Lifestyle

7 Model Kacamata Kekinian Wajib Punya, Bisa untuk Pria dan Wanita

Editor 1 minggu yang lalu 1 Viewer

Dalam beberapa tahun terakhir, model kacamata telah mengalami evolusi yang pesat. Tidak hanya sebagai alat bantu penglihatan, benda ini juga sebagai aksesori mode yang sangat diperhitungkan. 

Berikut ini adalah beberapa model kacamata kekinian yang bisa menjadi inspirasi untuk gaya Anda. Sebagian besar di antaranya bahkan cocok dipakai baik oleh pria maupun wanita!

Tren Model Kacamata Kekinian

Pemakaian kacamata akan memengaruhi bentuk dan penampilan wajah Anda secara keseluruhan. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui model kacamata yang sesuai sebelum memilihnya.

Umumnya kacamata untuk pria dan wanita memiliki perbedaan. Namun, saat ini sudah banyak kacamata unisex atau produk yang tidak mementingkan gender, sehingga bisa digunakan oleh pria maupun wanita.

Dalam dunia fashion, kacamata unisex semakin populer karena desainnya yang fleksibel dan dapat digunakan oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Berikut ini adalah beberapa model kacamata kekinian yang bisa Anda jadikan referensi untuk tampil stylish dan trendi.

1. Kacamata Bulat (Round Glasses)

Kacamata Bulat (Round Glasses)

Kacamata Bulat (Round Glasses)

Model kacamata bulat menawarkan tampilan vintage yang kembali populer. Dengan pilihan frame dari bahan metal atau plastik, kacamata bulat cocok untuk Anda yang ingin tampil retro namun tetap stylish.

2. Kacamata Aviator/ Double Bars

Kacamata Aviator -Double Bars

Kacamata Aviator -Double Bars

Kacamata aviator adalah salah satu model klasik yang terus digemari sepanjang masa. Desainnya yang simpel dengan frame metalik dan lensa besar membuatnya cocok untuk berbagai bentuk wajah. Model ini memberikan kesan modern dan elegan.

Model kacamata aviator atau double bars memiliki bentuk yang mirip dengan oversized silhouettes, yaitu agak besar. Perbedaannya adalah model aviator memiliki top bar dan bridge di antara kedua lensa.

Model kacamata aviator sangat cocok untuk kamu yang memiliki bentuk wajah oval, persegi, atau hati.

BACA JUGA: 13 Rekomendasi Hadiah untuk Hari Ibu yang Bermakna

3. Kacamata Oversized Silhouettes

Kacamata Oversized Silhouettes

Kacamata Oversized Silhouettes

Oversized silhouettes adalah tren kacamata yang tidak lekang oleh waktu dan dapat membuat penampilan semakin menawan. Ukuran kacamata ini sedikit lebih besar dari kacamata biasa, bahkan bisa menutupi hampir setengah wajah Anda.

Model kacamata oversized silhouettes cocok untuk pemilik wajah berbentuk oval dan segitiga terbalik. Kombinasi kacamata ini akan menciptakan keseimbangan yang sempurna, sehingga terlihat sangat cocok untuk Anda.

4. Translucent Eye

Kacamata model frame Translucent Eye

Kacamata model frame Translucent Eye

Tren kacamata berikutnya yang dapat membuat gaya busana Anda semakin trendi adalah kacamata dengan bingkai transparan. Model kacamata ini cocok untuk hampir semua bentuk wajah dan warna kulit.

Kacamata ini dapat membuat wajah terlihat lebih segar karena warna transparannya yang memberikan kesan bersih. Berikut beberapa rekomendasi kacamata dengan bingkai transparan yang bisa Anda gunakan.

5. Kacamata Shaded Lense

Model Kacamata Shaded Lense

Model Kacamata Shaded Lense

Kacamata Shaded Lens adalah kacamata dengan lensa yang memiliki gradasi warna, di mana bagian atas lensa lebih gelap dan secara bertahap menjadi lebih terang ke bawah. 

Model kacamata ini tidak hanya memberikan perlindungan mata dari sinar matahari, tetapi juga memberikan tampilan yang stylish dan modern. Gradasi warna pada lensa ini membuatnya cocok untuk berbagai aktivitas, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

6. Cat-eye Glasses

Model frame Cat-eye Glasses

Model frame Cat-eye Glasses

Selanjutnya, ada model kacamata cat-eye. Meskipun modelnya terlihat klasik, kacamata ini dapat mempertajam bentuk wajah. Hal ini karena bagian luar kacamata ini cenderung naik dan lancip.

Kacamata cat-eye sangat cocok untuk pemilik wajah bulat karena dapat memberikan kesan wajah yang lebih tajam dan tegas. 

Bentuk cat-eye pada kacamata akan memberikan tampilan yang lebih edgy dan elegan. Terutama jika Anda ingin menampilkan kesan profesional, model kacamata cat-eye bisa menjadi andalan.

7. Kacamata Geometris

Model Frame Kacamata Geometris

Model Frame Kacamata Geometris

Kacamata dengan bentuk geometris, seperti segi enam atau bentuk asimetris lainnya, menawarkan tampilan yang unik dan menarik. Model ini cocok untuk Anda yang berani tampil beda dan menjadi pusat perhatian.

Tips Memilih Kacamata yang Tepat

Baik pria maupun wanita, sebaiknya tetap menyesuaikan bentuk wajah saat memilih ukuran kacamata yang tepat agar memberikan kenyamanan saat digunakan. 

Berikut tips memilih frame kacamata kekinian yang tepat memerlukan pertimbangan beberapa aspek agar sesuai dengan kebutuhan dan gaya Anda:

Sesuaikan dengan Bentuk Wajah

  • Wajah Oval: Hampir semua model kacamata cocok untuk bentuk wajah ini.
  • Wajah Bulat: Pilih kacamata berbentuk kotak atau geometris untuk memberikan kesan tegas.
  • Wajah Kotak: Kacamata bulat atau oval dapat melembutkan garis wajah yang tegas.
  • Wajah Hati: Kacamata cat-eye atau dengan bentuk bawah yang lebih lebar akan seimbang dengan bentuk wajah ini.

Perhatikan Kualitas Lensa

  • Pilih lensa dengan perlindungan UV untuk melindungi mata dari sinar matahari.
  • Pertimbangkan lensa anti-refleksi untuk mengurangi pantulan cahaya.

Pilih Frame yang Nyaman

  • Pastikan frame kacamata tidak terlalu ketat atau longgar agar nyaman dipakai sehari-hari.

Sesuaikan dengan Gaya Pribadi

  • Jangan ragu untuk mencoba berbagai model hingga menemukan yang paling sesuai dengan gaya dan kepribadian Anda.

Itulah deretan rekomendasi model kacamata kekinian dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan fashion Anda atau menjadi ide suvenir kantor yang menarik.

Dengan berbagai model kacamata terbaru yang tersedia, Anda bisa memilih kacamata yang tidak hanya fungsional tetapi juga stylish.