Lifestyle

Cara Uap Air Panas Wajah dan Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit

Editor 4 hari yang lalu 2 Viewer

Uap air panas untuk wajah atau facial steam adalah perawatan kulit yang bermanfaat untuk membersihkan, memberi nutrisi, dan membuka pori-pori kulit wajah. Ketahui cara, tips, dan bahan yang diperlukan untuk uap air panas wajah. 

Manfaat Uap Air Panas untuk Wajah

Perawatan kulit wajah yang tergolong sederhana ini rupanya punya segudang manfaat, berikut ini daftarnya. 

1. Membersihkan pori-pori wajah

Uap membuka pori-pori kulit wajah dan membantu melonggarkan penumpukan kotoran untuk pembersihan lebih dalam. 

Membuka pori-pori juga akan melembutkan komedo sehingga lebih mudah dihilangkan dari kulit wajah.

2. Meningkatkan sirkulasi darah 

Kombinasi uap hangat dan peningkatan keringat akan melebarkan pembuluh darah yang berdampak pada peningkatan sirkulasi darah. 

Peningkatan aliran darah ini memberi nutrisi pada kulit Anda dan mengantarkan oksigen. Hasilnya adalah kulit menjadi lebih cerah alami dan sehat.

3. Mencegah penyebab jerawat

Membuka pori-pori juga memungkinkan terjadinya pelepasan sel kulit mati, bakteri, dan kotoran lain penyumbat pori-pori yang menyebabkan jerawat.

Uap air panas untuk wajah juga bermanfaat melepaskan sebum yang terperangkap. Minyak alami ini diproduksi oleh kelenjar sebaseus untuk melumasi kulit dan rambut Anda. 

Ketika sebum terperangkap di bawah permukaan kulit, kondisi ini justru menciptakan tempat berkembang biaknya bakteri dan menyebabkan jerawat dan komedo.

4. Menghidrasi kulit wajah 

Uap air panas menghidrasi kulit dengan membantu meningkatkan produksi minyak, melembabkan wajah secara alami.

Steam wajah juga bermanfaat meningkatkan elastisis kulit, memungkinkannya menyerap produk perawatan kulit dengan lebih baik. 

Artinya, kulit wajah mendapatkan lebih banyak keuntungan dari produk perawatan kulit yang diaplikasikan.

5. Meningkatkan kolagen dan elastin

Lancarnya sirkulasi aliran darah selama perawatan uap air panas untuk wajah akan meningkatkan produksi kolagen dan elastin. 

Kondisi Ini akan menghasilkan kulit yang lebih kencang dan tampak lebih muda.

6. Menimbulkan rasa tenang

Uap air hangat di wajah membantu menimbulkan rasa rileks. Anda bisa menambahkan beberapa aromaterapi herbal, seperti minyak esensial, untuk membuat uap air lebih nyaman dihirup.

7. Mengatasi hidung tersumbat 

Uap air hangat dapat membantu meredakan hidung yang tersumbat dan sakit kepala yang menyertainya. 

Menambahkan minyak esensial tertentu ke dalam uap air juga dapat meningkatkan efeknya.

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukan steam facial di spa untuk menikmati manfaatnya.

Perawatan ini bisa Anda lakukan di rumah dengan menggunakan barang-barang yang sudah Anda miliki.

Langkah dan Cara Uap Air Panas untuk Wajah

Lakukan langkah dan cara berikut untuk menikmati perawatan kulit serbaguna ini di rumah. Tidak perlu menggunakan peralatan mahal, cukup dengan bahan dan alat yang Anda miliki di rumah.

Berikut penjelasan langkah-langkah facial steam

  1. Ambil handuk berbulu besar dan buatlah kondisi tempat duduk Anda senyaman mungkin, sebaiknya gunakan kursi yang memiliki ketinggian yang tepat. Jaga rambut Anda agar tidak menutupi kulit wajah
  2. Rebus 4-6 gelas air ke dalam panci, tergantung ukuran bak cuci atau mangkuk.
  3. Tambahkan segenggam bahan herbal seperti kayu manis, lemon, mint, atau bunga-bungaan sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah air mulai mendidih dan aduk.
  4. Kecilkan api, tutup panci, dan biarkan mendidih selama 2-3 menit. Setelah mendidih, matikan api dan tuangkan dengan hati-hati ke dalam mangkuk. 
  5. Jika Anda menggunakan minyak esensial, tambahkan beberapa tetes ke dalam air. Perbandingannya adalah 1:5, sebagai contoh 20 tetes minyak esensial dilarutkan ke dalam 100 ml air. 
  6. Duduk, letakkan handuk menutupi kepala dan mangkuk, posisikan wajah Anda 15 cm di atas mangkuk air.
  7. Uapi wajah Anda selama 5-10 menit.

Tips Agar Facial Steam Maksimal

Berikut beberapa tips dan trik untuk membantu Anda mendapatkan hasil maksimal saat menguapi wajah.

  1. Minum air yang cukup sebelum Anda mulai melakukan uap air panas. Dalam sehari tubuh Anda memerlukan asupan cairan sebanyak 1-1.5 liter. Ini bisa berbeda tergantung dengan aktivitas yang Anda jalani.  
  2. Cuci wajah Anda menggunakan pembersih lembut dengan eksfoliator sehingga kulit Anda siap untuk mendapatkan semua manfaat saat steam .
  3. Tutup mata saat Anda menguapi wajah. Anda akan merasa lebih nyaman, tidak mengalami iritasi mata, dan kelopak mata Anda juga akan mendapatkan manfaat dari uap air.
  4. Setelah selesai, bilas wajah dengan air hangat dan keringkan. Kulit Anda akan menjadi sangat sensitif, jadi keringkan dengan lembut menggunakan handuk. 
  5. Oleskan krim pelembab. Efek pelembab Anda akan meningkat setelah facial steam , Anda juga bisa menggunakan krim anti-aging untuk mendapatkan hasil maksimal.
  6. Pijat wajah dengan lembut. Gunakan jari Anda untuk memijat lembut dahi, pipi, dan leher menggunakan gerakan ke atas. 

Nah, agar manfaat uap air panas untuk wajah dapat lebih maksimal, lakukan aktivitas perawatan wajah ini sebanyak 2-3 kali seminggu.