Lifestyle

7 Cara Mengikat Dasi untuk Acara Formal dan Santai

Editor 4 hari yang lalu 1 Viewer

Dasi merupakan aksesori fashion formal pria yang sangat diperlukan saat mengenakan jas, terutama pada upacara, pesta, pertemuan, dan sebagainya. Namun, tidak semua orang mengetahui cara mengikat dasi yang benar. Simak petunjuk berbagai cara mengikat dasi berikut ini. 

Four in Hand Knot

Dasi Four in Hand Knot

Dasi Four in Hand Knot

Gaya Four in Hand Knot sangat cocok untuk kerah sempit, memungkinkan Anda tampil percaya diri dalam berbagai kesempatan seperti pesta dan pertemuan.

Anda bisa menggunakan metode mengikat dasi ini apabila menghadiri acara atau pesta modern yang cukup memiliki banyak aktivitas. 

Pasalnya, ukuran simpul yang kecil dan bentuk dasi yang sedikit asimetris, akan cukup sesuai jika dibandingkan untuk acara-acara yang lebih formal dan khidmat. 

Cara mengikat dasi Four in Hand Knot

Cara Mengikat Dasi Four in Hand Knot

Cara Mengikat Dasi Four in Hand Knot

Di bawah ini adalah cara mengikat Four in Hand Knot dengan cepat hanya dalam tujuh langkah sederhana.

Langkah 1: Pertama, buka kerah Anda, pegang dasi di kedua tangan Anda dan letakkan sisi lebar dasi di sisi kanan, sedangkan sisi yang lebih kecil di sebelah kiri kerah sekitar 30 cm lebih tinggi dari sisi kanan.

Langkah 2: Kemudian silangkan ujung yang lebar ke ujung yang sempit.

Langkah 3: Lilitkan ujung yang lebar ke ujung yang sempit.

Langkah 4: Tangan kanan masih memegang ujung pelat lebar dan menarik bagian belakang kedua pelat di bagian leher.

Langkah 5: Kemudian, tarik ujung yang lebar ke atas dan melewati lingkaran di leher Anda.

Langkah 6: Pegang bagian depan simpul dengan longgar menggunakan jari telunjuk Anda dan turunkan ujung lebar melalui simpul depan.

Langkah 7: Terakhir, lepaskan jari Anda dan kencangkan simpul secara hati-hati ke kerah dengan memegang ujung yang sempit dan menggeser simpul ke atas.

Pratt

Dasi Pratt

Dasi Pratt

Pratt Knot adalah gaya yang bisa dibawa kemana saja dan cocok untuk segala situasi. Anda dapat dengan bebas memadukannya dengan kemeja favorit Anda. 

Dengan bentuk segitiga, simpul ini sedikit lebih longgar dibandingkan model Windsor sehingga lebih mudah untuk dilepaskan. 

Oleh karena itu, cara mengikat ini sangat cocok untuk saat-saat ingin jalan-jalan dan berkumpul bersama teman sepulang kerja.

Gaya Pratt ini cocok untuk dasi dengan ketebalan sedang. Setelah selesai mengikat, simpul di tengahnya akan berukuran cukup lebar, tetapi lebih besar dari simpul Four in Hand Knot dan lebih kecil dari simpul Half Windsor.

Cara mengikat dasi Pratt 

Cara Mengikat Dasi Pratt

Cara Mengikat Dasi Pratt

Langkah 1: Tempatkan dasi di sisi kanan dan ikat di kerah Anda. Cara mengikat Pratt ini dimulai dengan meletakkan dasi sisi lebar di sisi kanan dan sisi sempit di sisi kiri.

Langkah 2: Periksa posisi ujung lebar. Biarkan ujung yang lebar menyentuh kelopak mata bawah gesper ikat pinggang Anda. Namun, Anda masih bisa menambah atau mengurangi sekitar 2,5 hingga 5 cm.

Langkah 3: Silangkan versi lebar dengan versi sempit. Anda memindahkan ujung pelat lebar secara diagonal ke kiri dan di bawah pelat sempit.

Langkah 4: Pindahkan versi lebar ke atas, ikat dasi sisi sempit di simpul dekat kerah.

Langkah 5: Lipat lembaran lebar dari sisi kiri ke sisi kanan. Ini menyembunyikan sisi jahitan panel lebar di bagian belakang.

Langkah 6: Tarik sisi lebar ke atas dan ke belakang perpotongan kedua panel tepat di tempat kerah Anda berada.

Langkah 7: Bawa ujung lebar ke bawah di depan Anda melalui celah pada simpul.

Langkah 8: Geser simpul ke atas untuk menyesuaikannya sehingga tepat di tengah kerah. Tarik strip lebar ke bawah untuk mengencangkan simpul.

Half Windsor

Dasi Half Windsor

Dasi Half Windsor

Cara mengikat dasi ala Half Windsor ini cocok dikenakan di acara-acara penting. Ini adalah variasi dari simpul Windsor tradisional.

