Gadget and Tools

7 Merek Laptop dan Daftar Seri Terbarunya 2024

Editor 6 hari yang lalu 5 Viewer

Banyak sekali merek laptop yang beredar di pasaran dengan desain dan konfigurasi yang beragam sehingga mungkin membingungkan Anda dalam memilih produk yang bagus. Lewat artikel berikut Anda dapat mengetahui beragam jenis merek laptop bagus yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda!

MacBook (Apple)

Item

Informasi tentang MacBook

Merek

Apple

Tempat Produksi

Cina

Kisaran Harga

Rp 12,500,000 ~ 26,000,000 (terbaru Juni 2024)

Jika berbicara tentang laptop, mau tak mau kita mungkin perlu menyebut laptop MacBook milik Apple, sebuah perusahaan teknologi ternama asal Amerika Serikat.

Produk MacBook selalu dipercaya oleh pengguna karena desainnya yang mewah, daya tahan tinggi, daya tahan baterai yang baik, dan pengoperasian yang lancar. 

Pada saat yang sama, operating system macOS dianggap beroperasi secara stabil, dengan lebih sedikit error dibandingkan operating system lain.

Secara khusus, MacBook laptop model dibagi menjadi dua jenis yaitu:

1. MacBook Pro

Apple telah membedakan antara laptop untuk pengguna non-professional dan laptop untuk profesional. 

MacBook Pro merupakan jajaran laptop untuk penggunaan professional yang sejak pertengahan 2009 memiliki tiga model. 

Model tersebut adalah model 13 inci yang dulunya merupakan bagian dari keluarga MacBook tetapi ditingkatkan dengan lebih banyak pilihan dan prosesor yang lebih baik. 

Baik model 15 inci maupun model 17 inci memiliki prosesor i5 atau i7 dan port koneksi “Thunderbolt” Intel yang baru. 

Selain itu, perbaikan baru telah dilakukan sehubungan dengan hard disk yakni semua MacBook memiliki SSD, kecuali hard drive mekanis.

2. MacBook Air

Download the MacBook Air models: ultra-portable model 11 inch and model 13 inch. 

Keempat model tersebut didesain ultra-ringan dengan tetap mempertahankan performa yang baik. 

Mereka memiliki drive SSD dan prosesor berkinerja tinggi. Tebalnya kurang dari dua sentimeter dan beratnya mulai dari 1.04 Kg hingga 1.31 kg tergantung modelnya.

Laptop ASUS 

Item

Informasi tentang ASUS

Merek

ASUS

Tempat Produksi

Taiwan

Kisaran Harga

Rp 4,700,000 ~ 12,700,000 (terbaru Juni 2024)

ASUS memiliki laptop yang cocok untuk setiap pengguna. Kebutuhan seperti menulis laporan dan mengirim email, atau Anda dapat memilih laptop gaming untuk memainkan game terbaru. 

Laptop ini dibagi ke dalam seri produk yang berbeda, sehingga Anda dapat membuat pilihan yang lebih baik. 

Mulai dari ASUS ZenBook and VivoBook hingga series TUF and ROG, perbedaannya bisa Anda baca di sini:

1. ASUS X series

Apakah Anda sedang mencari laptop untuk penggunaan sehari-hari dan tidak ingin merogoh kocek terlalu dalam? Anda bisa memilih laptop series ASUS X. Lini ini punya model banyak yang mencakup laptop untuk setiap kebutuhan berbeda. 

Dari laptop model pemula untuk browsing internet dan pemrosesan teks hingga laptop tangguh untuk mengedit video.

2. ASUS ZenBook

Dengan casing kokoh dan bobot ringan, ASUS ZenBook menjadi laptop yang sangat cocok dibawa bepergian seharian. 

Jika ZenBook Anda tidak sengaja menabrak sesuatu atau terjatuh, laptop ini diketahui tidak mudah rusak. 

