Lifestyle

Apa Itu NFC? Ini Cara Kerja dan Fungsinya

Editor 4 hari yang lalu 4 Viewer

Selain Bluetooth, Miracast, DLNA, dan lainnya, NFC (Near-Field Communication) adalah salah satu fitur koneksi nirkabel jarak pendek. Apa itu NFC, bagaimana cara kerjanya, dan apa saja fungsinya? Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya. 

Apa Itu NFC dan Bagaimana Cara Kerjanya?

NFC adalah singkatan dari Near-Field Communication, yaitu standar koneksi nirkabel jarak pendek. 

NFC bekerja dengan cara mengirimkan informasi melalui gelombang radio, berdasarkan prinsip yang mirip dengan RFID (Radio-frequency Identification). 

Perangkat NFC harus memenuhi spesifikasi tertentu agar dapat terhubung dengan baik. Teknologi NFC memanfaatkan induksi elektromagnetik untuk mentransmisikan data. Secara singkatnya, ketika dua perangkat NFC bersentuhan, koneksi keduanya akan terbentuk hampir seketika. 

Teknologi NFC sudah digunakan dalam kartu kredit atau debit masa kini. NFC chip berfungsi sebagai salah satu komponen dari tautan nirkabel. 

Setelah diaktifkan oleh chip lain, sejumlah kecil data dapat ditransfer antara dua perangkat yang berjarak beberapa centimeter (kurang dari 4 cm).

Proses koneksi NFC tidak memerlukan kode pasangan dan NFC chip hanya membutuhkan tenaga yang sangat rendah. Hal ini membuatnya jauh lebih hemat energi dibandingkan jenis komunikasi nirkabel lainnya. 

Penggunaan NFC chip dalam kartu kredit untuk pembayaran tanpa kontak sebenarnya bukanlah hal baru. Namun, penerapan NFC dalam perangkat elektronik modern seperti smartphone adalah terobosan terkini. 

Hampir semua produsen sistem operasi seluler kini memiliki aplikasi yang memanfaatkan fungsionalitas NFC secara unik.

Fungsi NFC pada Ponsel

NFC pada iPhone

NFC pada iPhone

NFC mungkin sudah digunakan pada beberapa perangkat lain, seperti kartu kredit, tetapi fitur ini masih tergolong baru di perangkat smartphone

Di bawah ini sejumlah fungsi NFC yang bisa digunakan pada perangkat ponsel pintar Anda. 

1. Transaksi Cardless dan Cek Saldo e-Money

Salah satu penggunaan NFC yang paling populer di Indonesia saat ini adalah untuk memeriksa atau mengisi saldo kartu uang elektronik yang diterbitkan oleh berbagai bank di Indonesia. 

Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang sering menggunakan kartu uang elektronik untuk membayar layanan seperti biaya tol atau transportasi umum seperti Commuterline, MRT, atau sejenisnya. 

Dengan adanya NFC pada smartphone, Anda dapat dengan mudah mengecek dan menambah saldo kartu sebelum menggunakannya.

Aplikasi pembayaran mobile yang paling banyak digunakan saat ini adalah GoPay, ShopeePay, OVO, LinkAja, dan DANA.

2. Berbagi Data dengan Cepat

Teknologi NFC juga menjadi jembatan untuk membantu berbagi data dengan cepat.

NFC memberi kemudahan bagi penggunanya mengirim beragam bentuk dokumen mulai dari foto, video, kontak telepon, dan aplikasi. 

Selain itu, pengiriman dokumen itu bisa dilakukan ke perangkat yang berbeda bentuk, seperti laptop atau komputer. 

Namun, untuk dapat menggunakan fitur ini Anda perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti Android Beam atau NFC Tools. 

Meski demikian, Anda juga bisa berbagi data dengan cukup menempelkan ponsel ke perangkat lain secara bersamaan. 

Sebagai contoh, ada beberapa perusahaan atau kantor yang memakai NFC untuk pencatatan waktu kerja atau presensi. Cukup sentuhkan ponsel Anda ke perangkat tersebut dan pencatatan presensi akan terkonfirmasi.

3. Menghubungkan Ponsel dengan Perangkat Lain

NFC dapat membantu ponsel Anda terhubung ke berbagai perangkat lainnya seperti laptop, TV, speaker, dan lainnya.

Pada teknologi sebelumnya, untuk berbagi foto ke perangkat lain, Anda perlu menyalakan Bluetooth, mencari, dan menghubungkan kedua ponsel. 

Sekarang dengan NFC, Anda hanya perlu menempelkan kedua perangkat, koneksi akan terbentuk dan Anda dapat berbagi gambar, musik, dan lainnya dengan cepat.

Anda juga dapat menempelkan ponsel Anda ke speaker NFC dan speaker tersebut bisa memutar musik dari ponsel. Tidak perlu kabel, tidak perlu melalui prosedur deteksi koneksi yang memakan waktu.

4. Kemampuan Mengisi Daya HP Secara Nirkabel

Salah satu fungsi NFC yang inovatif adalah kemampuannya untuk mengisi ulang baterai ponsel secara nirkabel. 

Ide ini pertama kali diperkenalkan oleh forum NFC pada tahun 2020. Meskipun fitur ini sangat berguna, pengisian daya nirkabel menggunakan NFC masih belum populer penggunaannya. 

Namun, saat ini sudah ada sejumlah ponsel yang mendukung pengisian baterai nirkabel menggunakan NFC di pasaran.

5. Fungsi NFC Lainnya

Di luar negeri, NFC juga digunakan sebagai pengganti kartu transportasi umum, boarding pass, kartu anggota, dan lainnya.

Jika teknologi NFC diintegrasikan ke dalam album musik, pendengar dapat mengakses dan mengunduh album langsung dari perangkat pintar mereka.

Perangkat medis seperti monitor tekanan darah dan pengukur glukosa darah dapat mengirimkan informasi kesehatan ke ponsel melalui NFC. 

NFC digunakan untuk memverifikasi pengguna saat masuk ke komputer atau aplikasi sensitif melalui pemindaian sidik jari atau kode PIN.

NFC dapat digunakan dalam kampanye pemasaran dan iklan, memungkinkan pengguna menyentuhkan ponsel pintar mereka untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang produk atau layanan saat mencarinya.

Selain itu, NFC juga dapat membantu memverifikasi apakah perangkat yang digunakan oleh pengguna tersebut asli atau palsu.

Itulah beberapa kegunaan dan fungsi penting dari NFC yang perlu diketahui. Beragam fitur yang ditawarkan oleh NFC terbukti mendukung berbagai aktivitas sehari-hari kita.

Keunggulan ini menjadikan NFC sebagai salah satu fitur wajib yang harus ada pada ponsel modern. Oleh karena itu, smartphone terbaru dengan fitur NFC bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.