Selain itu, keunggulan dari simpul Windsor tradisional adalah model ini cocok untuk semua jenis kerah karena gerakan mengikatnya lebih sederhana dan ringkas. Cocok untuk semua jenis dasi kecil, sedang, besar dan juga berbagai jenis kain.

Cara mengikat dasi Half Windsor 

Cara Mengikat Dasi Half Windsor

Cara Mengikat Dasi Half Windsor

Langkah 1: Pertama, pegang kedua sisi dasi di tangan Anda, buka kerah dan lingkarkan di leher Anda. Bagian dasi yang lebar berada di sisi kanan dan ditempatkan sekitar 30 cm lebih rendah dari bagian sempit (kecil) di sebelah kiri.

Langkah 2: Pegang ujung dasi yang lebar di sisi kiri dan silangkan di atas sisi dasi yang sempit.

Langkah 3: Lipat bagian dasi yang lebar ke belakang bagian yang sempit dan tarik ke kanan seperti posisi pertama. Sisi jahitan panel lebar sekarang akan terlihat di depan.

Langkah 4: Pegang bagian dasi yang lebar dan tarik ke atas melewati leher dan pegang erat-erat di persimpangan simpul.

Langkah 5: Masukkan panel lebar ke dalam dan tarik ke bawah sisi kiri.

Langkah 6: Ambil tepi lebar dan lipat lagi ke bagian depan simpul.

Langkah 7: Tarik lebar simpul ke belakang untuk kedua kalinya.

Langkah 8: Perluas simpulnya sedikit dan masukkan potongan lebar dari atas ke bawah melalui simpul.

Langkah 9: Satu tangan memegang piring kecil, tangan lainnya memegang simpul dengan lembut dan mendorongnya ke atas kerah. Sesuaikan simpul dengan erat dan remas perlahan hingga membentuk lesung kecil di depan simpul.

Full Windsor

Dasi Full Windsor

Dasi Full Windsor

Ini adalah cara ideal untuk mengikat dasi untuk acara formal dan khidmat. Simpulnya tebal, lebar, berbentuk segitiga, dan simetris sempurna. 

Cara mengikat ini sangat cocok untuk kemeja berleher lebar dan sering muncul di pesta pernikahan, pidato, dan pertemuan penting.

Cara mengikat ini cukup rumit karena harus menutupi seluruh kancing atas kemeja dan harus terletak tepat di antara kedua ujung kerah Anda.

Cara mengikat dasi Full Windsor 

Cara Mengikat Dasi Full Windsor

Cara Mengikat Dasi Full Windsor

Langkah 1: Pertama, pegang dasi di tangan Anda, buka kerah dan lingkarkan di leher Anda. Bagian dasi yang lebar berada di sisi kanan dan ditempatkan sekitar 30 cm lebih rendah dari bagian sempit (kecil) di sebelah kiri.

Langkah 2: Pegang ujung dasi yang lebar di sisi kiri dan letakkan di depan ujung yang sempit.

Langkah 3: Lipat bagian dasi yang lebar ke belakang bagian yang sempit dan tarik ke kanan seperti posisi pertama. Sisi jahitan panel lebar sekarang akan terlihat di depan.

Langkah 4: Pegang bagian dasi yang lebar dan tarik ke atas melewati leher dan pegang erat-erat di persimpangan simpul.

Langkah 5: Masukkan sisi lebar ke dalam dan tarik ke bawah sisi kiri.

Langkah 6: Ambil tepi lebar dan lipat lagi ke bagian depan simpul.

Langkah 7: Tarik lebar simpul ke belakang untuk kedua kalinya.

Langkah 8: Perluas simpulnya sedikit dan masukkan potongan lebar dari atas ke bawah melalui simpul.

Langkah 9: Satu tangan memegang piring kecil, tangan lainnya memegang simpul dengan lembut dan mendorongnya ke atas kerah. Sesuaikan simpul dengan erat dan remas perlahan hingga membentuk lesung pipit kecil di depan simpul.

BACA JUGA: 7 Model Kacamata Kekinian Wajib Punya, Bisa untuk Pria dan Wanita

Balthus 

Dasi Balthus

Dasi Balthus

Ini adalah salah satu model simpul tersulit dengan 11 langkah. Dasi Balthus merupakan dasi yang digunakan oleh para bangsawan di Eropa pada masa lalu. 

Dasi jenis ini menghadirkan keanggunan, kesopanan, dan kesederhanaan. Anda bisa mengikatnya dengan gaya Balthus agar sesuai dengan acara penting dengan banyak orang.

Cara mengikat dasi Balthus 

Cara Mengikat Dasi Balthus

Cara Mengikat Dasi Balthus

Langkah 1: Letakkan dasi di leher Anda dengan jahitan menghadap ke luar. Ujung yang lebar harus menggantung sekitar 30 cm lebih rendah dari ujung yang sempit. 

Langkah 2: Kemudian silangkan ujung dasi yang sempit ke ujung dasi yang lebar.

