Gadget and Tools

iPhone Nomor Model LL/A: Asal dan Artinya

Editor 1 minggu yang lalu 4 Viewer

Saat membeli iPhone, mungkin Anda bertanya-tanya apakah lebih baik membeli iPhone PA/A atau LL/A. Jadi jika Anda bingung apa arti kode iPhone LL/A, silakan membaca artikel ini untuk lebih memahami asal dan arti kode tersebut!

Apa Arti Nomor Model iPhone LL/A?

iPhone LL/A adalah lini iPhone asli yang diproduksi dan didistribusikan di pasar AS. Anda mungkin belum tahu, Apple telah menempatkan pabrik komponen di banyak negara di dunia yang kemudian diangkut ke pabrik di China untuk dirakit.

Setelah dirakit sepenuhnya, iPhone akan didistribusikan kembali ke banyak negara di dunia melalui jalur distribusi, kemudian dibawa ke konsumen.

Ponsel iPhone akan diberi kode berbeda, membantu Apple mengelola dan mendukung pengguna secara efektif untuk membedakan asal iPhone dengan mudah.

Secara spesifik, iPhone LL/A merupakan lini iPhone yang produk tersebut diproduksi dan didistribusikan hanya untuk pasar AS.

Apakah iPhone Nomor Model LL/A Bagus?

iPhone 12

iPhone 12

Setiap negara dan wilayah akan memiliki peraturan standar yang berbeda mengenai perangkat keras. Oleh karena itu, penempatan kode pada iPhone akan memungkinkan Apple dengan mudah mengontrol kualitas dan ketentuan hukum saat mendistribusikan produknya di pasar tersebut.

iPhone resmi yang dijual di Indonesia mempunyai tiga kode yakni PA/A, ID/A, dan FE/A. Jika ada kode di luar ketiga kode tersebut, berarti iPhone tersebut diimpor dari luar negeri.

Penting untuk diingat bahwa kode LL/A menunjukkan bahwa iPhone tersebut dirancang untuk pasar Amerika Serikat.

Namun, mengapa ada iPhone dengan kode LL/A yang dijual di Indonesia? Jika Anda menemukan iPhone dengan kode LL/A dijual di Indonesia, kemungkinan besar penjualan tersebut tidak resmi atau ilegal.

Konsekuensinya, Anda tidak akan mendapatkan garansi atau manfaat lainnya. Dari segi kualitas, iPhone dengan kode LL/A seharusnya bagus. 

Namun, Anda perlu untuk tidak mudah tergiur membeli iPhone murah yang berlabel "Ex-Inter" atau "All Operator." Ciri-ciri ini menunjukkan kalau ponsel tersebut bekas dari luar negeri dan kemungkinan masuk ke Indonesia secara tidak resmi.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli iPhone Internasional

iPhone 15

iPhone 15

Saat memilih untuk membeli iPhone LL/A, Anda perlu memperhatikan beberapa hal tambahan sebagai berikut:

1. Periksa dan bandingkan kode IMEI pada produk dan kotak.

2. Cek apakah nomor Imei perangkat telah terdaftar di dalam database Bea Cukai dan situs Kemenperin.

3. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui status IMEI dari perangkat yang akan Anda beli. Apabila IMEI perangkat terdaftar artinya perangkat ini lolos dari pemblokiran atau ancaman kehilangan sinyal.

4. Apabila tidak terdaftar maka iPhone tersebut masuk ke Indonesia secara tidak resmi dan bisa diblokir.

5. Jika Anda membeli iPhone bekas inter atau internasional, sebaiknya Anda memiliki pengetahuan atau meminta tenaga profesional untuk memeriksa fitur dan komponen perangkat sebelum memutuskan untuk membeli.

  • Periksa kapasitas dan status baterai saat ini.
  • Periksa respons layar, kualitas suara, dan beberapa fitur yang dilengkapi pada perangkat.
  • Periksa apakah aksesori, kabel, dan pengisi daya yang disertakan berfungsi dengan baik atau masih utuh.
  • Tanyakan dengan cermat informasi mengenai garansi produk dan kebijakan pengembalian jika terjadi masalah pada mesin saat pertama kali digunakan.

Anda perlu mengingat bahwa iPhone dengan nomor model LL/A bukanlah iPhone yang dirancang untuk Indonesia, sehingga ada kemungkinan iPhone ini masuk secara ilegal dan terancam blokir sinyal.

Anda dapat menemukan iPhone bergaransi dan IMEI terdaftar resmi di Erablue!