Elektronik Rumah Tangga

Intip Perbedaan antara Mesin Cuci 1 dan 2 Tabung

Editor 4 hari yang lalu 2 Viewer

Bagi Anda yang tengah mencari mesin cuci dan bingung harus memilih, artikel ini akan membahas mengenai perbedaan mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung beserta harga, cara kerja, fitur, dan lainnya. Simak ulasannya di bawah ini. 

Jenis Mesin Cuci dari Jumlah Tabungnya

Perbedaan fungsi dan kemampuan mesin cuci 1 dengan 2 tabung

Perbedaan fungsi dan kemampuan mesin cuci 1 dengan 2 tabung

Ada banyak pilihan mesin cuci yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Ada dua jenis mesin cuci yang bisa menjadi pilihan, yaitu mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung. 

Dari tampilannya sendiri, kedua jenis mesin cuci ini memiliki tampilan yang berbeda. Selain penampilannya, tentu ada banyak perbedaan lain di antara keduanya. Berikut ini penjelasannya.

1. Mesin Cuci 1 Tabung 

Mesin cuci 1 tabung adalah jenis mesin cuci yang lebih umum, di mana proses mencuci dan mengeringkan pakaian dilakukan dalam satu tabung yang sama. 

Jenis mesin cuci 1 tabung ini juga terdiri dari front loading (bukaan depan) dan top loading (bukaan atas).

2. Mesin Cuci 2 Tabung 

Sementara itu, mesin cuci 2 tabung memiliki tabung yang terpisah untuk mencuci dan mengeringkan. 

Tipe mesin cuci ini memungkinkan Anda untuk mencuci dan mengeringkan pakaian secara terpisah tanpa perlu memindahkannya dari satu tabung ke tabung lainnya.

Apa Perbedaan Mesin Cuci 1 Tabung dan 2 Tabung?

Beda kapasitas pemakaian mesin cuci 1 dan 2 tabung

Beda kapasitas pemakaian mesin cuci 1 dan 2 tabung

Setelah mengetahui apa itu mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung, hal penting selanjutnya yaitu mengetahui perbedaan detail di antara keduanya. 

1. Pemakaian Air

Pemakaian air pada mesin cuci dapat bervariasi berdasarkan spesifikasi dan jenis mesin cuci yang digunakan. Berikut ini jenis mesin cuci dan banyak pemakaian airnya.

Tipe

Konsumsi Air

Mesin cuci front-loading (bukaan depan)

60 liter

Mesin cuci top-loading (bukaan atas)

140 liter

Mesin cuci 2 tabung

120 liter

Mesin cuci top-loading dan mesin cuci 2 tabung memang memiliki desain tabung vertikal yang memungkinkan air diisi hingga tingkat yang tinggi sebelum siklus pencucian dimulai. Hal ini memungkinkan mesin untuk menggunakan lebih banyak air. 

Sementara itu, mesin cuci 2 tabung memerlukan pengisian air manual untuk setiap beban cucian. Ini dengan menghubungkan selang air ke mesin atau mengambil air dari keran dengan ember. 

Hal itu memungkinkan Anda untuk mengontrol jumlah air yang digunakan setiap kali mencuci keuntungan di rumah dengan keterbatasan air atau di daerah yang sering mengalami kekeringan.

Di sisi lain, mesin cuci front-loading memiliki desain drum horizontal yang menyebabkan ketinggian air di dalam drum harus tetap berada di bawah titik setengah dari tabung. 

Mesin cuci jenis ini dikenal lebih hemat air karena menggunakan air yang lebih sedikit dibandingkan dengan mesin cuci top-loading atau 2 tabung.

2. Pemakaian Listrik 

Mungkin pertanyaan yang sering muncul saat ingin membeli mesin cuci yaitu lebih hemat pemakaian listrik mesin cuci 1 tabung atau 2 tabung? 

Jawabannya pemakaian listrik dipengaruhi dengan banyaknya fitur yang ada pada mesin cuci. Ini juga tergantung apakah mesin cuci itu menggunakan teknologi inverter atau tidak. 

