Tips & Trick

Layar Laptop Hitam? Begini Cara Mengatasinya

Editor 1 minggu yang lalu

Laptop yang black screen atau mendadak mati sendiri adalah masalah yang akan membuat bingung Anda sebagai pengguna. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir jika layar laptop berubah hitam karena ada beberapa cara untuk mengatasinya. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini. 

Apa Penyebab Layar Laptop Jadi Hitam?

Sebelum Anda mengatasi black screen pada laptop, penting untuk mengetahui apa hal yang menyebabkan masalah tersebut terjadi. Berikut ini beberapa penyebabnya:

1. Terdapat Virus 

Penyebab pertama dari layar laptop mendadak hitam yaitu karena terdapat virus di laptop. Virus atau malware biasanya muncul ketika Anda download sebuah file atau program dari situs yang tidak aman. 

Selain itu, bisa juga muncul karena ada sembarang orang yang mengakses laptop Anda untuk mentransfer data. Virus yang masuk ke sistem pun akan mempengaruhi kinerja laptop Anda dan menyebabkan adanya gangguan fungsi sehingga terjadi black screen

2. Update Belum Selesai Sempurna

Jika Anda pengguna laptop Windows, developer biasanya akan rutin melakukan update, Anda pun akan diberikan akses untuk memudahkan proses tersebut karena jadwal update sudah terprogram secara otomatis. 

Saat meng-update laptop, bisa saja baterai laptop tiba-tiba mati sehingga proses update pun belum selesai dan tidak terupdate secara sempurna. Nah, proses update yang belum sempurna ini bisa menjadi penyebab layar laptop tiba-tiba berubah hitam. 

3. Ada Aplikasi yang Bermasalah

Penyebab selanjutnya yaitu adanya aplikasi yang bermasalah, misalnya dari aplikasi pihak ketiga atau aplikasi bawaan laptop Anda. 

Untuk mengetahui aplikasi mana yang menjadi penyebabnya, Anda perlu membuka aplikasi yang berpotensi membuat layar laptop menjadi hitam, kemudian Anda dapat menghapusnya dari laptop.  

4. Ada Masalah pada Perangkat Keras 

Layar laptop mendadak hitam juga bisa disebabkan karena adanya beberapa masalah pada perangkat keras, misalnya seperti inverter daya LCD rusak, LCD rusak, ataupun kerusakan pada komponen lain. 

Jika hal ini terjadi, yang harus dilakukan yaitu dengan mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

5. Laptop Overheating

Penyebab selanjutnya dibalik black screen pada laptop yaitu karena overheating. Jika suhu laptop panas dan melebihi batas, maka overheating bisa terjadi sehingga menyebabkan permasalah seperti layar laptop yang tiba-tiba hitam.

6. Kecerahan Layar Redup

Yang terakhir, apabila laptop layar Anda tiba-tiba hitam, mungkin saja karena Anda meredupkan layar laptop hingga level terendah sehingga membuat layar laptop terlihat seperti mati. 

Jika ini penyebabnya, maka Anda bisa meningkatkan level kecerahan laptop dengan tombol keyboard laptop Anda. 

Nah, itulah beberapa penyebab layar laptop tiba-tiba berubah hitam. Ada beberapa penyebab yang sebenarnya dapat dihindari, jadi sebaiknya hindari hal-hal tersebut. 

BACA JUGA: Cara Menghapus Cache di Laptop Agar Memori Tidak Penuh

Cara Mengatasi Layar Hitam pada Laptop

Cara Mengatasi Layar Hitam pada Laptop

Cara Mengatasi Layar Hitam pada Laptop

Jika black screen pada laptop sudah terjadi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut ini caranya.

Dengan Menu Administrator 

Anda bisa membuka menu administrator untuk mengatasi layar laptop yang hitam. Ini dia langkah-langkahnya:

  1. Dalam kondisi layar laptop yang hitam, Anda bisa akses menu administrator lewat shortcut keyboard.
  2. Pencet tombol ctrl + alt + delete.
  3. Pilih akun, lalu masuk seperti biasa.
  4. Klik tombol “Power”. 
  5. Pilih opsi “Restart” untuk melakukan booting ulang pada laptop Anda.

Lakukan Update Driver Laptop

Cara mengatasi laptop layar hitam yang selanjutnya yaitu dengan melakukan update pada driver laptop. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Buka “Device Manager”.
  2. Lalu, cari opsi “Display Adapters”. 
  3. Klik panah yang ada di sebelah kiri. 
  4. Setelah itu, pilih adaptor tampilan. 
  5. Klik kanan. 
  6. Kemudian, pilih update driver. 

BACA JUGA: Cara Split Screen Laptop Windows dan MacOS, Agar Bisa Multitasking

Menggunakan Shortcut ke Beranda Windows 

Saat layar laptop jadi hitam, ada bisa mengatasinya dengan cara menggunakan tombol shortcut untuk menampilkan beranda Windows jika touchpad laptop tidak berfungsi. Caranya yaitu dengan:

  1. Klik tombol Windows pada keyboard 
  2. Tekan kombinasi shortcut Ctrl + Shift + B pada keyboard secara bersamaan 
  3. Apabila berhasil, maka layar laptop Anda akan menampilkan beranda Windows

Melakukan Pengaturan BIOS 

Anda bisa mengatasi layar laptop hitam lewat pengaturan BIOS. Caranya yaitu: 

  1. Klik dan tahan tombol power selama beberapa detik hingga laptop mati. 
  2. Tunggu beberapa detik, kemudian hidupkan kembali. 
  3. Saat laptop sedang melakukan proses booting, segera tekan tombol F2, F12, Delete atau ESC secara berulang-ulang. 
  4. Jika pengaturan BIOS muncul, maka hal tersebut menandakan bahwa laptop tidak mengalami kerusakan pada hardware. 
  5. Namun, apabila layar laptop masih blank, maka ada kemungkinan terjadi kendala pada komponen lain di dalam laptop.

Lepas dan Bersihkan RAM 

Anda juga mengatasi laptop layar hitam dengan cara melepas dan membersihkan RAM laptop. Apabila penyebab black screen karen posisi RAM tidak pas, konektor kotor, kapasitas terlalu kecil, atau terjadi kerusakan, Anda bisa coba melepas RAM terlebih dahulu. 

Setelah itu, bersihkan konektor dengan menggunakan kuas. Lalu, pasang kembali RAM dengan benar dan lakukan pengecekan. Apabila layar laptop kembali menyala dan bekerja dengan normal, maka masalah sudah teratasi. 

Melakukan Hard Shutdown 

Cara terakhir untuk mengatasi laptop layar hitam yaitu dengan mematikan laptop atau hard shutdown

Sebenarnya, cara ini tidak baik untuk baterai ataupun komponen lain di laptop Anda, sehingga Anda tidak disarankan untuk melakukan cara ini terlalu sering. 

Caranya, Anda cukup menekan dan tahan tombol power laptop sekitar 5-10 detik. Setelah itu, tunggu selama beberapa detik sebelum menyalakan kembali laptop. 

Tunggu untuk memastikan laptop Anda berhasil kembali diproses ke halaman awal. Itu dia penyebab dan beberapa cara yang bisa dilakukan apabila layar laptop Anda mendadak berubah jadi hitam. 

Jika sudah melakukan semua cara di atas namun masalah tidak teratasi, maka bawa ke service center untuk ditangani oleh teknisi.