Lifestyle

7 Manfaat Vertical Garden, Penghilang Stres yang Estetik

Editor 1 minggu yang lalu 1 Viewer

Vertical garden, atau taman vertikal, semakin populer di kalangan pecinta taman dan desainer interior. Konsep ini tidak hanya menarik secara visual tetapi juga menawarkan berbagai manfaat yang signifikan. 

Keberadaan taman vertikal di rumah atau bangunan lain bisa menyegarkan mata dan menciptakan suasana yang lebih hijau. Selain itu, ternyata taman vertikal bisa memberikan sentuhan artistik yang unik pada ruang manapun. Simak manfaat vertical garden berikut ini.

Apa itu Vertical Garden?

Vertical garden diisi dengan berbagai jenis tanaman hias yang disusun

Vertical garden diisi dengan berbagai jenis tanaman hias yang disusun

Pengertian vertical garden atau taman vertikal adalah konsep menanam tanaman secara vertikal di dinding atau permukaan vertikal lainnya. Konsep ini muncul sebagai solusi untuk ruang terbatas di perkotaan, memungkinkan penghijauan di area yang minim lahan.

Untuk ruang yang terbatas, vertical garden bisa menjadi solusi terbaik untuk menciptakan konsep rumah bernuansa alami. Taman vertical garden akan diisi dengan berbagai jenis tanaman hias yang disusun dalam formasi vertikal, sehingga tanaman akan merambat di dinding.

Jenis taman ini hanya memanfaatkan ruang vertikal di rumah, seperti dinding, pagar, dan teralis. Selain meningkatkan nilai estetika rumah, vertical garden juga bisa menjadi habitat bagi hewan kecil seperti burung dan kupu-kupu.

Jangan khawatir, vertical garden tetap bisa membuat suasana rumah lebih sejuk dan nyaman. Terlebih lagi, tanaman hijau bisa menurunkan tingkat stres dan memperbaiki suasana hati.

BACA JUGA: Rekomendasi 12 Jenis Ikan Hias Air Laut, Cocok untuk Pemula

Berbagai Manfaat Vertical Garden

Vertical garden menawarkan berbagai manfaat

Vertical garden menawarkan berbagai manfaat

Vertical garden menawarkan berbagai manfaat, mulai dari estetika, kesehatan, hingga keberlanjutan lingkungan. Dengan segala keuntungan ini, tidak mengherankan jika vertical garden semakin populer di berbagai kalangan.

1. Menghemat Ruangan

Taman vertikal merupakan solusi ideal bagi mereka yang memiliki keterbatasan ruang tetapi gemar merawat tanaman. Taman vertikal memungkinkan pemiliknya untuk memanfaatkan ruang secara optimal sambil menikmati semua manfaat dari sebuah taman.

Dengan taman vertikal, tanaman ditempatkan di dinding sehingga tidak memerlukan banyak ruang. Hal yang perlu diperhatikan adalah memastikan tanaman tersebut mendapatkan sinar matahari yang cukup.

2. Menghemat Listrik

Salah satu keuntungan memiliki taman vertikal yang seringkali tidak disadari adalah kemampuannya dalam mengurangi biaya energi. 

Taman vertikal, baik di dalam maupun di luar ruangan, membantu mendinginkan udara selama musim panas melalui proses yang disebut evapotranspirasi.

Taman vertikal di luar ruangan dapat mengurangi suhu permukaan dinding, sehingga menghasilkan penghematan energi yang signifikan dan mengurangi biaya penggunaan pendingin udara.

3. Meredam Kebisingan

Menariknya, taman vertikal juga dapat membantu mengurangi tingkat kebisingan. Tanah dan tanaman memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menyerap, memantulkan, dan membelokkan gelombang suara. 

Taman vertikal dapat meredam suara yang masuk ke dalam bangunan, khususnya pada frekuensi rendah. Taman vertikal mampu menyerap suara sekitar empat puluh persen lebih efektif dibandingkan dengan fasad biasa, sehingga mengurangi kebisingan hingga delapan desibel.

