Gadget and Tools

Spesifikasi realme 9 Pro Plus | HP Rasa Flagship di Kelas Menengah

Editor 6 hari yang lalu 2 Viewer

realme 9 Pro Plus adalah pilihan menarik di kelas mid-range. realme bahkan menyebut realme 9 Pro+ sebagai HP flagship di kelas menengah. realme memang dikenal ahli dalam merancang ponsel kelas menengah atas.

Di segmen ini, realme mampu membuat konsumen merasa puas dengan nilai yang mereka dapatkan. Berikut adalah beberapa spesifikasi realme 9 Pro Plus yang menarik untuk diulik.

Desain Berani Sasar Anak Muda

Desain realme 9 Pro Plus

Desain realme 9 Pro Plus

Sejak awal berdiri, realme menegaskan diri sebagai merek penyedia perangkat bagi generasi muda. Ponsel-ponsel buatan realme memiliki karakter desain yang berani, termasuk realme 9 Pro+.

1. Glossy Maksimal

Alih-alih mengikuti tren produsen lain yang cenderung memilih warna matte, realme dengan percaya diri tetap menggunakan karakter glossy pada penutup belakang ponsel ini. Penutup belakang yang dipoles glossy memang mencolok, membuat orang-orang di sekitar melirik.

Alasannya adalah varian ini memiliki kemampuan untuk mengubah warna. realme menyebut fitur ini sebagai Light Shift Design. Singkatnya, perubahan warna dari biru ke kemerahan terjadi saat penutup belakang terkena sinar ultraviolet atau sinar matahari.

Perubahan warna terjadi hanya dalam tiga detik setelah penutup belakang terpapar sinar matahari. Penutup belakang perlahan akan kembali ke warna aslinya sekitar 2-5 menit setelah tidak lagi terkena sinar matahari.

BACA JUGA: Yuk, Ketahui Spesifikasi Unggul yang Ditawarkan Redmi Note 8

2. Layar Full HD AMOLED

realme menggunakan layar 6,4 inci dengan panel Super AMOLED, sama seperti realme 8 Pro. Layar ponsel ini juga memiliki resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel).

Ponsel ini kini dilengkapi dengan refresh rate tinggi 90 Hz. Refresh rate atau laju penyegaran yang tinggi ini membuat pengalaman scrolling menjadi lebih mulus. Anda juga bisa menikmati konten dan bermain game dengan frame rate tinggi.

Performa Andal

Performa realme 9 Pro Plus

Performa realme 9 Pro Plus

realme akhirnya beralih ke SoC (System on Chip) baru setelah tiga generasi menggunakan SoC yang sama. realme 9 Pro+ kini menggunakan MediaTek Dimensity 920, menggantikan Snapdragon 720G yang sebelumnya digunakan pada realme 6 Pro, Realme 7 Pro, dan realme 8 Pro.

1. SoC Kelas Menengah Atas

Dimensity 920 adalah SoC kelas menengah atas dengan konstruksi modern yang memiliki delapan inti CPU. Dua inti performanya adalah Cortex A78 (2,5 GHz), sementara enam inti efisiensinya adalah Cortex A55 (2,0 GHz).

Chipset realme 9 Pro Plus juga dilengkapi dengan GPU Mali-G68 MC4 (950 MHz), modem internal 5G, dan berbagai komponen lainnya. Pada realme 9 Pro+, Dimensity 920 didukung oleh RAM 8GB (LPDDR4x) serta penyimpanan internal 128GB atau 256GB (UFS 2.2).

spesifikasi realme 9 pro plus umumnya mampu menjalankan berbagai game dengan setelan grafis tinggi. Ponsel 5G ini juga memberikan kenyamanan bagi pengguna, karena tidak cepat panas meskipun digunakan bermain game dalam waktu lama.