Model ASUS ZenBook berkisar dari 13 inci hingga 15 inci. ZenBook adalah model pemula dan ZenBook S serta ZenBook Pro adalah model yang lebih mewah dengan komponen paling bertenaga. 

Apakah Anda lebih suka model 2-in-1 , yaitu laptop dan tablet menjadi satu? Nah, model ZenBook Flip adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

3. ASUS ROG dan TUF

ROG merupakan singkatan dari Republic of Gamers. Sementara itu, TUF adalah singkatan The Ultimate Force. Dengan laptop ASUS ROG atau TUF, Anda dapat memainkan game favorit Anda. 

Model TUF cocok untuk memainkan sebagian besar game , asalkan tidak terlalu menuntut secara grafis. 

Anda bisa memilih model ROG dengan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1060 yang memudahkan Anda memainkan semua game favorit pada pengaturan tertinggi seperti ultra HD.

4. ASUS VivoBook

VivoBook merupakan model ASUS yang mempunyai banyak pilihan. Mulai dari laptop 11 inci yang dapat Anda bawa ke sekolah untuk membuat catatan hingga untuk mengedit video. 

Selain itu, ada VivoBook Flip, 2-in-1 model yang memadukan keunggulan tablet dan laptop. 

Untuk Anda dengan kebutuhan performa tinggi, tersedia model VivoBook Pro dan VivoBook 2. Laptop ini memiliki kartu video khusus, sehingga Anda juga dapat memainkan game ringan di dalamnya.

5. ASUS Chromebook

Selain Windows laptop, ASUS juga membuat Chromebook. Laptop ini berjalan pada system operatingi dari Google.

Anda dapat masuk dengan akun Google Anda dan bekerja melalui browser Chrome dan aplikasi dari Google Play Store. 

ASUS Chromebook dapat bertahan sepanjang hari dengan daya penuh, tidak terlalu rentan terhadap virus, dan melakukan booting dengan cepat. 

Perlu diingat bahwa Anda tidak dapat menginstal program Windows di Chrome OS.

Laptop Dell 

Item

Informasi tentang Dell

Merek

Dell

Tempat Produksi

Amerika Serikat

Kisaran Harga

Rp 7,000,000 ~ 52,000,000 (terbaru Juni 2024)

Dell yang juga merupakan produsen laptop asal Amerika Serikat ini memiliki sejarah yang panjang (berdiri tahun 1984).

Tidak mengherankan apabila banyak pengguna yang sangat menyukai merek produk ini. 

Produk laptop dari merek ini dikenal memiliki desain yang indah dan menarik, komponen yang bagus, dan kinerja yang sangat tahan lama.

Secara khusus, Dell laptop model dibagi ke dalam beberapa model sebagai berikut. 

1. Dell XPS

Kini, Dell XPS 13 klasik mengadaptasi desain modern dari XPS 13 Plus generasi terakhir, sementara model Dell XPS 14 dan Dell 

Laptop XPS 15 dan XPS 17 lawas masih hadir bagi mereka yang membutuhkan daya premium dengan harga sedikit lebih murah.

2. Dell Inspiron

Dell Inspiron menyertakan laptop dengan harga super murah, laptop kelas menengah, dan laptop kelas atas yang tidak kalah dengan jajaran XPS andalan Dell.

Di sinilah kebanyakan orang akan menemukan laptop Dell yang sempurna untuk mereka, karena model Inspiron punya sesuatu untuk semua orang. 

Laptop Inspiron umumnya dikategorikan ke dalam kategori series 3000, 5000, dan 7000, dengan nomor model yang lebih besar biasanya berarti “lebih mahal, lebih banyak fitur.”

Laptop series 3000 termasuk di antara laptop dengan harga lebih miring, memberikan nilai terbaik bagi mereka yang memiliki annggaran terbatas atau mencari komputer sederhana dan mudah digunakan. 

Laptop series 5000 hadir dengan nyaman di kelas bawah hingga menengah, dengan keseimbangan yang baik antara harga, kualitas, kinerja, dan fitur. 

