Lifestyle

5 Tata Cara Menggunakan Masker Wajah dengan Benar

Editor 1 minggu yang lalu 4 Viewer

Menggunakan masker sudah menjadi kebiasaan sehari-hari bagi banyak orang. Namun, banyak orang yang masih bingung urutan dan langkah cara menggunakan masker wajah yang benar. Berikut tata cara menggunakan masker dengan benar.

Langkah Menggunakan Masker dengan Benar

Sebelum Anda mulai menggunakan masker, Anda perlu tahu jenis atau tipe masker wajah yang Anda gunakan. 

1. Pilih masker yang sesuai untuk jenis kulit

Pastikan bahwa pilihan masker yang Anda gunakan cocok dengan kondisi dan kebutuhan kulit wajah.

- Kulit normal memiliki kondisi yang seimbang, tidak terlalu kering atau berminyak. Anda dapat menggunakan masker yang berfungsi untuk melembapkan dan mencerahkan.

- Kulit kering cenderung kurang lembab, mudah mengelupas, dan gatal. Anda dapat memilih menggunakan masker yang melembabkan secara mendalam.

- Kulit berminyak biasanya memiliki kondisi banyak minyak, pori-pori besar, dan mudah berjerawat. Anda bisa memilih masker yang memiliki kandungan untuk mengontrol minyak dan membersihkan kulit wajah.

- Kulit sensitif bersifat mudah iritasi dan memerah. Tipe kulit ini perlu menggunakan masker dengan bahan lembut, tanpa kandungan pewangi (parfum), dan pewarna.

- Kulit berjerawat cenderung memiliki banyak jerawat dan mengalami peradangan. Anda sebaiknya memilih masker yang berfungsi untuk mengobati dan mencegah jerawat timbul.

2. Bersihkan kulit sebelum menggunakan masker

Tahap membersihkan kulit sebelum menggunakan masker sangat penting untuk menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan makeup yang menempel.

Urutan langkah membersihkan kulit dimulai dengan menghapus makeup, kemudian cuci muka dengan sabun pembersih, dan jika perlu lakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati.

3. Membuka pori-pori

Cara menggunakan masker wajah

Cara menggunakan masker wajah

Untuk membantu kandungan dari masker menyerap lebih dalam, Anda dapat menggunakan metode untuk membuka pori-pori wajah seperti:

- Uap air hangat atau facial steam: metode ini menggunakan air panas yang dicampur herbal seperti daun perilla, sereh, dan lemon.

- Handuk hangat: cara membuka pori-pori ini dilakukan dengan menempelkan handuk hangat ke wajah selama beberapa menit.

4. Aplikasikan masker dengan benar

Pengaplikasian masker wajah dapat berbeda tergantung tipe masker yang Anda gunakan. Tata cara menggunakan masker topeng atau sheet mask tentu berbeda dengan masker bubuk. 

- Masker sheet mask: tempelkan masker dari atas ke bawah, sesuaikan dengan wajah, biarkan selama 15 - 20 menit, lalu lepas dan tepuk-tepuk kulit.

- Masker bubuk: aplikasikan masker bubuk yang sudah dicampur air dengan merata di wajah, biarkan selama 15 - 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

- Masker clay atau gel: mirip dengan masker bubuk, aplikasikan masker secara merata di wajah, biarkan selama 15 - 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

5. Bilas wajah setelah menggunakan masker

Setelah beberapa waktu, bilas muka Anda untuk menghilangkan sisa masker berlebih. Anda dapat menggunakan air hangat atau air biasa.

Setelah mencuci muka, lakukan perawatan kulit untuk menyeimbangkan kadar pH pada wajah dan mengunci kelembapan kulit. Anda dapat mengaplikasikan toner, serum, dan pelembap sesuai jenis kulit.

Seberapa sering harus memakai masker?

Cara menggunakan mask sheet

Cara menggunakan mask sheet

Frekuensi penggunaan masker tergantung pada jenis kulit, berikut ini panduannya.

- Kulit yang membutuhkan anti-penuaan gunakan sebanyak 3 - 4 kali seminggu.

- Kulit berminyak disarankan untuk menggunakan masker sebanyak 2 - 3 kali seminggu.

- Kulit normal cukup gunakan masker sebanyak 2 kali seminggu.

- Kulit sensitif dapat menggunakan masker 1 kali seminggu.

Mengetahui cara menggunakan masker yang benar dapat membantu Anda memaksimalkan manfaat kandungan masker pada kulit wajah. Selain itu, ini berguna menghindarkan Anda dari efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan masker.