Elektronik Rumah Tangga

Apa itu Teknologi Inverter? Manfaat dan Penggunaannya pada Perangkat

Editor 1 minggu yang lalu 3 Viewer

Saat ini, banyak elektronik rumah tangga seperti kulkas, mesin cuci, dan AC yang menggunakan teknologi inverter. Namun, sebenarnya apa itu teknologi inverter? Kenali lebih lanjut mengenai teknologi inverter lewat artikel berikut ini. 

Apa itu Teknologi Inverter?

Teknologi inverter adalah teknologi yang diterapkan untuk mengontrol kapasitas perangkat guna menghindari pemborosan energi yang tidak perlu. 

Inverter adalah teknologi yang dirancang untuk mengubah arus listrik searah (DC) menjadi arus bolak-balik (AC). 

Singkatnya, alat ini membuat tegangan listrik menjadi lebih stabil, sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan rumah tangga atau bisnis.

Prinsip dasar teknologi inverter adalah mengontrol setiap frekuensi osilasi sesuai dengan desain papan sirkuit internal.

Cara Kerja Inverter

AC teknologi inverter

AC teknologi inverter

Prinsip kerja teknologi inverter relatif sederhana. Pertama, inverter menggunakan sumber daya 1-fase atau 3-fase yang telah direktivikasi dan difilter menjadi sumber 1-arah yang datar. 

Tegangan DC ini kemudian diubah (diinversi) menjadi tegangan AC 3-fase simetris melalui sistem IGBT (insulated-gate bipolar transistor) menggunakan metode pulse width modulation (PWM).

Berkat kemajuan teknologi mikroprosesor dan teknologi semikonduktor daya saat ini, frekuensi perpindahan gelombang dapat mencapai rentang frekuensi ultrasonik. 

Hal ini memberikan operasi yang lancar, mengurangi kebisingan mesin, dan menghemat energi selama operasi.

Keuntungan dan Kekurangan Inverter

Dengan teknologi modern yang canggih, perangkat inverter memiliki keunggulan lebih baik dibandingkan perangkat konvensional. 

Beberapa keuntungan teknologi inverter diantaranya seperti di bawah ini.

  1. Kemampuan menghemat listrik hingga 60% dan operasi yang halus tanpa suara bising. 
  2. AC dan kulkas dengan teknologi Inverter akan membantu mendinginkan dengan cepat dan menjaga suhu tetap stabil. 
  3. Perangkat yang menggunakan teknologi inverter relatif tahan lama dan aman digunakan.

Namun, teknologi ini juga memiliki sejumlah kekurangan sebagai berikut.

  1. Perangkat dengan teknologi inverter umumnya lebih mahal dibandingkan jenis perangkat yang menggunakan teknologi biasa.
  2. Apabila mengalami kerusakan biasa perbaikan perangkat inverter juga relatif lebih tinggi dibandingkan perangkat berteknologi biasa.

Aplikasi Inverter pada Berbagai Perangkat

Kulkas teknologi inverter

Kulkas teknologi inverter

Berikut ini beberapa penggunaan atau aplikasi inverter pada perangkat elektronik rumah tangga.

  • AC (Air Conditioner) teknologi inverter: berdasarkan laporan dari Global Cooling Prize teknologi Inverter membantu kinerja AC berjalan lancar, menjaga suhu ruangan tetap stabil, dan menghemat biaya listrik hingga 30-50%.
  • Kulkas teknologi Inverter: memungkinkan kulkas mendinginkan lebih cepat dan menjaga suhu tetap stabil.
  • Mesin cuci teknologi inverter: mesin cuci dengan teknologi Inverter dapat beroperasi lebih tenang dan efisien dalam penggunaan energi.

Teknologi inverter menjadi pilihan populer karena manfaatnya yang signifikan dalam penghematan energi dan kenyamanan saat bekerja. 

Namun, Anda perlu mempertimbangkan biaya awal dan biaya perbaikan yang lebih tinggi sebelum memutuskan untuk membeli perangkat dengan teknologi ini.