Lifestyle

Daftar 10 Bahan Kue, Lengkap dan Wajib Dimiliki di Dapur

Editor 1 minggu yang lalu 1 Viewer

Saat ini, bahan-bahan untuk membuat kue mudah ditemukan di pasaran. Bagi Anda yang ingin baking kue, penting untuk memilih bahan yang tepat agar hasil kue lezat. Kira-kira apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan? Yuk intip apa saja daftar bahan lengkap untuk membuat kue.

Daftar Bahan Lengkap untuk Membuat Kue 

Penting untuk memasukkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue. Karena jika melewatkan satu bahan penting, bisa saja hasil akhir kue jadi tidak sesuai ekspektasi atau bahkan gagal. 

Berikut ini bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuat kue.

1. Tepung Serbaguna

Tepung Serbaguna untuk Kue

Tepung Serbaguna untuk Kue

Tepung serbaguna atau yang dikenal dengan tepung protein sedang adalah bahan yang sangat fleksibel dan bisa digunakan untuk berbagai jenis pembuatan kue, mulai dari kue kering hingga roti. 

Jika ingin hasil baking jadi lebih optimal dan memuaskan, Anda disarankan untuk menggunakan jenis tepung yang sesuai dengan resep yang sedang Anda kerjakan. Pasalnya, tepung yang tepat dapat mempengaruhi tekstur, rasa, dan kualitas akhir kue yang dibuat. 

2. Baking Powder

Baking powder untuk pengembang kue

Baking powder untuk pengembang kue

Bahan berikutnya yang termasuk ke dalam daftar bahan untuk membuat kue yaitu baking powder.

Baking powder adalah bahan yang penting dalam pembuatan kue. Baking powder sendiri tersedia dalam dua jenis, yaitu single-acting dan double-acting

Baking powder single-acting bereaksi segera setelah terkena cairan sehingga adonan kue yang menggunakan jenis ini harus segera dipanggang atau dikukus.

Di sisi lain, baking powder double-acting bereaksi saat terkena cairan dan kemudian menghasilkan gelembung gas saat dipanaskan di dalam oven, sehingga hasil kue biasanya lebih mengembang dan memiliki tekstur yang lebih baik. 

3. Gula Pasir 

Gula bahan pelengkap kue yang penting

Gula bahan pelengkap kue yang penting

Bahan berikutnya untuk membuat kue yaitu gula pasir. Pemanis dasar ini digunakan dalam hampir semua jenis produk baking

Penggunaan gula pasir sangat penting karena gula pasir tidak hanya memberikan rasa manis, tetapi juga mempengaruhi tekstur dan warna akhir dari produk kue. 

Maka dari itu, sangat penting untuk selalu memiliki stok gula pasir di dapur agar Anda selalu siap untuk membuat berbagai macam kue dan makanan manis kapan saja. 

4. Garam 

Garam untuk bahan kue

Garam untuk bahan kue

Garam adalah satu satu bahan untuk membuat kue yang penting. Walau sering kali tidak digunakan untuk menambah rasa dalam produk baking, fungsi garam tetap penting karena garam dapat memaksimalkan proses pengolahan adonan. 

Garam akan membantu aktivitas ragi dan memperkuat gluten dalam adonan, yang pada akhirnya berkontribusi pada tekstur dan kualitas akhir roti. Dengan begitu, keberadaan garam sangat penting untuk mencapai hasil baking yang optimal. 

5. Baking Soda

Baking soda termasuk ke dalam daftar bahan kue lengkap juga. Baking soda merupakan bahan yang sangat berguna untuk pembuatan kue karena kemampuannya untuk membuat adonan mengembang. 

Ini terjadi karena baking soda menghasilkan gas karbondioksida (CO2) saat bereaksi dengan bahan asam dalam adonan. 

Selain itu, baking soda juga memberikan manfaat tambahan dalam pembuatan kue kering yaitu dengan membantu menciptakan tekstur yang lebih renyah. 