Terakhir, laptop series 7000 cenderung mengemas desain premium untuk menyaingi XPS, serta perpaduan antara perangkat keras kelas atas dan fitur-fitur canggih. 

3. Dell Latitude, Vostro, dan Precision

Jajaran laptop Dell Latitude, Precision, dan Vostro difokuskan pada para profesional dan perusahaan yang membutuhkan keamanan ekstra, daya tahan, dan kinerja tinggi. 

Grafik khusus tidak hanya diperuntukkan bagi para gamer . Penyematan kartu grafis Quadro NVIDIA dan beberapa GPU AMD Radeon dirancang untuk orang-orang yang membutuhkan daya komputasi yang besar. 

Orang-orang seperti desainer, arsitek, programmer , bahkan editor video semuanya bisa mendapatkan keuntungan dari laptop ini.

Dell mengategorikan model Latitude sebagai laptop ideal untuk sebagian besar bisnis yang memiliki tim IT.

Sementara itu, model Vostro lebih diperuntukkan bagi bisnis kecil atau Anda yang menjalankan bisnis sendiri. 

Vostro hadir dalam tipe 3000, 5000, dan 7000, semuanya dengan tingkat kinerja dan fitur yang berbeda-beda. Mereka tersedia dalam ukuran 13, 14, 15, dan 16 inci. 

Yang terakhir, Dell Precision adalah pilihan terbaik bagi para profesional yang bekerja di bidang khusus dengan tuntutan kinerja spesifik. Tersedia dalam berbagai ukuran dengan kategori kelas 3000, 5000, dan 7000. 

Laptop ini dapat dilengkapi dengan Intel Xeon CPU and GPU workstation, sangat tahan lama, and dibuat untuk bekerja dengan perangkat lunak khusus.

4. Dell G-Series dan Alienware

Sebagian besar laptop model Dell ditujukan untuk konsumen biasa, karyawan perusahaan, profesional bidang kreatif, dan industri lain yang berfokus pada produktivitas.

Namun, perusahaan ini juga memproduksi beberapa laptop gaming terbaik di dunia. 

Merek perangkat keras gaming terbesar Dell adalah Alienware, yang sebenarnya merupakan salah satu produsen PC game tertua dan paling berpengalaman.

Alienware gaming laptop sebagian besar terbagi antara series x dan series m, dengan series x lebih ringkas dan premium, sedangkan series m berfokus pada keunggulan teknologi dibandingkan estetika. 

Namun kedua lini tersebut tidak diragukan lagi merupakan produk kelas atas, sehingga Dell juga memproduksi beberapa PC gaming yang lebih terjangkau dan bernilai tinggi dengan merek G-series. 

Laptop MSI 

Item

Informasi tentang Dell

Merek

MSI

Tempat Produksi

Taiwan

Kisaran Harga

Rp 6,500,000 ~ 90,000,000 (terbaru Juni 2024)

MSI merupakan singkatan dari Micro-Star International, merupakan perusahaan teknologi multinasional yang berkantor pusat di New Taipei, Taiwan dan didirikan pada tahun 1986. 

Hingga saat ini MSI telah hadir di lebih dari 120 negara. Latar belakang MSI adalah sebagai produsen perangkat keras.

Oleh karena itu, produk laptopnya dikenal memiliki konfigurasi yang sangat kuat, memenuhi kebutuhan hiburan para gamer , dan harga yang terjangkau.

Lini model utama dari MSI yang bisa Anda pilih:

1. Modern

Jajaran laptop tipis dan ringan dengan kombinasi sempurna antara keindahan elegan dan performa bertenaga, membantu Anda leluasa mengekspresikan kreativitas dalam pekerjaan dan aktivitas hiburan sehari-hari..

2. Cyborgs

Memperkenalkan series Cyborg, ideal bagi mereka yang ingin upgrade dari laptop bisnis sehari-hari. 

Muncul dengan desain sasis tembus serat kaca estetika yang unik, di mana Anda dapat melihat bagian mekanis bagian dalamnya. 

