Perkakas Dapur

Serupa Tapi Tak Sama, Ketahui Perbedaan Food Chopper dan Blender

Editor 1 minggu yang lalu

Secara sekilas, food chopper dan blender memang terlihat mirip. Keduanya dapat membantu meningkatkan efisiensi Anda saat memasak, terutama dalam proses menghaluskan bumbu dapur. Dengan adanya peralatan dapur ini, Anda tidak perlu lagi menghabiskan tenaga besar untuk mengulek atau menumbuk bumbu secara manual. 

Apa itu Blender?

Blender untuk bahan makanan yang lebih empuk dan lembut

Blender untuk bahan makanan yang lebih empuk dan lembut

Blender merupakan peralatan rumah tangga yang berguna untuk mencampur bahan makanan padat dengan cair, misalnya seperti jus atau smoothies

Alat ini bekerja untuk menghancurkan dan mencampur bahan-bahan tersebut menjadi tekstur yang halus.

Saat menggunakan produk blender, penting untuk diingat bahwa mengisi wadah blender terlalu penuh dapat menyebabkan masalah dalam proses pengolahan. Blender akan kesulitan untuk bergerak sehingga proses pengolahan menjadi tidak efisien. 

Anda disarankan untuk mengisi wadah blender hanya sekitar ¾ bagian dari kapasitasnya.  

Fungsi Blender

Meskipun sama-sama digunakan untuk menghaluskan bahan makanan, blender memiliki fungsi yang berbeda dengan food chopper

Blender tidak direkomendasikan untuk mengolah bahan makan yang kering ataupun keras seperti kacang-kacangan karena pisau blender dirancang untuk memotong dan mencampur bahan-bahan yang lebih lembut. 

Selain itu, saat menggunakan blender, Anda bisa mengatur tingkat kecepatannya. Apabila ingin menghaluskan makanan secara lebih cepat, Anda dapat memilih tingkat paling tinggi atau tingkat yang rendah jika tidak ingin bahan makanan menjadi terlalu halus. 

Selain jus dan smoothies, Anda juga bisa menggunakan blender untuk menghaluskan bubur, whipped cream, atau purée. 

Apa itu food chopper?

Food chopper untuk bahan makanan yang lebih keras

Food chopper untuk bahan makanan yang lebih keras

Food chopper merupakan peralatan masak yang berguna untuk memotong, mencincang, menggiling, hingga mencampur bumbu masakan menjadi satu dan menghaluskannya dengan mudah. 

Di dalam wadahnya, food chopper dilengkapi dengan mata pisau tajam yang terbuat dari bahan campuran plastik dan stainless steel

Walaupun tersedia variasi, pisau dengan bahan plastik cenderung lebih cepat tumpul sehingga kurang efektif untuk digunakan dibandingkan dengan pisau yang berbahan stainless steel

Ada dua jenis food chopper berdasarkan cara kerjanya, yaitu otomatis dan manual. Food chopper otomatis menggunakan tenaga listrik untuk mengoperasikannya. 

Anda cukup menyambungkan ke sumber listrik, nyalakan tombol power, lalu alat ini akan bekerja secara otomatis dengan cepat dan efisien. 

Di sisi lain, food chopper manual mengharuskan Anda untuk menggunakannya dengan cara menekan atau menarik tuasnya secara manual agar pisau penghancur di dalam wadah dapat beroperasi. 

Fungsi Food Chopper 

Walaupun bentuknya mirip dengan blender, fungsi food chopper lebih spesifik untuk mengolah bahan makanan yang keras. 

Bahan makanan yang dapat diolah dengan food chopper juga sangat bervariasi. Anda dapat menggunakan alat ini untuk memotong kacang-kacangan seperti almon atau kacang tanah, menggiling rempah-rempah seperti kemiri, hingga mengolah daging menjadi cincangan halus.

Selain itu, sayuran seperti bawang dan cabai juga bisa diolah dengan mudah menggunakan food chopper ini. 

Perbedaan Fungsi Food Chopper dan Blender

Salah satu perbedaan utama antara food chopper dan blender adalah kemampuannya dalam mengolah bahan makanan.

Food chopper lebih kuat untuk memotong atau menghaluskan bahan makanan yang lebih keras, bahkan tanpa tambahan cairan.

Sementara itu, blender ditujukan untuk mengolah bahan-bahan yang lebih lunak atau setengah cair karena mata pisaunya yang dirancang berbeda. 

Hal ini membuat blender memerlukan tambahan cairan, seperti susu, minyak, atau air agar proses pengolahan menjadi lancar dan efisien. 

Detail perbedaan dari blender dan food chopper dapat Anda simak lewat tabel berikut ini. 

Food Chopper

Blender

Tidak cocok mengolah bahan yang halus

Tidak cocok mengolah bahan yang kering tanpa tambahan air

Tidak memerlukan air saat pengolahan

Memerlukan air sangat pengolahan

Mata pisau lebih kuat

Mata pisau tidak terlalu kuat untuk bahan keras

Punya fitur otomatis dan manual

Hanya punya fitur otomatis 

Fungsi utama mencincang bahan

Fungsi utama mencampur bahan

Menentukan Blender Atau Food Chopper

Sebenarnya, baik food chopper dan blender dapat membantu Anda untuk memasak. Namun, Anda bisa memilih peralatan yang sesuai dengan kebutuhan memasak Anda.

Apabila Anda sering memotong dan mencincang bahan makanan yang kasar, maka food chopper adalah pilihan yang tepat. 

Namun, jika Anda lebih sering membuat makanan yang halus atau minuman seperti bubur, jus, makanan bayi, atau smoothies, Anda bisa memilih blender.

Dengan memilih peralatan yang tepat, waktu memasak jadi lebih cepat dan Anda pun bisa menyajikan masakan dengan hasil yang maksimal. 

Anda bisa cek berbagai macam produk blender dan food chopper di Erablue.id untuk mendapatkan blender dengan kualitas yang baik.