Sebagai contoh, mesin cuci 1 tabung, apabila dilengkapi dengan fitur pra-rendam atau pembersihan tabung, dapat meningkatkan konsumsi energi karena memerlukan proses tambahan untuk memanaskan air. 

Jenis mesin cuci 1 tabung front loading yang dilengkapi dengan pemanas built-in untuk mencuci dengan air hangat akan mengonsumsi lebih banyak energi dibandingkan dengan menggunakan air dingin saja. 

3. Harga

Salah satu perbedaan signifikan dari mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung yaitu harganya. 

Mesin cuci 2 tabung cenderung lebih ekonomis karena bahan pembuatannya yang sebagian besar terbuat dari plastik dan memiliki fitur yang lebih sederhana.

Selain itu, mesin cuci 2 tabung juga memiliki fitur yang lebih sedikit dibandingkan mesin cuci 1 tabung sehingga hal tersebut juga dapat mempengaruhi harga. 

4. Perawatan 

Perbedaan selanjutnya di antara mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung yaitu cara perawatan mesin cuci. Perbedaan dalam ketahanan dan umur mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berbeda.

Mesin cuci 1 tabung sering kali terbuat dari bahan logam yang kuat dan memiliki lebih banyak suku cadang daripada mesin cuci 2 tabung. Hal ini dapat membuatnya lebih tahan lama jika dirawat dengan baik. 

Apabila ingin mencuci mesin cuci sendiri, Anda disarankan untuk menyeka air dari badan mesin setelah penggunaan untuk mencegah karat dan melakukan pembersihan bak secara teratur untuk menghindari pembentukan jamur dan memperpanjang umur mesin.

Di sisi lain, mesin cuci 2 tabung umumnya terbuat dari plastik dan memiliki desain yang lebih sederhana karena hanya memiliki satu tabung untuk pencucian dan pengeringan. 

Meskipun lebih mudah untuk merawatnya karena tidak memiliki tabung dalam dan luar seperti mesin cuci 1 tabung, plastik cenderung kurang tahan terhadap kerusakan mekanis jangka panjang dibandingkan dengan logam.

5. Cara kerja 

Mesin cuci 1 tabung dirancang dengan teknologi yang membuatnya dapat menyelesaikan seluruh proses pencucian dan pengeringan secara otomatis dalam satu tabung yang sama. 

Setelah proses pencucian selesai, mesin akan secara otomatis beralih ke mode pengeringan. Cucian Anda juga akan kering hingga 90%.

Hal ini membuat pemakaian mesin cuci 1 tabung menjadi nyaman karena Anda tidak perlu memindahkan cucian dari satu tabung ke tabung lainnya.

Sedangkan, mesin cuci 2 tabung memiliki tabung cuci dan tabung pengering yang terpisah. Setelah selesai mencuci, Anda perlu memindahkan cucian ke tabung pengering untuk proses pengeringan.

Meskipun ini memberikan fleksibilitas untuk mengatur cucian dalam jumlah yang lebih besar, proses pemindahan ini dilakukan secara manual oleh Anda. Untuk hasil pengeringan sendiri, mesin cuci 2 tabung hanya mencapai 70%. 

Selain itu, Anda juga perlu berhati-hati untuk mencabut steker mesin cuci sebelum memindahkan cucian basah untuk menghindari risiko sengatan listrik.

Lebih Cocok Mesin Cuci 1 Tabung Atau 2 Tabung?

Memilih mesin cuci akan disesuaikan dengan kebutuhan Anda sehari-hari sehingga perlu melihat berbagai perbedaan di antara keduanya. 

Apabila Anda ingin hemat waktu dan tidak ingin ada pekerjaan ekstra saat mencuci, maka mesin cuci 1 tabung bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Pasalnya, proses penyucian dan pengeringannya dilakukan secara otomatis dan tidak perlu memindah-mindahkan pakaian. 

Itulah perbedaan antara mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung. Jadi, apakah Anda sudah tahu mau pilih yang mana?