Tips & Trick

Cara Mudah Membersihkan Mesin Cuci di Rumah Sendiri

Editor 6 hari yang lalu 5 Viewer

Membersihkan mesin cuci di rumah sendiri dapat membantu Anda menghemat biaya tanpa perlu meminta jasa orang lain. Artikel ini akan menunjukkan cara mudah membersihkan mesin cuci di rumah.

Manfaat Membersihkan Mesin Cuci Secara Berkala

Setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu, drum cuci cenderung menumpuk kotoran, debu kain, dan jamur yang dapat mempengaruhi sistem drainase dan efektivitas pencucian pakaian.

Oleh karena itu, membersihkan mesin cuci secara berkala memiliki banyak manfaat sebagai berikut:

  • Menghilangkan residu, kotoran, dan jamur yang menempel di dalam drum cuci.
  • Mengatasi bau tidak sedap dari drum cuci.
  • Meminimalkan penyumbatan sistem drainase.
  • Meningkatkan kemampuan mencuci pakaian secara efektif.
  • Memperpanjang umur mesin cuci.

Cara Membersihkan Mesin Cuci di Rumah

Petunjuk di bawah ini untuk membersihkan mesin cuci di rumah yang bisa diterapkan pada mesin cuci top loading (bukaan atas) maupun front loading (bukaan depan).

Sebelum membersihkan mesin cuci, pastikan Anda sudah mencabut kabel listrik. Berikut cara membersihkan mesin cuci di rumah dengan mudah.

1. Bersihkan permukaan pintu. Gunakan kain basah untuk mengelap seluruh permukaan pintu serta seluruh produk untuk menghilangkan debu dan kotoran di luar mesin cuci.

2. Bersihkan tutup mesin cuci. Untuk membersihkan pintu mesin cuci, Anda bisa menggunakan larutan pembersih kaca untuk menghilangkan sidik jari dan mengilapkan penutup mesin cuci.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan cuka dengan air, lalu gunakan kain yang telah direndam dalam larutan ini untuk membersihkan kaca.

3. Periksa pipa udara. Periksa katup suplai air dan katup drainase untuk memastikan tidak ada kotoran yang menyumbat pada pipa air. 

Jika ada banyak kotoran pada katup, gunakan kain basah untuk membersihkannya. Selain itu, periksa juga pipa air dan pipa drainase untuk melihat apakah ada yang rusak akibat gigitan binatang. 

Anda bisa melepas pipa untuk membersihkan kotoran yang masih menempel di dalam dan luar pipa.

4. Bersihkan filter serat. Lepaskan filter serat yang terpasang di dalam drum cuci, lalu bersihkan serat filter dengan perlahan untuk menghilangkan noda yang menempel. 

Selain itu, mengganti filter jika sudah terlalu tua atau tidak mampu menyaring dengan baik.

5. Bersihkan bagian dalam mesin cuci. Untuk membersihkan bagian dalam mesin cuci, Anda perlu melepas drum cuci dari rangkanya. 

Tergantung pada jenis mesin cuci top loading atau front loading, lepaskan panel kontrol mesin cuci sebelum melepas drum cuci.

Kemudian, gunakan semprotan air untuk menghilangkan kotoran dari dalam dan luar drum cuci. Setelah itu, keringkan sebelum memasang kembali drum cuci ke rangka mesin dengan urutan terbalik.

6. Bersihkan kompartemen deterjen. Kompartemen deterjen bisa didesain di dalam atau di luar mesin cuci. 

Anda dapat membuka atau melepasnya selanjutnya cuci kompartemen deterjen dengan air bersih. Kemudian, keringkan sebelum memasangnya kembali ke posisi semula.

7. Hilangkan bau. Setelah selesai membersihkan mesin cuci, jika drum cuci masih memiliki bau tidak sedap, Anda bisa menggunakan sedikit udara yang dicampur dengan cuka untuk membersihkan bagian dalam drum cuci lagi.

Selain itu, Anda bisa meletakkan ampas kopi dalam mangkuk atau kulit jeruk di dalam drum cuci dan menutup tutupnya selama sekitar 30 menit untuk menghilangkan bau yang tertinggal.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menjaga mesin cuci tetap bersih dan berfungsi dengan baik, sekaligus memperpanjang umur pemakaian mesin cuci Anda.