Lifestyle

Lindungi Kulit Wajah, Ini 5 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Editor 1 minggu yang lalu 1 Viewer

Salah satu cara yang wajib Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit yaitu dengan melindungi kulit dari paparan sinar UV. Untuk melindunginya, Anda perlu memakai sunscreen yang sesuai dengan tipe kulit.

Bagi Anda yang memiliki tipe kulit berminyak, berikut ini rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak. 

Bagaimana Cara Memilih Sunscreen untuk Tipe Kulit Berminyak?

Penting untuk memakai sunscreen yang sesuai dengan tipe kulit untuk memperoleh hasil yang maksimal. 

Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan apabila tipe kulit Anda berminyak. 

  1. Pastikan SPF sunscreen yang Anda pilih memiliki SPF minimal 30. Dilansir dari Clinic Advisor, penggunaan sunscreen akan memberikan perlindungan untuk kulit agar terhindari dari sunburn dan risiko kanker kulit. 
  2. Menurut situs acnesquad, pilihlah sunscreen yang memiliki tekstur ringan dan berbasis gel atau air sehingga dapat menyerap ke dalam kulit dengan mudah dan tidak menyumbat pori-pori. 
  3. Hindari memilih sunscreen yang berbasis minyak karena bisa meningkatkan risiko jerawat pada tipe kulit yang berminyak dan sensitif.

Daftar Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak

Rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak

Ada banyak pilihan sunscreen untuk kulit berminyak yang dijual di pasaran. Anda hanya perlu memilih yang cocok dengan kulit.

Nah, tidak perlu bingung, berikut ini adalah rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak yang jadi pertimbangan untuk perlindungan kulit dari sinar UV. 

1. Banana Boat Sport Sunscreen SPF 50 Lotion 

Banana Boat Sport Sunscreen SPF 50 Lotion merupakan rekomendasi pertama untuk tipe kulit yang berminyak. 

Sunscreen dengan SPF 50 ini menawarkan perlindungan tinggi terhadap sinar UVB, UVA yang dapat menyebabkan penuaan kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit, serta polusi. 

Selain itu, sunscreen ini juga dilengkapi dengan vitamin C dan E yang dapat membantu mencerahkan kulit, membantu menjaga kelembaban kulit, serta mengurangi kerusakan kulit akibat radikal bebas. 

Anda dapat mengaplikasikan sunscreen ini sekitar 20 menit sebelum terkena paparan sinar matahari. 

Jangan lupa untuk mengaplikasikan kembali sunscreen setelah berkeringat, berenang, atau mengeringkan kulit dengan handuk. Gunakan sunscreen agar kulit tetap terlindungi dari paparan sinar matahari. 

2. La Roche Posay Anthelios UV Mune 400 Oil Control Gel Cream 

Rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak yang selanjutnya yaitu La Roche Posay Anthelios UV Mune 400 Oil Control Gel Cream.

Produk ini akan melindungi kulit dri sinar UVA dan UVB serta mengurangi kilap pada kulit wajah yang berminyak. 

Dengan tekstur gel krim yang ringan dan tidak lengket, produk ini dapat diaplikasikan dengan mudah pada kulit tanpa meninggalkan white cast

Gunakan produk ini di pagi hari, sekitar 10-15 menit sebelum terpapar sinar matahari. Jangan lupa juga untuk mengaplikasikannya setiap 2 jam sekali dan aplikasikan secara merata ke seluruh wajah dan leher Anda. 

Teksturnya yang ringan dari gel krim cocok bagi Anda yang memiliki tipe kulit berminyak karena tidak akan meninggalkan kesan lengket atau berat di kulit.

BACA JUGA: 5 Tata Cara Menggunakan Masker Wajah dengan Benar

3. Cetaphil UVA/UVB Sun Protect SPF 50 

Produk sunscreen Cetaphil UVA/UVB Sun Protect SPF 50 bisa jadi pertimbangan untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak. 

Kandungan SPF 50+ pada produk ini memberikan perlindungan tinggi terhadap sinar UVB dan UVA. SPF 50+ adalah tingkat perlindungan yang sangat baik untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang intens.

Selain melindungi kulit, produk ini juga turut serta memberikan efek lembab pada kulit Anda sehingga dapat membantu menjaga kelembaban kulit selama penggunaan. 

Teksturnya yang ringan dan mudah meresap ke kulit membuat produk ini nyaman untuk dipakai sehari-hari terutama bagi penggunanya yang memiliki kulit berminyak. 

Sama dengan sunscreen lainnya, jangan lupa untuk mengaplikasikan produk ini setiap 2 jam sekali untuk tetap menjaga perlindungan pada kulit. 

4. CeraVe AM Facial Moisturizing Lotion with Sunscreen 

Rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak yang selanjutnya adalah CeraVe AM Facial Moisturizing Lotion with Sunscreen. 

Produk sunscreen yang satu ini cocok untuk semua jenis kulit sehingga dapat digunakan Anda yang memiliki tipe kulit berminyak.

Dengan kandungan SPF 30 di dalamnya, sunscreen ini akan memberikan perlindungan yang baik terhadap sinar UVA dan UVB. Selain itu, produk ini juga mengandung ceramid yang dapat membantu memperkuat barrier kulit.

Selain melindungi kulit dari sinar matahari, sunscreen ini juga dapat melembabkan kulit sepanjang hari sehingga kulit tetap lembut dan sehat. 

Aplikasikan sunscreen ini secara rutin dan rata ke seluruh bagian wajah dan leher yang sudah dibersihkan. 

BACA JUGA: Cara Uap Air Panas Wajah dan Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit

5. Emina Sun Battle SPF 30 PA+++ 

Rekomendasi terakhir sunscreen yang bagus untuk kulit yang berminyak adalah Emina Sun Battle SPF 30 PA+++.

Emina Sun Battle SPF 30 PA+++ adalah sunscreen yang cocok untuk digunakan sehari-hari untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB.

Dengan kandungan ekstrak aloe vera atau lidah buaya di dalamnya, sunscreen ini akan memberikan kesegaran, kelembaban, serta efek menenangkan pada kulit. 

Selain itu, teksturnya yang ringan dan mudah meresap ke kulit membuat sunscreen ini nyaman untuk digunakan dan cocok untuk semua tipe kulit. 

Aplikasikan sunscreen ini secara merata ke seluruh area wajah dan leher dan aplikasikan kembali setiap 2 jam untuk perlindungan yang optimal.  

Nah, itu dia lima rekomendasi sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak. Kira-kira produk mana yang akan menjadi pilihan Anda?