak dingin, lampu tidak menyala, dan sebagainya.

Apabila Anda merasa masalah kulkas masih tetap muncul meski sudah dicoba diatasi, sebaiknya hubungi teknisi resmi kulkas untuk memeriksa dan memperbaikinya.