Tips & Trick

13 Penyebab dan Cara Mengatasi Kulkas Tidak Beku

Editor 4 hari yang lalu 3 Viewer

Setelah beberapa waktu digunakan, lemari es bisa mempunyai masalah sulit membeku, sehingga berdampak negatif pada penyimpanan bahan makanan di dalam kulkas. Yuk, simak artikel berikut ini untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi kulkas tidak beku!

Penyebab Kulkas Tidak Beku 

Kulkas tidak beku dapat disebabkan oleh beberapa alasan, berikut ini sejumlah penyebabnya. 

1. Kabel Listrik Kulkas Putus

Kabel listrik lemari es yang rusak adalah salah satu penyebab umum lemari es tidak membeku. Penyebab kabel listrik putus mungkin karena kabel listrik sudah terlalu tua atau tergigit binatang. Jika kesalahan ini tidak segera diperbaiki, lemari es tidak akan bisa membekukan cairan.

Solusi apabila kabel listrik kulkas sudah terlalu tua atau terputus adalah menggantinya dengan yang baru agar mesin dapat beroperasi lebih lancar, awet, dan efisien.

2. Sumber Listrik Tidak Stabil

Masalah yang berhubungan dengan sumber listrik merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi pada saat Anda menggunakan lemari es. Masalah ini dapat disebabkan oleh 2 alasan berikut:

Tegangan listrik lemah: inilah bisa menjadi penyebab utama lemari es beroperasi tidak stabil, disebabkan sumber listrik tidak cukup untuk membekukan.

Colokan kabel kendor: bisa jadi karena colokan kabel listrik sudah kendor, menyebabkan kabel listrik tidak terpasang kencanga sehingga menyebabkan lemari es tidak berfungsi.

Solusinya adalah dengan memeriksa apakah tegangannya lemah. Jika perlu, lengkapi pengatur tegangan untuk sumber listrik.

Selanjutnya, periksa colokan dan kabel listrik. Jika colokan atau steker longgar, pasang kembali dengan kencang dan kabel listrik tidak stabil atau putus, ganti dengan yang baru.

3. Colokan Atau Steker Listrik Rusak

Jika colokan atau steker listrik rusak, sambungan listrik ke lemari es dijamin tidak stabil. Hal ini menyebabkan lemari es tidak mendingin dengan baik dan tidak membeku.

Jika steker kulkas kendor, Anda hanya perlu menggantinya dengan yang baru. Terutama jika steker sudah menimbulkan percikan api, sebaiknya ganti dengan yang baru.

4. Kulkas Tidak Menutup Rapat 

Kulkas tidak beku

Kulkas tidak beku

Karet gasket yang rusak atau sobek akan membuat pintu lemari es tidak dapat menutup rapat. Anda dapat memeriksanya dengan menjepitkan selembar kertas di pintu lemari es.

Kemudian gerakkan kertas ke atas dan ke bawah. Jika kertas bergerak dengan mudah, artinya karet gasket sudah tidak rapat.

Penyebab kondisi ini karena adanya kotoran pada bagian pinggir karet, karet sudah mulai getas (rapuh), atau bagian pinggirnya sudah sobek.

Untuk memperbaikinya, sebaiknya ganti dan bersihkan bagian tepinya agar pintu menempel erat pada badan dan tidak membiarkan udara dingin keluar.

5. Kompartemen Freezer Terlalu Banyak Makanan

Jika Anda memasukkan terlalu banyak makanan ke dalam freezer, lemari es tidak akan bisa membeku karena makanan tersebut menghalangi lubang ventilasi lemari es.

Hal ini menyebabkan pemborosan listrik dan menyebabkan suhu freezer menjadi tidak stabil.

Solusinya adalah dengan menata kembali makanan dengan rapi, teratur, dan membersihkannya secara berkala sekitar 2 – 3 bulan sekali. Selanjutnya saat memasukkan makanan, hindari membiarkan makanan menutupi lubang ventilasi.

6. Tombol Pengatur Suhu Tidak benar

Pada lemari es biasa, terdapat 2 tombol pengatur suhu: tombol untuk mengatur suhu pendingin dan tombol untuk mengatur aliran udara di dalam freezer.

Jika diatur rendah untuk menghemat listrik, lemari es tidak akan mendapatkan udara dingin yang cukup, sehingga makanan mudah rusak dan tidak dapat dibekukan.