2. Kamera dengan Sensor Sony IMX766

realme 9 Pro+ memiliki tiga kamera belakang, yaitu kamera utama 50 MP, f/1.8; kamera ultra-wide 8 MP, f/2.2; dan kamera makro 2 MP, f/2.4. Sensor kedalaman dihilangkan karena dianggap kurang penting.

Yang paling menarik dari ketiga kamera tersebut tentu saja adalah kamera utamanya. Kamera ini menggunakan sensor Sony IMX766 berukuran 1/1,56 inci, yang sama dengan yang digunakan oleh OPPO Find X3 Pro, vivo X70 Pro, dan Xiaomi 12.

Karena itu, realme berani mengklaim bahwa kualitas kamera utama realme 9 Pro+ setara dengan level flagship. Selain itu, kamera utama ini juga dilengkapi dengan penstabil gambar berbasis optik (OIS).

Semua kamera pada HP realme ini dapat digunakan untuk merekam video, kecuali kamera makro. Resolusi maksimum 4K pada 30 fps hanya dapat dicapai oleh kamera utama, sementara kamera lainnya hanya mendukung resolusi Full HD (1080p) pada 30 fps.

Aplikasi kamera pada ponsel ini dilengkapi dengan berbagai fitur, termasuk AI Scene Enhancement, Auto HDR, mode potret, mode malam, dan mode expert (pro). Selain itu, hanya kamera utama yang dapat mengambil foto dalam format RAW.

3. Baterai dengan Pengisian Cepat 60W

realme 9 Pro+ dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4500 mAh. Kapasitas ini mungkin tergolong standar saat ini. Namun, realme 9 Pro+ mampu mendukung aktivitas sehari penuh. 

Menariknya, realme 9 Pro+ didukung oleh teknologi pengisian cepat 60W. Charger SuperDart 65W juga disertakan dalam paket penjualan. Dengan charger bawaan tersebut, pengisian dari 0-80% hanya memerlukan waktu 30 menit, dan dari 0-100% memakan waktu 50 menit.

4. Speaker Dinamis dan Lebih Lantang

Dengan adanya speaker stereo, pengguna dapat merasakan suara yang dinamis dan lebih lantang. Hal ini tentu akan meningkatkan pengalaman multimedia, terutama saat memutar musik atau video.

Selain itu, dengan menggunakan headset kabel melalui audio jack 3,5 mm, Anda dapat menikmati audio dengan resolusi tinggi 24-bit/192kHz.

BACA JUGA: Spesifikasi vivo Y20 | Fitur Lengkap, Desain Modern

Fitur Ekstra Lain

Fitur realme 9 Pro Plus

Fitur realme 9 Pro Plus

realme menambahkan banyak fitur baru untuk meningkatkan pengalaman penggunaan pada ponsel ini. Selain pendeteksi detak jantung, realme 9 Pro+ dilengkapi dengan sistem operasi dan antarmuka Android 12 dengan antarmuka realme UI 3.0.

Salah satu fitur menarik dari realme UI 3.0 adalah Edge Lighting, yang membuat tepian layar menyala sebagai tanda adanya notifikasi baru. Fitur ini lebih hemat daya dibandingkan Always-on Display.

Fitur menarik lainnya yang merupakan bawaan dari Android 12 adalah pengaturan akses privasi untuk mikrofon dan kamera. Dengan memutus akses mikrofon dan kamera, aplikasi media sosial tidak dapat menyadap percakapan pengguna untuk kepentingan iklan.

Harga Terbaru realme 9 Pro Plus

Untuk harga, ponsel ini dibanderol mulai dari Rp4.999.000 untuk varian terendah hingga Rp6.999.000 untuk varian tertinggi. Itulah spesifikasi realme 9 Pro Plus yang menjadi ponsel kelas menengah rasa flagship.

Meski sudah meluncur sejak dua tahun lalu, HP realme 9 Pro Plus masih tetap layak untuk dimiliki, terutama oleh Anda yang menginginkan performa cepat. Pastinya, varian ini tak kalah mumpuni dari realme 9 Pro Plus 5G.