Lifestyle

7 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Anda Pelihara

Editor 1 minggu yang lalu

Bagi Anda yang ingin memelihara hewan tetapi bingung ingin merawat hewan apa, Anda bisa memelihara ikan hias air tawar. Dengan memiliki akuarium yang diisi dengan ikan hias air tawar yang cantik, pikiran Anda juga menjadi tenang setiap kali melihat ikan-ikan berenang. 

Rekomendasi Ikan Hias Air Tawar

Selain jenis ikan hias air laut, ada banyak sekali jenis-jenis ikan hias air tawar yang bisa dipelihara. Bagi Anda yang bingung harus memilih yang mana, berikut ini 7 jenis ikan yang bisa dipilih. 

1. Ikan Koi 

Anda pasti sudah tidak asing dengan ikan koi. Jenis ikan hias air tawar yang satu ini adalah jenis ikan yang paling populer untuk dipelihara oleh banyak orang. 

Selain memiliki warna yang cantik, ikan koi juga bisa tumbuh hingga berukuran besar. Oleh sebab itu, apabila ingin memelihara ikan koi, Anda disarankan untuk memeliharanya di kolam agar ikan dapat tumbuh hingga besar. 

2. Ikan Cupang

Ikan cupang merupakan salah satu pilihan ikan hias kecil air tawar yang bisa Anda pelihara di akuarium. Ukurannya yang kecil membuat jenis ikan ini diminati banyak orang karena tidak membutuhkan banyak tempat untuk memeliharanya. 

Karena kepopulerannya, ada perlombaan ikan cupang yang dimana penilaiannya dilihat dari kelincahan, keindahan tubuh ikan, hingga kesehatannya. Apabila sirip ikan cupang semakin panjang dan mengembang, maka penilaian akan semakin bagus. 

3. Ikan Guppy

Ikan guppy atau ikan seribu

Ikan guppy atau ikan seribu

Pilihan ikan hias kecil air tawar selanjutnya yaitu ikan gupi atau dikenal juga sebagai ikan seribu dan ikan suwadakar. Bagi Anda yang masih pemula dalam memelihara ikan, ikan guppy adalah pilihan yang tepat karena ikan hias ini mudah untuk dipelihara.

Anda tidak memerlukan banyak peralatan khusus untuk merawatnya. Cukup beri makan yang cukup dan teratur dan pastikan untuk menjaga kebersihan akuarium.

Bentuk tubuhnya yang kecil dan sirip yang lebar menjadikan jenis ikan ini akan indah apabila dipelihara di akuarium. Meskipun ikan guppy terlihat hampir mirip dengan ikan cupang, yang membedakan keduanya adalah ukuran sirip ikan guppy yang tidak selebar ikan cupang dan warnanya tidak terlalu mencolok seperti ikan cupang. 

4. Ikan Mas Koki

Jenis ikan yang berasal dari China ini juga merupakan salah satu ikan yang populer dijadikan sebagai hewan peliharaan. Ikan ini cocok bagi Anda yang baru pertama kali memelihara ikan karena ikan koki tidak mudah mati. 

Selain itu, warnanya yang cerah mulai dari merah, kuning, dan putih membuatnya semakin indah untuk dilihat. Jenis ikan hias air tawar ini juga memiliki harga yang bersahabat dan mudah ditemukan di manapun. 

Baca juga: 13 Rekomendasi Hadiah untuk Hari Ibu yang Bermakna

5. Ikan Louhan

Ikan louhan adalah jenis ikan hias air tawar yang memiliki ciri khas jendolan di bagian kepala. Ciri khas tersebut membuat ikan ini berbeda dari ikan yang lainnya.  

Walaupun orang-orang yang memelihara ikan louhan semakin berkurang, tetapi tetap masih ada orang yang memeliharanya. Apabila Anda ingin memeliharanya, perlu diingat bahwa ikan louhan tidak bisa dicampur dengan ikan lain karena akan bertengkar. 

6. Ikan Manfish

Ikan manfish berbentuk seperti anak panah

Ikan manfish berbentuk seperti anak panah

Ikan hias air tawar berikut ini memiliki fisik yang berbeda dibandingkan dengan ikan hias yang lainnya. Bentuk fisiknya yang mirip dengan anak panah membuat ikan manfish terlihat indah dan cantik di dalam akuarium. 

Perawatan ikan ini cukup mudah. Selain menjaga kebersihan akuariumnya dengan teratur, Anda juga bisa memberinya makanan seperti nyamuk, larva, atau cacing tubifex. Selain itu, perhatikan juga sirip ikan manfish agar tidak patah. 

7. Ikan Black Ghost

Ikan hias air tawar yang terakhir adalah ikan black ghost atau dikenal sebagai ikan hantu. Jenis ikan yang satu ini sangat unik karena warna tubuhnya yang berwarna hitam dengan sedikit warna putih di bagian kepala dan ekornya. Ikan ini juga tidak memiliki sirip punggung. 

Hal unik lainnya yang ada pada ikan ini yaitu siripnya yang halus dan menyatu dengan badan serta bagian perutnya yang memanjang. Saat bergerak, sirip ikan terlihat seperti bendera yang berkibar. 

Itulah jenis-jenis ikan hias air tawar yang bisa dijadikan pilihan sebagai peliharaan. Anda tinggal memilih ikan hias mana yang paling Anda sukai.