Langkah 3: Tarik ujung lebar melalui celah antara kerah dan dasi

Langkah 4: Tarik ujung yang lebar ke bawah berlawanan dengan sisi yang berlawanan dari ujung yang sempit.

Langkah 5: Kemudian ambil lagi ujung yang lebar dan tarik melalui celah antara kerah dan dasi. Kali ini gunakan sisi sebaliknya seperti yang Anda lakukan pada langkah 2.

Langkah 6: Tarik ujung yang lebar ke bawah berlawanan dengan ujung yang sempit.

Langkah 7: Tarik potongan besar ke atas dan masukkan ke dalam tombol seperti yang ditunjukkan pada gambar 7.

Langkah 8: Kemudian tarik kembali ujung yang lebar dan tarik melalui celah antara kerah dan kemeja. Pada dasarnya Anda mengulangi langkah 2.

Langkah 9: Sekarang mari kita buat lingkaran untuk mengencangkan simpulnya. Untuk melakukannya, tarik ujung yang lebar ke sekeliling ujung yang sempit.

Langkah 10: Ambil ujung yang lebar, dan sekali lagi, ambil melalui celah antara kerah dan kemeja. Jangan menariknya dulu

Langkah 11: Dorong ujung lebar melewati lingkaran di atas simpul. Tarik perlahan dengan kencang. Sesuaikan simpul sesuai keinginan Anda dan letakkan di tengah kerah Anda.

Cafe 

Dasi Cafe

Dasi Cafe

Seperti namanya, gaya dasi ini populer di kalangan pelanggan yang sering mengunjungi kafe di awal abad ke-20. 

Cara mengikat dasi ini cukup bergaya dan rumit, bertujuan untuk menarik perhatian. Dasi jenis ini lebih cocok untuk jas bergaya kasual atau jaket olahraga atau bahkan kaos lengan pendek. 

Namun, perlu diperhatikan bahwa model ini tidak cocok untuk dibawa ke kantor atau acara formal sejenisnya.

Cara mengikat dasi Cafe

Cara Mengikat Dasi Cafe

Cara Mengikat Dasi Cafe

Langkah 1: Letakkan dasi di kerah dengan sisi tanpa jahitan menghadap ke atas, potongan besar di kanan, potongan kecil di kiri.

Langkah 2: Silangkan potongan kecil ke atas potongan besar dan putar kembali ke kancing.

Langkah 3: Tarik potongan kecil ke depan dan lipat ke belakang potongan besar.

Langkah 4: Lingkarkan potongan kecil ke atas dan tarik hingga pas dengan kancing.

Langkah 5: Tarik potongan kecil ke luar dan ke kiri.

Langkah 6: Lingkarkan potongan kecil di belakang potongan besar.

Langkah 7: Tarik potongan kecil dan masukkan ke dalam kancing.

Langkah 8: Masukkan potongan kecil ke dalam kancing kecil di bagian belakang dasi.

Langkah 9: Tarik potongan kecil ke bawah.

Langkah 10: Lengkungkan potongan besar.

BACA JUGA: Daftar Jenis-Jenis Kain yang Digunakan untuk Membuat Pakaian

Trinity

Dasi Trinity

Dasi Trinity

Seperti gaya Cafe, dasi Trinity juga memiliki bentuk yang unik karena menghasilkan 3 sudut yang simetris, bukan 1 sudut lurus seperti simpul biasa.

Setelah selesai mengikat, Anda akan melihat simpulnya cukup besar. Anda juga sebaiknya hanya menggunakan metode mengikat ini di acara sehari-hari, bukan di tempat formal.

Cara mengikat dasi Trinity

Cara Mengikat Trinity

Cara Mengikat Trinity

Langkah 1: Letakkan dasi di kerah dengan sisi tanpa jahitan menghadap ke atas, potongan besar di kanan, potongan kecil di kiri.

Langkah 2: Lipat potongan kecil ke atas potongan besar dan masukkan melalui simpul dari bawah.

Langkah 3: Tarik potongan kecil ke luar ke kanan.

Langkah 4: Lipat potongan kecil ke belakang potongan yang lebih besar.

Langkah 5: Geser potongan kecil ke atas.

Langkah 6: Tarik potongan kecil melewati tombol dan bawa ke kanan.

Langkah 7: Lipat potongan kecil ke atas potongan besar dan tarik simpul dari bawah ke atas.

Langkah 8: Tarik keluar potongan kecil dan masukkan ke dalam kancing.

Langkah 9: Letakkan potongan kecil di belakang potongan besar.

Langkah 10: Geser potongan kecil ke atas kancing seperti yang ditunjukkan pada gambar 10.

Langkah 11: Tarik potongan kecil untuk membuat simpul.

Langkah 12: Ikat simpul dan sesuaikan dasinya.

Itu dia sejumlah cara mengikat dasi pria yang patut untuk Anda coba. Perlu diingat Anda perlu menyesuaikan model ikat dasi dengan tema dan formalitas acara yang Anda hadiri.