Lifestyle

Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam, Hasil Lebih Maksimal

Editor 1 minggu yang lalu

Demi menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah, setiap orang perlu rutin menggunakan beberapa produk perawatan kulit. Namun, penggunaan produk skincare ini tidak bisa asal-asalan. Ada urutan pemakaian skincare yang benar agar hasilnya lebih optimal. Mari kita pelajari tahapan skincare dan cara penggunaan skincare yang tepat secara mendetail melalui penjelasan berikut.

BACA JUGA: 5 Tata Cara Menggunakan Masker Wajah dengan Benar

Urutan Pemakaian Skincare yang Benar

Urutan pakai skincare yang benar

Urutan pakai skincare yang benar

Skincare merupakan rangkaian aktivitas perawatn kulit menggunakan produk yang mengandung bahan aktif seperti AHA, BHA, PHA, retinol, niacinamide, dan hyaluronic acid.

Produk-produk ini tidak hanya berfungsi untuk memperbaiki dan mengembalikan kondisi kulit, tetapi juga untuk menjaga kesehatan  kulit secara menyeluruh.

Dengan banyaknya produk perawatan kulit yang ada, tentu Anda ingin memilih yang terbaik untuk kulit Anda. Lantas. bagaimana urutan aplikasi yang tepat?

Mengutip Cleveland Clinic, dokter kulit kosmetik dan bedah, Kiyanna Williams, MD, menjelaskan urutan memakai skincare yang benar.

Pemakaian Skincare Pagi

Pada dasarnya, penggunaan dan urutan pakai skincare yang tepat harus dibedakan antara pagi dan malam hari. Di pagi hari, skincare lebih berfokus pada menjaga dan melindungi kulit dari paparan polusi udara serta sinar ultraviolet matahari.

Berikut adalah urutan pemakaian skincare pagi yang benar:

 

1. Cleanser

 

Sabun pembersih wajah atau cleanser adalah produk yang harus digunakan pertama kali dalam rutinitas skincare pagi. Produk ini berfungsi untuk membersihkan wajah dari kotoran dan minyak yang menumpuk selama malam hari saat tidur.

 

2. Toner

 

Toner berguna membantu menghilangkan sisa kotoran dan minyak yang masih menempel di kulit wajah. Selain itu, toner juga berfungsi untuk membantu mengembalikan pH kulit wajah ke tingkat normal.

 

3. Essence dan Serum Wajah

 

Essence berfungsi untuk menyeimbangkan pH dan kelembapan kulit wajah, sedangkan serum mengandung bahan aktif yang memenuhi kebutuhan nutrisi kulit.

Karena teksturnya yang lebih cair dan ringan, Anda disarankan untuk menggunakan essence terlebih dahulu.

 

4. Pelembap

 

Pelembap berfungsi untuk melembapkan kulit dan mencegah kekeringan. Saat menggunakan pelembap, sebaiknya lakukan pijatan ringan dari leher menuju dahi.

Hal ini bertujuan untuk membantu penyerapan nutrisi dari pelembap secara optimal dan memperlancar sirkulasi darah di wajah.

 

5. Sunscreen

 

Langkah terakhir dalam rutinitas skincare pagi adalah mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen secara merata di seluruh wajah.

Langkah ini sangat penting untuk melindungi kulit dari dampak sinar ultraviolet matahari, seperti terbakar dan penuaan dini.

Disarankan untuk memilih tabir surya dengan SPF minimal 30 agar perlindungan terhadap sinar ultraviolet lebih efektif. Selain itu, oleskan tabir surya 15–30 menit sebelum keluar ruangan untuk memastikan produk menyerap dengan baik ke dalam kulit sebelum terkena sinar matahari.

Pemakaian Skincare Malam

Urutan pemakaian masker malam hari

Urutan pemakaian masker malam hari

Berbeda dengan skincare pagi yang bertujuan melindungi kulit dari sinar UV dan polusi udara, skincare malam lebih fokus pada pembersihan dan penenangan kulit wajah setelah beraktivitas sepanjang hari. Berikut adalah urutan skincare yang benar pada malam hari.

 

1. Make Up Remover

 

Langkah pertama dalam rutinitas skincare malam adalah menghapus produk kosmetik atau make-up dengan menggunakan make-up remover

Caranya adalah dengan menuangkan make-up remover ke kapas, lalu mengusap kapas tersebut secara lembut pada wajah untuk membersihkan sisa kosmetik.

 

2. Cleanser

 

Langkah berikutnya adalah menggunakan cleanser untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran dan residu make-up. Setelah itu, keringkan wajah dengan tisu atau handuk bersih sebelum melanjutkan dengan produk skincare lainnya.

 

3. Eksfoliasi

 

Eksfoliasi wajah untuk mengangkat sisa kotoran dan sel-sel kulit mati. Eksfoliasi dapat dilakukan dengan dua metode, yaitu physical exfoliation menggunakan scrub wajah atau chemical exfoliation dengan produk yang mengandung AHA, BHA, PHA, dan sejenisnya.

 

4. Toner

 

Mirip dengan rutinitas skincare pagi, toner dalam skincare malam berfungsi untuk melembapkan dan menyeimbangkan pH kulit wajah. Pilihlah toner yang mengandung gliserin, asam laktat, dan asam hialuronat untuk melembapkan kulit wajah secara optimal.

 

5. Krim Malam

 

Langkah terakhir dalam rutinitas skincare malam adalah menggunakan pelembap atau krim malam. Biasanya, krim malam digunakan untuk mengurangi kerutan, melembapkan kulit, atau memudarkan noda hitam di wajah.

Itulah urutan pemakaian skincare yang penting untuk dipahami baik di pagi maupun malam hari. Disarankan untuk menggunakan skincare secara rutin dan menyesuaikannya dengan kondisi kulit masing-masing individu.