Gadget and Tools

Perbedaan iPhone Inter dan iBox, Wajib Kenal Sebelum Menyesal!

Editor 6 hari yang lalu 2 Viewer

Bagi para penggemar produk Apple, istilah iPhone iBox dan eks-inter mungkin sudah tidak asing lagi. Meski keduanya adalah produk Apple, ada beberapa perbedaan antara iPhone inter dan iBox. Jadi, apa sebenarnya iPhone inter dan apa bedanya dengan iBox?

iPhone adalah jenis ponsel pintar yang sangat populer di Indonesia. Fitur dan kualitasnya yang unggul membuat iPhone selalu diminati, termasuk model iPhone lama atau bekas. Simak ulasan berikut agar Anda mengetahui cara membedakan iPhone inter dan iBox.

Apa itu iPhone Inter dan iBox?

Ada beberapa perbedaan antara iPhone inter dan iBox

Ada beberapa perbedaan antara iPhone inter dan iBox

Saat berencana membeli iPhone bekas, Anda mungkin akan menemui istilah iPhone eks inter dan iPhone iBox. Dari segi kualitas, kedua jenis iPhone ini tidak terlalu berbeda karena keduanya adalah produk Apple. 

Fitur yang dimiliki juga serupa, bahkan mungkin tidak ada perbedaan dalam hal kamera antara iPhone iBox dan inter. Meskipun begitu, calon pembeli tetap perlu mengetahui perbedaan antara keduanya.

Tidak hanya pada iPhone, produk Apple lainnya juga sering diberi label eks inter. Misalnya, saat ingin membeli iPad, Anda akan menemukan perbandingan antara iPad inter dan iBox. Jadi, apa sebenarnya yang membedakan produk iBox dengan eks inter?

iBox adalah distributor resmi yang menjual produk-produk Apple, termasuk iPhone. Jadi, istilah iPhone iBox merujuk pada iPhone yang dipasarkan secara resmi di Indonesia oleh iBox.

Di sisi lain, iPhone eks inter adalah singkatan dari iPhone eks internasional. iPhone inter adalah iPhone bekas dari luar negeri yang dijual di Indonesia.

Tentunya, iPhone eks inter tidak didistribusikan oleh iBox melainkan oleh distributor lainnya. Apakah iPhone inter aman digunakan? Jawabannya adalah tidak sepenuhnya aman.

Mengingat iPhone eks inter tidak melalui distributor resmi, ada beberapa kekurangan pada jenis gawai ini. Bahkan, jika IMEI-nya tidak terdaftar, maka iPhone tersebut bisa dianggap sebagai barang ilegal.

BACA JUGA: iPhone Nomor Model LL/A: Asal dan Artinya

Perbedaan iPhone Inter dan iBox

Produk Apple selalu disesuaikan dengan negara tempat pemasarannya

Produk Apple selalu disesuaikan dengan negara tempat pemasarannya

Sebelum memutuskan untuk membeli iPhone bekas, penting untuk mengetahui perbedaan antara iPhone iBox dan iPhone inter. Berikut adalah perbedaannya.

1. Garansi

Perbedaan iPhone iBox dan inter yang pertama adalah garansi yang ditawarkan. Dari segi jaminan produk, iPhone eks inter tidak menyediakan bentuk garansi apapun yang dapat melindungi gadget eksklusif tersebut. 

Sehingga, jika terjadi kerusakan di masa mendatang, pengguna bisa menghadapi biaya perbaikan yang cukup tinggi dan merepotkan.

BACA JUGA: Daftar Lengkap Ukuran Layar iPhone 14

Hal ini dapat dihindari jika iPhone Anda dibeli dari toko dengan garansi resmi seperti iBox. Sebagai distributor resmi Apple di Indonesia, konsumen akan mendapatkan garansi resmi dari Apple, sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika terjadi masalah pada perangkat mereka.

2. Status IMEI

International Mobile Equipment Identity (IMEI) berfungsi untuk mengidentifikasi secara unik perangkat yang terhubung ke jaringan seluler. Sayangnya, banyak iPhone eks inter memiliki IMEI yang tidak terdaftar. Hal ini dapat menyebabkan masalah seperti pembatasan akses kartu SIM, pembatasan jaringan seluler di Indonesia, bahkan kemungkinan pemblokiran.

Sebaliknya, IMEI pada perangkat iBox dipastikan terdaftar di laman Kemenperin. iPhone dengan IMEI yang terdaftar tidak akan mengalami masalah penggunaan kartu SIM di Indonesia, sehingga pengguna tidak perlu khawatir kehilangan sinyal dalam aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA: Perbandingan Ukuran iPhone 11, Pro, dan Pro Max

3. Distribusi Produk

Produk eks inter umumnya merupakan gadget bekas dari luar negeri. Gadget tersebut kemudian dibawa ke Indonesia untuk dijual dengan label iPhone eks inter. Sayangnya, membeli iPhone eks inter tidak hanya sekadar soal harga yang lebih murah. Ada risiko terkait terbatasnya informasi tentang penggunaan oleh pemilik sebelumnya.

Berbeda dengan iPhone eks inter, iBox adalah distributor resmi dari perusahaan teknologi besar asal Amerika yang membawa produk-produk unggulan Apple ke pasar Indonesia. Oleh karena itu, iPhone dari iBox dipastikan baru dan telah melewati kontrol kualitas yang ketat, sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

4. Aksesori dan Kelengkapan

Produk Apple selalu disesuaikan dengan negara tempat pemasarannya. Oleh karena itu, tipe atau jenis charger bisa berbeda-beda di setiap negara.

Charger iPhone iBox yang dijual di Indonesia biasanya memiliki dua kaki. Sementara itu, charger iPhone inter yang berasal dari luar negeri mungkin memiliki tiga kaki.

Contoh lainnya adalah buku panduan. Pada iPhone iBox, buku panduan ditulis dalam bahasa Indonesia, sedangkan iPhone 12 atau model lainnya versi inter mungkin menggunakan bahasa asing sesuai dengan negara asalnya.

BACA JUGA: Pilihan Warna Seri iPhone 15: Mewah dan Misterius

5. Harga

iPhone iBox umumnya dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan iPhone eks inter. Inilah mengapa banyak orang tergoda untuk membeli iPhone eks inter.

Mengapa iPhone inter lebih murah? Hal ini karena iPhone eks inter tidak dikenai pajak dan tidak menyediakan garansi bagi penggunanya. Inilah yang membuat harga iPhone inter lebih terjangkau dibandingkan dengan produk resmi.

BACA JUGA: Perbandingan Ukuran Layar iPhone 13

iPhone iBox Lebih Aman

Setelah mengetahui berbagai perbedaan di atas, tentu Anda sudah bisa menyimpulkan sendiri. Dari segi keamanan dan legalitas, iPhone iBox dipastikan lebih aman dibanding iPhone eks inter.

Meski iPhone inter menawarkan harga miring yang menggoda, ada berbagai risiko yang mengintai penggunanya. Nah, semoga Anda bisa lebih bijak dalam membeli suatu produk dengan ulasan di atas.