4. Menjaga Privasi

Salah satu manfaat menanam taman vertikal di luar ruangan adalah kemampuannya untuk menyembunyikan rumah dari pandangan orang luar. 

Taman vertikal yang terletak di luar jendela juga dapat melindungi kamar dari pengintaian. Selain itu, taman vertikal memberikan keteduhan dari sinar matahari dan menjaga privasi dari keramaian serta tetangga yang kurang menyenangkan.

5. Menyerap Polusi

Secara umum, tanaman memang memiliki manfaat dalam mengurangi polusi dan memperbaiki kualitas udara. Menempatkan taman vertikal di area depan rumah dapat menyerap polusi dari luar, seperti asap kendaraan.

Sementara itu, vertical garden yang ada di dalam ruangan mampu menyaring polutan atau zat berbahaya dari perabot rumah tangga. Dengan cara ini, udara di dalam rumah menjadi lebih bersih dan ruangan terasa lebih segar.

6. Mempercantik Rumah

Vertical garden dikenal karena bentuknya yang tegak lurus. Model yang unik ini tentu memiliki daya tarik tersendiri. Dengan beragam tanaman yang bisa dipilih, taman vertikal dapat diatur sedemikian rupa sehingga menciptakan pola dan warna yang menarik. 

Menambahkan taman vertikal di area indoor atau outdoor juga dapat berfungsi sebagai dekorasi untuk memperindah rumah. Terlebih lagi, jika tanaman dalam vertical garden ditata dengan kombinasi warna yang menarik, hasilnya akan semakin menawan.

7. Mengurangi Stres

Manusia memang tidak dapat terpisah dari alam. Kontak langsung dengan alam dapat mendukung kesehatan mental seseorang. Keberadaan taman vertikal dapat memberikan sentuhan alam yang dibutuhkan. 

Tanaman memiliki efek menenangkan dan dapat mengurangi stres. Mengutip Journal of Physiological Anthropology, penelitian menunjukkan bahwa melihat tanaman selama tiga hingga lima menit saja sudah cukup untuk meningkatkan aktivitas jantung, tekanan darah, aktivitas otak, dan mengurangi ketegangan otot. 

Itulah sebabnya beberapa rumah sakit memasang taman vertikal untuk membantu menenangkan pasien dan mengurangi stres.

BACA JUGA: 7 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Anda Pelihara

Cara Membuat Vertical Garden

Jadi, jika semakin berminat untuk membuat vertical garden di rumah, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Pilih dinding yang akan dijadikan tempat untuk menanam tanaman. Jika dinding tersebut kotor, bersihkan terlebih dahulu.
  2. Setelah menentukan lokasi dinding, buat bingkai sebagai lapisan pertama. Anda bisa menggunakan pipa PVC, siku, dan sambungan pipa empat arah untuk kemudahan.
  3. Setelah bingkai selesai, pasang terpal plastik sebagai lapisan kedua.
  4. Tempelkan lapisan kain pada bingkai sebagai lapisan terakhir. Gunakan dua lapis kain untuk memastikan air tertahan dengan baik.
  5. Selanjutnya, buat sistem irigasi agar seluruh permukaan kain tetap lembap. Gunakan katup standar dan dripper irigasi dengan pengaturan waktu untuk menyesuaikan dengan cuaca.
  6. Tambahkan injektor pupuk dan sambungkan sistem irigasi ke sumber air di rumah.
  7. Terakhir, pilih tanaman yang Anda sukai. Susun tanaman dengan jarak yang cukup agar tampilan tetap estetik dan tidak terkesan penuh.

Itulah berbagai manfaat vertical garden yang bisa Anda rasakan, mulai dari mempercantik rumah hingga menenangkan jiwa. Jadi, mengapa tidak mencoba membuat vertical garden di rumah atau kantor Anda dan menikmati semua manfaatnya?