Jika dalam keadaan normal, sebaiknya atur kedua tombol ini ke posisi tengah. Suhu ideal untuk freezer adalah sekitar -18 derajat Celcius (tingkat menengah) dan 2 - 4 derajat Celcius (tingkat 4) untuk kompartemen pendingin.

7. Kulkas Kehabisan Gas Freon 

Kulkas tidak dingin

Kulkas tidak dingin

Kulkas yang digunakan dalam waktu lama akan menyebabkan kehabisan atau kekurangan gas freon. Selain itu, bisa juga karena tabung tembaga bocor karena digunakan terlalu lama, atau tabung tembaga putus karena tergerak atau terbentur kuat.

Ini adalah kesalahan yang sangat kompleks, jadi Anda harus menghubungi agen reparasi terpercaya untuk memeriksa dan memperbaikinya.

8. Tabung Sirkulasi Antara Unit Pendingin dan Lemari Es Tersumbat

Jika koil pendingin atau ventilasi udara pada ruang freezer tertutup embun beku, maka akan mengakibatkan tersumbatnya saluran udara dingin sehingga menyebabkan ruang freezer pada lemari es tidak dingin.

Dalam kasus ringan, penyumbatan hanya disebabkan oleh pembentukan es di saluran udara dingin atau pembentukan es di ventilasi udara.

Anda hanya perlu mematikan listrik kulkas, biarkan pintu lemari es terbuka selama kurang lebih 4-5 jam agar bunga es mencair, buang sisa air, bersihkan kulkas secara menyeluruh, lalu colokkan listrik agar lemari es dapat beroperasi.

9. Unit Pencairan Es Tidak Berfungsi

Unit pencairan es kulkas memiliki efek mencairkan bunga es pada koil pendingin. Jika bagian ini tidak berfungsi, uap air pada freezer akan mengristal menjadi bunga es sehingga menghambat proses pendinginan.

Memperbaiki situasi ini memerlukan alat dan keahlian khusus, jadi Anda harus menghubungi agen reparasi untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan.

10. Kondensor Tertutup Es

Penyebab umum lainnya yang sering ditemui pengguna adalah kondensor tertutup bunga es sehingga menyebabkan suhu kompartemen freezer tidak mencapai -18 derajat Celcius.

Selain itu, bunga es pada kondensor juga menghambat sirkulasi udara dingin sehingga menyebabkan kompartemen membeku dan menyebabkan penyumbatan saluran udara. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus meminta saran dan perbaikan dari agen reparasi.

11. Blok Kulkas Rusak

Blok lemari es, juga dikenal sebagai kompresor lemari es, adalah bagian utama dari sistem pendingin. Bagian ini berfungsi memberikan udara dingin baik untuk freezer maupun cooler.

Oleh karena itu, jika blok lemari es rusak maka lemari es tidak akan mampu membekukan atau mengawetkan makanan dengan baik.

Pasalnya, ini merupakan bagian penting dari lemari es dan memiliki struktur yang rumit, Anda dapat meminta bantuan agen reparasi.

12. Kipas Kulkas Rusak

Suhu kulkas tidak stabil

Suhu kulkas tidak stabil

Setelah beberapa saat digunakan, kipas kulkas mungkin rusak. Udara dingin dari kondensor tidak akan dialirkan ke freezer dan cooler.

Oleh karena itu, lemari es tidak akan dingin, freezer tidak akan mampu membeku. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda harus meminta agen reparasi untuk memperbaikinya.

Biasanya, saat kipas tidak beroperasi secara normal, Anda akan mendengar suara kipas yang cukup keras saat mengalami masalah.

Jika Anda memiliki pengetahuan tentang perbaikan lemari es, Anda dapat mengganti sendiri kipasnya, jika tidak, Anda harus menghubungi agen reparasi terpercaya.

13. Terlalu Banyak Baki Es di Dalam Freezer

Kompartemen freezer berisi terlalu banyak cetakan es sehingga menyebabkan udara dingin tidak bersirkulasi dengan baik dan merata.

Hal ini menyebabkan es tidak dapat membeku sepenuhnya atau membeku dengan sangat lambat. Ukuran dan bahan wadah es juga menjadi faktor yang menentukan waktu pembekuan lemari es.

Anda sebaiknya mengeluarkan wadah es yang tidak diperlukan agar freezer dapat memberikan ventilasi dan sirkulasi udara dingin dengan lebih baik.

Pada saat yang sama, Anda harus menggunakan nampan es yang terbuat dari bahan dengan konduktivitas suhu yang baik untuk meningkatkan efisiensi pembekuan es.