Elektronik Rumah Tangga

9 Masalah dan Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak

Editor 4 hari yang lalu 5 Viewer

Hampir setiap rumah tangga pasti memiliki satu unit kipas angin. Biasanya, kipas angin jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang mudah mengalami kerusakan. Apa saja jenis kerusakannya? Berikut berbagai masalah pada kipas angin listrik dan cara memperbaikinya.

Masalah dan Cara Memperbaiki Kipas Angin

Di bawah ini masalah umum saat menggunakan kipas angin listrik dan cara memperbaikinya di rumah. 

1. Cara memperbaiki kipas angin mati total

Penyebab dari masalah ini bisa disebabkan karena daya listrik rumah kurang atau colokannya kendor. Selain itu, penyebabnya juga bisa disebabkan oleh tombol kipas yang sudah rusak.

Untuk mengatasi masalah ini, pertama-tama, Anda harus memeriksa sumber listrik seperti sekring atau CMB, untuk melihat apakah semuanya dalam kondisi menyala. 

Selain itu, Anda perlu mengecek apakah voltasenya mencukupi atau tidak. Setelah menentukan penyebab pastinya, Anda dapat memperbaikinya di tempat (jika memungkinkan) atau membawa perangkat untuk diperbaiki di agen reparasi terpercaya.

2. Cara memperbaiki tombol pengatur kecepatan kipas rusak

tombol pengatur kecepatan rusak

tombol pengatur kecepatan rusak

Akibat gesekan selama penggunaan jangka panjang, bagian logam pada sambungan tombol kipas angin menjadi aus. 

Lama kelamaan ini mengakibatkan logam jadi berkarat dan kotor sehingga menyebabkan daya listrik susah tersambung. 

Pada beberapa kasus lain, ini mungkin disebabkan oleh papan sirkuit kipas yang rusak.

  • Untuk mengatasi masalah tersebut, gunakan oli pelumas dan semprotkan ke dalam lubang lekukan tombol kipas.
  • Tekan tombol berkali-kali untuk membersihkan karat tembaga dan menghilangkan kotoran.
  • Jika disebabkan oleh logam yang terkorosi karena listrik, maka Anda perlu mengganti tombol pengatur kecepatan itu.

3. Cara mengatasi pengubah arah kipas rusak

Pengarah atau pengubah turbine angin biasanya terbuat dari plastik sehingga tombol ini mudah pecah atau rontok dalam jangka panjang. Selain itu, dinamo dapat rusak bila perangkat terkena benturan keras.

Satu-satunya solusi masalah ini adalah dengan melumasi roda gigi bagian dalam dan kemudian membeli penutup plastik baru. Jika tidak, Anda mungkin harus mengganti seluruh tombol pengubah turbine angin.

4. Cara mengatasi bilah kipas copot 

Bilah kipas yang berputar pada kecepatan maksimal dalam jangka panjang dapat menyebabkan keausan dan bisa copot. 

Selain itu, komponen yang tidak dipasang dengan benar juga menyebabkan bilah kipas terlepas dari porosnya saat dioperasikan.

Anda perlu mengganti spindelnya untuk mengatasi hal ini. Penggantian ini mengharuskan Anda mempunyai keahlian dalam perbaikannya.  Oleh karena itu, Anda dapat membawanya ke agen servis terpercaya untuk memperbaikinya. 

5. Cara memperbaiki turbine kipas angin panas 

Mungkin karena Anda terlalu lama menggunakan kipas angin dengan kecepatan maksimal secara terus menerus.  Pada beberapa kasus lainnya, ini bisa disebabkan oleh motor yang macet atau motor kipas yang kering. 

Sehingga, hal itu menimbulkan terlalu banyak gesekan saat berputar dan menciptakan efek termal yang membuat turbine kipas menjadi lebih panas. Hindari menyalakan kipas angin dengan kecepatan tinggi selama berjam-jam. 

Selain itu, sebaiknya lepas motor kipas dan gunakan oli untuk melumasi motor agar bagian tersebut tidak terlalu panas sehingga menimbulkan bahaya saat digunakan.

6. Cara memperbaiki kipas angin bergetar

Kipas berdiri biasanya bisa mengalami masalah bergetar kencang setelah digunakan dalam jangka panjang.

Penyebab utamanya dalam masalah ini lantaran sekrup yang kendor, sambungan yang kendor, atau ketinggian kipas yang tidak sesuai.

Kesalahan ini mudah diatasi dengan memeriksa dan mengencangkan sekrup atau sambungan.  Secara khusus, Anda perlu menghindari menyalakan kipas di kecepatan maksimum dalam waktu yang lama.

7. Cara memperbaiki kipas tidak berputar dan berdengung

kipas tidak berputar dan berdengung

kipas tidak berputar dan berdengung

Ketika poros putar dan kuningan tidak lagi terhubung satu sama lain, biasanya kipas tidak akan berputar dan menimbulkan suara bising saat mesin dinyalakan. 

Selain itu, penyebabnya mungkin berasal dari oli yang kering atau masalah pada poros putar. 

Dalam jangka waktu yang lama, kipas kekurangan pelumas dan menyebabkan terjadinya gesekan, mengurangi kecepatan putaran kipas, dan menyebabkan mesin kipas tidak berputar.

Solusinya, Anda dapat melepas kipas dan melumasi bantalannya untuk mengatasi masalah kipas tidak berputar dan menimbulkan suara berdengung. 

Selain itu, Anda perlu membersihkan kipas secara berkala untuk menghindari debu dan kotoran tebal yang menyumbat bagian dalam kipas.

8. Cara memperbaiki dinamo kipas angin terbakar

Dinamo kipas angin terbakar kemungkinan disebabkan oleh daya listrik yang tidak stabil.  Selain itu, saat kipas sudah digunakan dalam waktu lama, kabel internalnya akan aus dan rusak seiring berjalannya waktu.

Untuk mengatasi masalah ini, beli dan ganti dinamo kipas yang baru. Pada saat proses pemasangan, Anda perlu memperhatikan bagian depan dan belakang kumparan untuk memasangnya dengan benar agar tidak terbalik.

9. Cara memperbaiki kabel listrik kipas putus

Beberapa jenis kipas angin cenderung memiliki kabel berkualitas buruk yang mudah getas dan pecah setelah digunakan dalam jangka lama.

Penyebab lainnya bisa jadi kabel kipas angin digigit hewan pengerat atau hewan lainnya sehingga menyebabkan kerusakan pada kabel listrik.

Anda perlu mengganti kabel dengan kabel baru apabila sudah pecah dan rusak. Selain itu, sebaiknya letakkan kipas angin di tempat yang sejuk dan kering. 

Secara khusus, Anda harus memilih merek kipas angin listrik yang memiliki reputasi baik untuk menghindari membeli produk berkualitas buruk. Anda dapat memilih jenis kipas angin terbaik yang tersedia di Erablue!