Seri Cyborg yang eye-catching memberikan tampilan sci-fi futuristik dengan grafis dan prosesor terkini.

3. Summit 

Dari UKM hingga perusahaan multinasional, laptop MSI Summit series cocok untuk mengerjakan kebutuhan pekerjaan dan bisnis Anda. 

Laptop ini memiliki bodi aluminum yang seluruhnya terbuat dari logam. Selain itu fitur dari segi produktivitas, keamanan, desain Flip 360°, dan rasio Layar 16:10 tergolong yang terbaik di kelasnya. 

Lantaran mengemas konsep 2-in-1 yang menggabungkan teknologi tablet dan laptop, Anda dapat menggunakan laptop ini di manapun. 

4. Prestige

Seri Prestige dibuat dengan sangat baik dan efisien dalam hal kinerja dan mobilitas. Laptop ini kombinasi yang seimbang antara keanggunan, kekuatan, dan efisiensi. 

Terlebih model Prestige 13 Evo terbaru dengan desainnya yang tipis dan ringan dan berat kurang dari 1kg.

Laptop Acer 

Item

Informasi tentang Acer

Merek

Acer

Tempat Produksi

Taiwan dan Amerika Serikat

Kisaran Harga

Rp 5,000,000 ~ 38,000,000 (terbaru Juni 2024)

Pada tahun 1976, Acer didirikan sebagai perusahaan elektronik dan perangkat keras komputer multinasional Taiwan. 

Saat ini, kantor pusat Acer berlokasi in New Taipei City, Taiwan and in San Jose, California, AS.

Secara khusus, laptop model Acer terbagi menjadi beberapa model sebagai berikut. 

1. Acer Aspire

Mulai dari entry level laptop dari Acer Aspire 3 series hingga laptop bertenaga dengan banyak tambahan for Acer Aspire 7 series. 

Jajaran produk Acer Aspire memiliki laptop yang cocok untuk semua orang. 

Tidak masalah jika Anda menonton drama Korea, browsing internet, atau mengedit video dengan program yang berat seperti Adobe Premiere Pro. Selalu ada Acer Aspire yang memenuhi keinginan Anda.

2. Acer Swift

Casing logam pada series Acer Swift memberikan desain yang ramping pada laptop ini. Selain itu, laptop ini tipis dan ringan.Anda dapat dengan mudah membawanya di dalam tas Anda. 

Anda tidak akan menemukan model 17 inci di seri ini, tetapi hanya berukuran 15 inci atau lebih kecil. 

Selain itu, Anda dapat memilih antara model untuk pekerjaan dasar dan laptop yang dapat digunakan untuk membuat animasi 3D.

3. Acer Nitro

Apakah Anda suka bermain game ? Namun, Anda juga perlu mengerjakan proyek kreatif? Jika iya, laptop dari series Nitro adalah pilihan yang tepat. 

Laptop ini memiliki kartu video untuk bermain game dan merender video dengan cepat. Casing hitam dan tombol backlit merah memastikan tampilan ramping pada laptop ini.

4. Acer Predator

Acer Predator diperuntukkan bagi para professional gamer . Laptop ini dilengkapi dengan setidaknya satu kartu video NVIDIA GeForce GTX 1050. 

Dengan penyematan teknologi itu, Anda dapat bermain game dengan pengaturan tertinggi. Tombol WASD yang disorot memastikan Anda selalu mengarahkan karakter Anda ke arah yang benar. 

Selain itu, Predator dilengkapi dengan kombinasi SSD dan HDD yang memastikan waktu start-up yang singkat dan ruang penyimpanan yang cukup untuk semua game Anda.

5. Acer Travelmate

Acer Travelmate ditujukan untuk pengguna bisnis. Apakah Anda sedang mencari laptop untuk kantor, usaha kecil, atau sering bepergian bertemu klien? 

