Perkakas Dapur

Penting Diketahui! Ini Cara Mengatasi Gas Mendesis Tanpa Regulator

Editor 1 minggu yang lalu 2 Viewer

Apabila kamu mendengar bunyi mendesis saat menggunakan kompor gas, itu bisa menjadi tanda adanya kebocoran gas dari tabung. Kebocoran gas adalah masalah serius yang perlu segera ditangani untuk menghindari risiko kebakaran atau ledakan.

Ada beberapa penyebab tabung gas mendesis tanpa regulator yang penting untuk Anda ketahui. Kira-kira apa saja? Berikut penjelasannya. 

Penyebab Tabung Gas Mendesis Tanpa Regulator 

Jika Anda mendengar tabung gas yang mendesis tanpa regulator, ada dua penyebab utama dibaliknya. 

1. Karet seal yang rusak 

Penyebab pertama dari tabung gas mendesis tanpa regulator yaitu karet seal yang berfungsi untuk menutup katup dengan rapat telah rusak atau aus. 

Apabila karet seal rusak, kondisi ini dapat mengakibatkan adanya kebocoran gas sehingga menyebabkan suara mendesis yang terdengar. 

BACA JUGA: Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin dan Lainnya di Rumah

2. Adanya kotoran pada bagian katup 

Selain karet seal yang rusak, penyebab lainnya dari tabung gas yang mendesis tanpa regulator yaitu karena adanya kotoran atau benda yang mengganjal pada bagian klep katup. 

Contohnya seperti kerikil, kertas, ataupun benda kecil lainnya yang bisa dapat masuk ke dalam katup dan mengganggu operasi katup dengan sempurna. 

Hal ini pun akan menghasilkan suara mendesis pada gas karena adanya gangguan pada penutupan katup.

Anda perlu memperhatikan kedua penyebab di atas karena selain bisa menyebabkan suara yang mengganggu, kebocoran atau gangguan pada katup tabung gas bisa berpotensi adanya masalah keamanan maupun efisiensi penggunaan tabung gas tersebut.  Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

BACA JUGA: 9 Masalah dan Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak 

Cara Mengatasi Tabung Gas Mendesis tanpa Regulator 

Tabung Gas Mendesis tanpa Regulator

Tabung Gas Mendesis tanpa Regulator

Apabila Anda mendengar tabung gas mendesis tanpa regulator, segera atasi masalah tersebut. Berikut ini cara-cara yang harus dilakukan untuk mengatasi tabung gas yang mendesis tanpa regulator.

1. Hindari Menyalakan Api dan Listrik

Saat mendeteksi atau menduga adanya tabung gas mendesis tanpa regulator, sangat penting untuk tidak menyalakan atau mematikan sumber api apa pun di sekitar, termasuk kompor, lilin, rokok, atau sumber api lainnya. Hal ini dikarenakan gas memiliki sifat mudah terbakar dan dapat menyebabkan ledakan jika terpapar api.

Setelah itu, pastikan untuk menjauhkan barang-barang yang mudah terbakar seperti korek api, kertas, kain, kayu, atau material lainnya yang dapat menjadi sumber api jika terkena gas yang bocor.

2. Mengganti Karet Seal 

Cara lain untuk mengatasi tabung gas yang mendesis tanpa regulator yaitu ganti karet seal yang mungkin sudah rusak atau aus. 

Pertama, Anda perlu memeriksa dengan teliti karet seal pada katup tabung gas. Apabila terlihat adanya kerusakan, tanda karet seal yang aus, ataupun perubahan bentuk karet seal yang tidak normal, maka kemungkinan besar ini merupakan penyebab kebocoran gas.

Untuk mengatasinya, segera ganti karet seal yang rusak dengan yang baru. Saat mengganti karet seal, pastikan bahwa karet seal yang baru memiliki kualitas baik dan sesuai dengan jenis tabung gas yang Anda gunakan. 

Proses mengganti karet seal sendiri relatif sederhana dan dapat dilakukan dengan hati-hati menggunakan alat yang sesuai. Pastikan karet seal terpasang kencang dan sempurna. 

3. Rendam Tabung Gas yang Mendesis 

Merendam tabung gas yang mendesis tanpa regulator di dalam air adalah salah satu cara untuk mengatasi tabung gas yang bocor jika kebocoran yang mungkin sulit ditemukan dengan cara lain. 

Amati dengan cermat adanya gelembung gas yang muncul dari tabung gas yang terendam. Gelembung ini menunjukkan adanya kebocoran gas dari tabung. 

Cara untuk mengatasinya yakni dengan mengganti tabung gas dengan yang baru dan tidak bocor atau Anda bisa mengoles air sabun pada bagian katup tabung gas. 

4. Membersihkan Kotoran pada Klep Tabung gas

Cara kedua untuk mengatasi tabung gas yang mendesis tanpa regulator yaitu dengan mengeluarkan kotoran yang mungkin mengganjal di dalam klep tabung gas. Suara mendesis yang muncul sering kali jadi tanda adanya kebocoran gas yang disebabkan karena adanya gangguan pada katup gas. 

Untuk mengatasinya, hal yang perlu Anda lakukan yaitu mengeluarkan kotoran atau benda yang mengganjal katup secara hati-hati. Anda bisa mengeluarkannya dengan menggunakan sumpit untuk menekan beda tersebut secara perlahan agar bisa keluar dari klep dengan sendirinya. 

Penting untuk melakukannya dengan hati-hati agar Anda tidak membuat kotoran atau benda tersebut malah masuk lebih dalam atau bahkan merusak katup tabung gas. 

Anda juga disarankan untuk melakukan ini di ruangan yang terbuka atau yang mempunyai ventilasi udara yang baik.

Jika kotoran atau benda yang mengganjal tersebut sudah keluar dari katup, periksa kembali tabung gas untuk memastikan bahwa suara mendesis sudah tidak lagi terdengar. 

Namun, apabila suara mendesis masih terdengar atau bahkan terdengar tidak normal, maka sebaiknya Anda memanggil teknisi yang berpengalaman untuk bisa memeriksa kondisi tabung gas lebih lanjut. 

Itu dia penyebab tabung gas mendesis serta cara untuk mengatasinya. 

Memahami dan mengikuti langkah-langkah ini dapat membantu menjaga keamanan rumah Anda saat menghadapi situasi kebocoran gas yang memungkinkan untuk menghindari risiko kebakaran atau ledakan yang serius.