Baking soda dapat digunakan bersama dengan baking powder atau bahkan sebagai penggantinya dalam beberapa resep. Namun, baking powder tidak dapat menggantikan fungsi baking soda

BACA JUGA: 8 Alat Seduh Kopi Terbaik 2024 yang Pemula Wajib Pemula

6. Ragi 

Salah satu bahan pengembang lainnya dalam daftar bahan untuk membuat kue yaitu ragi. 

Ragi adalah bahan yang penting dalam baking, khususnya jika Anda ingin membuat roti. Berbeda dengan baking powder atau baking soda, ragi bekerja dengan cara yang lebih lambat dan memerlukan waktu lebih lama untuk mengembangkan adonan. 

Ada berbagai jenis yang tersedia, namun untuk kemudahan dan kepraktisan dalam baking di rumah, menggunakan ragi instan adalah pilihan terbaik karena dirancang untuk langsung dicampurkan dengan bahan kering sehingga mempermudah proses pembuatan roti. 

Dengan menyediakan ragi instan di dapur, Anda bisa memuat berbagai jenis roti dan produk baking lainnya dengan mudah. 

7. Ekstrak Vanili 

Bahan untuk membuat kue selanjutnya yaitu ekstrak vanili. Ekstrak vanili akan memberi manfaat karena bahan ini berfungsi untuk meningkatkan rasa dan aroma produk baking Anda. 

Selain itu, ekstrak vanili juga menambahkan sentuhan kelezatan yang khas dan dapat membuat kue serta masakan lainnya menjadi lebih menggugah selera. 

8. Bubuk Kakao

Bubuk kakao untuk kue rasa cokelat

Bubuk kakao untuk kue rasa cokelat

Apabila Anda adalah seorang penggemar cokelat, maka menyediakan bubuk kakao atau cokelat bubuk di dapur adalah suatu kewajiban. 

Bubuk kakao termasuk ke dalam daftar bahan kue karena dapat digunakan untuk menambah rasa cokelat pada berbagai produk baking seperti brownies dan jenis kue lainnya. 

Dengan menyimpan bubuk kakao di dapur, Anda akan selalu siap untuk membuat berbagai macam kue coklat yang menggugah selera. 

9. Telur 

Telur sebagai bahan dasar kue

Telur sebagai bahan dasar kue

Saat ingin membuat kue, telur adalah bahan penting yang tidak dapat diabaikan. Telur memiliki dua bagian dengan fungsi masing-masing yang berbeda dalam proses pembuatan kue. 

Bagian putih telur berfungsi sebagai pengembang kue sehingga memiliki tekstur ringan dan lembut. Sedangkan, bagian kuning telur mengandung lemak yang tinggi dan berfungsi sebagai pengemulsi alami dalam adonan sehingga adonan menjadi lebih cepat menyatu dan mengental. 

Selain itu, penggunaan kuning telur juga dapat memberikan rasa gurih, tekstur lembut, dan empuk pada kue. 

10. Mentega

Mentega dasar membuat kue

Mentega dasar membuat kue

Bahan terakhir yang penting untuk ada pada daftar bahan kue lengkap yaitu mentega. Mentega adalah bahan olahan susu yang mengandung 80% lemak. Dalam pembuatan kue, lemak yang ada pada mentega memiliki beberapa fungsi penting. 

Lemak berfungsi untuk menghaluskan tekstur kue sehingga membuatnya menjadi lebih lembut saat dimakan dan tekstur kue menjadi lebih ringan. 

Fungsi lain dari lemak yaitu untuk mengawetkan kue, memperpanjang daya tahan kue sehingga tetap segar lebih lama. 

Itu dia daftar bahan kue lengkap yang perlu Anda stok di dapur jika ingin membuat kue. Hasil akhir kue ditentukan dari penggunaan bahan-bahan tersebut, jadi jangan sampai ada bahan yang tertinggal dari resep saat sedang baking