Lifestyle

6 Rekomendasi Tanaman Hias Indoor, Mudah Dirawat dalam Ruangan

Editor 1 minggu yang lalu 9 Viewer

Anda sedang mencari tanaman hias indoor untuk mempercantik ruangan? Ada beberapa pilihan tanaman yang tidak hanya populer, tetapi juga mudah dalam perawatannya. Selain itu, Anda juga bisa menikmati manfaat yang dihadirkan oleh tanaman tersebut. Berikut ini daftar rekomendasinya. 

Daftar Rekomendasi Tanaman Hias Indoor 

Tanaman hias indoor sekarang banyak dipilih untuk mempercantik berbagai ruangan di rumah, seperti ruang keluarga, ruang tamu, bahkan kamar mandi, karena tanaman dapat memberikan penampilan yang menyegarkan. 

Selain memperindah tampilan ruangan, tanaman juga memiliki peran dalam meningkatkan kualitas udara di dalam rumah dengan cara membantu sirkulasi udara jadi lebih segar.

1. Lidah Mertua 

Tanaman hias Lidah Mertua untuk dalam ruangan

Tanaman hias Lidah Mertua untuk dalam ruangan

Bagi para pecinta tanaman, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama tanaman ini. 

Tanaman hias Sansevieria atau yang sering disebut dengan lidah mertua, telah menjadi populer di sepanjang tahun 2020 dan tampaknya tren ini masih terus berlanjut. 

Tanaman lidah mertua banyak disukai karena perawatannya yang mudah sehingga menjadikannya pilihan ideal bagi para pemula dalam merawat tanaman hias. 

Selain itu, salah satu alasan mengapa tanaman yang satu ini sangat populer yaitu karena kemampuannya untuk menyaring udara dari kotoran, sehingga dapat membantu menciptakan suasana ruangan yang lebih segar dan bersih. 

Tanaman ini juga dikenal dengan ciri khas daunnya yang berbentuk runcing, bertekstur keras, dan ditemani warna kuning di tepian daunnya yang berwarna hijau. 

Daya tarik visual dari daun lidah mertua menjadikannya sebagai pilihan yang menarik untuk menghias ruangan.

2.  Ara Biola 

Tanaman hias indoor Ara Biola

Tanaman hias indoor Ara Biola

Fiddle Leaf Fig atau yang sering disebut pohon Ara Biola adalah tanaman hias indoor selanjutnya yang populer karena kemudahan perawatannya. 

Daun dari tanaman Ara Biola ini sendiri memiliki bentuk yang mirip dengan kecapi atau menyerupai biola, sehingga tanaman ini sering disebut sebagai pohon daun biola.

Tanaman hias ini sangat cocok ditempatkan di area yang menerima cahaya terang, tetapi tidak secara langsung, seperti di dekat jendela. 

Di dalam ruangan, tanaman hias ini dapat tumbuh mencapai ketinggian 30 sentimeter sehingga menjadikannya pilihan yang ideal jika Anda ingin menambahkan sentuhan hijau dan segar pada interior rumah. 

BACA JUGA: 7 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Anda Pelihara 

3. Peace Lily

Rekomendasi tanaman hias Peace Lily dalam ruangan

Rekomendasi tanaman hias Peace Lily dalam ruangan

Bunga Peace Lily merupakan salah satu pilihan tanaman hias terbaik yang bisa Anda rawat di dalam ruangan karena visual nya yang cantik serta kemampuannya dalam membersihkan udara. 

Tanaman Peace Lily sangat cocok untuk diletakkan di kamar yang tidak memiliki jendela, karena tanaman ini tidak memerlukan sinar matahari langsung untuk tumbuh dengan baik.

Sebaliknya, Peace Lily bisa berkembang subur dengan pencahayaan dari lampu neon sehingga menjadikannya tanaman yang ideal untuk ruangan yang kurang mendapatkan cahaya matahari alami. 

4. Sirih Gading Baltic Blue

Tanaman hias Gading Baltic Blue untuk indoor

Tanaman hias Gading Baltic Blue untuk indoor

Tanaman hias ini merupakan salah satu tanaman hias yang paling mudah untuk dirawat dan tumbuh.

Tampilan Sirih Gading Baltic Blue dapat memberikan sentuhan segar pada ruangan Anda karena daun-daunnya yang memanjang dan memiliki warna hijau kebiruan yang khas. 

Sirih Gading Baltic Blue sangat cocok untuk ditempatkan di ruangan dengan cahaya terang yang tidak langsung dan memiliki kebutuhan air sedang. 

Tanaman hias satu ini cocok sebagai tambahan menarik di ruangan-ruangan rumah Anda seperti ruang kerja, ruang tamu, atau area lainnya yang bisa membiarkan tanaman ini tumbuh secara vertikal.

Dengan perawatan yang tepat, sirih gading baltic blue dapat menjadi dekorasi yang cantik dan membawa manfaat pada ruangan Anda. 

5. Aglaonema 

Pilihan tanaman hias Aglaonema untuk dalam ruangan

Pilihan tanaman hias Aglaonema untuk dalam ruangan

Aglaonema atau yang juga dikenal dengan nama Chinese Evergreen adalah tanaman hias indoor selanjutnya yang bisa Anda miliki. 

Tanaman ini sangat kuat dan menawarkan berbagai variasi dengan kombinasi warna daun yang menarik. 

Selain itu, tanaman ini juga memiliki kemampuan adaptasi yang dapat tumbuh dengan baik dalam kondisi cahaya ruangan rendah hingga sedang. 

Walau diletakkan di tempat yang teduh, tanaman Aglaonema tetap mampu menampilkan keindahan daunnya. Ini bisa menjadi pilihan yang ideal jika Anda ingin menambahkan sentuhan hijau pada ruangan yang kurang mendapatkan cahaya alami. 

BACA JUGA: Rekomendasi 12 Jenis Ikan Air Laut, Cocok untuk Pemula

6. Monstera

Tanaman hias populer Monstera

Tanaman hias populer Monstera

Siapa yang tidak kenal Monstera? Tanaman hias indoor yang satu ini adalah salah satu tanaman hias yang paling populer di kalangan penyuka tanaman hias. 

Meskipun termasuk dalam kategori tanaman tropis, Monstera ternyata cukup kuat dan mudah untuk dirawat di lingkungan indoor

Tanaman ini cocok untuk disimpan di dalam ruangan karena tidak terlalu bergantung pada cahaya matahari langsung dan dapat bertahan dengan baik di ruangan dengan pendingin udara.

Salah satu ciri khas utama dari tanaman hias ini yaitu daunnya yang lebar dan berlubang-lubang, sehingga membuatnya sering kali sulit dibedakan dari tanaman hias jenis palem.

Dengan menambahkan tanaman Monstera, ruangan di rumah Anda akan terlihat indah dan eksotis karena ada kesan suasana tropis yang dibawa oleh tanaman ini. 

Itu dia rekomendasi enam tanaman hias indoor yang bisa dimiliki agar interior ruangan rumah Anda jadi lebih menarik dan terlihat segar.