Jika iya, Travelmate adalah laptop yang tepat untuk Anda. Laptop ini memiliki opsi tambahan untuk menyimpan file dengan aman, seperti chip TPM atau pemindai sidik jari. 

Selain itu, Anda dapat dengan mudah menambah RAM atau penyimpanan melalui penutup di bagian bawah laptop.

Laptop Lenovo 

Item

Informasi tentang Lenovo

Merek

Lenovo

Tempat Produksi

Cina dan Amerika Serikat

Kisaran Harga

Rp 5,000,000 ~ 10,000,000 (terbaru Juni 2024)

Lenovo adalah perusahaan teknologi komputer multinasional yang didirikan pada tahun 1984 di Beijing dengan nama Legend. 

Saat ini Lenovo memiliki kantor pusat di Beijing, China dan Morrisville, Carolina Utara, Amerika Serikat.

Lenovo memproduksi banyak produk seperti ponsel, perangkat penyimpanan elektronik, dan laptop. 

Laptop Lenovo diproduksi dengan lini teknologi modern dengan kualitas bagus dan harga murah dibandingkan komputer dengan konfigurasi dan fitur serupa.

Berikut ini adalah laptop model series yang dimiliki oleh Lenovo. 

1. Lenovo Gaming 

Lenovo IdeaPad Gaming Laptop memiliki desain ramping dan kartu video gaming. Anda dapat menggunakannya untuk sekolah dan bekerja, tetapi juga untuk bermain game

Masih belum puas dengan performa yang diberikan? Pilih model Lenovo Legion untuk bermain game pada pengaturan tertinggi. 

2. Lenovo IdeaPad 

Lenovo IdeaPad series adalah series yang paling cocok untuk berbagai kebutuhan. IdeaPad tersedia untuk situasi penggunaan apapun seperti browsing internet, pemrosesan teks, atau pengeditan foto. Ada 

juga series IdeaPad gaming yang memungkinkan Anda memainkan game terkini pada pengaturan medium berkat kartu video NVIDIA GeForce. 

Ada juga IdeaPad berukuran 14 inci atau lebih kecil untuk Anda yang sering membawa laptop saat bepergian. IdeaPad 17 inci sebagian besar cocok untuk digunakan di dalam kantor atau rumah.

3. Lenovo ThinkBook 

Model Lenovo ThinkBook ditujukan untuk organisasi kecil dan pekerja lepas ( freelance ). Laptop ini ideal jika Anda bekerja dari rumah atau jika Anda tidak memiliki lokasi kantor tetap. 

ThinkBook memiliki ukuran paling besar 15 inci, sehingga Anda dapat dengan mudah membawanya saat bepergian. 

Ia juga memiliki casing aluminum yang kokoh, anti-air keyboard, dan chip TPM untuk mengenkripsi file Anda. 

Berkat sensor sidik jari, Anda dapat login ke Windows 10 Pro atau 11 Pro dengan cepat dan aman.

4. Lenovo Yoga 

Laptop Lenovo Yoga memadukan teknologi modern, kemudahan penggunaan, dan desain yang tipis jugaringan. 

Yoga series juga menyertakan teknologi 2-in-1. Anda dapat membalik keyboard laptop laptop ini 360 derajat ke belakang untuk menggunakannya sebagai tablet. 

Dengan Lenovo Yoga, Anda akan mendapatkan tablet dan laptop dalam satu perangkat.

5. ThinkPad series

Lenovo ThinkPad laptop dirancang khusus untuk penggunaan bisnis. ThinkPad menawarkan opsi keamanan tambahan untuk mengenkripsi file. 

Laptop ini juga menggunakan operating system Windows versi Pro. Berkat kualitas build yang sangat bagus, mereka dapat menerima pukulan dengan mudah. 

Inilah sebabnya mengapa Lenovo ThinkPad adalah pilihan bagus untuk digunakan di kantor atau saat Anda bekerja dari rumah. 

Anda juga bisa memilih ThinkPad yang lebih kecil, yang ideal untuk dibawa bepergian.

Laptop HP  

Item

Informasi tentang HP

Merek

HP

Tempat Produksi

Taiwan dan Amerika Serikat

Kisaran Harga

Rp 4,000,000 ~ 12,500,000 (terbaru Juni 2024)

HP adalah singkatan dari Hewlett-Packard, salah satu perusahaan teknologi informasi asal Amerika Serikat yang berdiri di tahun 1939.

HP memiliki banyak laptop series, sering kali konsumen tidak tahu banyak tentang laptop series mana yang lebih baik atau apa fungsi atau keistimewaan dari series tertentu.

Berikut ini adalah daftar laptop series milik HP yang kini beredar di pasaran

1. HP Essential

Jika Anda mencari HP laptop paling murah tanpa repot, maka HP Essential series cocok untuk Anda. 

Laptop seperti HP 15s atau HP 14 adalah pilihan yang cocok untuk tugas-tugas sederhana seperti browsing internet, pemrosesan teks, atau sejenisnya. 

Anda akan mendapati kalau laptop ini punya banyak varian warna dan ukuran. Laptop murah ini juga mudah difungsikan.

2. HP Pavilion

Pavilion series laptop dibuat untuk pelanggan kelas menengah dengan harga tergolong menengah juga. Anda akan mendapati laptop ini tersedia hampir di semua ukuran. 

Semua laptop mobile series ini menyediakan panel IPS yang menyediakan warna layar cerah. Ada juga model dengan kekuatan kinerja tinggi yang memungkinkan Anda melakukan tugas berat, seperti bermain game

Jika Anda mencari opsi 2-in-1 atau laptop dan tablet menjadi satu, pilih Pavilion x360. 

3. HP ProBook

Jika Anda mencari keperluan bisnis maka HP ProBook adalah pilihan yang menarik. HP ProBook memastikan kualitas pembuatan yang kuat. 

Anda bisa mendapatkan opsi sidik jari untuk memudahkan login atau masuk ke dalam laptop. 

Anda juga dapat menggunakan laptop ini dalam kondisi ekstrim seperti lingkungan atau tempat berdebu. 

4. HP EliteBook

Sama seperti ProBook series, laptop ini ditujukan untuk keperluan bisnis. Namun EliteBook melangkah lebih jauh dengan menyediakan pengalaman bermain game yang bagus. 

Jika Anda seorang pekerja lepas atau sales yang berpergian bertemu klien, maka EliteBook adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Laptop ini mempunya fitur fungsi keamanan yang kuat seperti pemindai sidik jari dan TMP Chip. 

5. HP Envy

Jika Anda mencari perangkat kelas atas dengan bobot yang ringan dan desain cantik, maka series HP Envy cocok untuk Anda. 

Dengan sasis logam, CPU generasi terbaru, grafis diskrit, laptop series ini cocok untuk pekerjaan multitasking Anda. Ini juga termasuk laptop yang mudah digunakan saat bepergian. 

6. HP Specter

Untuk konsumen premium dan pengguna bisnis, laptop model Specter ini adalah pilihan yang lebih baik. 

Specter memiliki model dengan OLED panel yang menghadirkan detail terkecil di layar. Sasis aluminum CNC memastikan bentuk dan kualitas premiumnya. 

Semua model Specter disematkan SSD bahkan pada model dengan spesifikasi rendah. 

Dari segi harga, ia melampaui Envy karena perangkat lunaknya yang kuat dan desain perangkatnya yang tampak premium. 

7. HP Omen

Laptop series ini dibuat untuk para gamer professional dengan video card RTX series, pencahayaan RGB keyboard, and layar dengan refresh rate tinggi. 

Jadi jika Anda seorang penggila game, series HP Omen ini layak untuk Anda gunakan.

Anda dapat menyesuaikan jenis laptop Anda dengan kebutuhan dan anggaran yang saat ini Anda miliki. Silakan cek di Erablue berbagai pilihan dan rekomendasi merek laptop yang bagus untuk Anda.