Lifestyle

Resep Nasi Goreng Sederhana untuk Sarapan Hingga Makan Malam

Editor 1 minggu yang lalu 1 Viewer

Nasi goreng adalah sebuah hidangan khas Indonesia yang tidak hanya memikat lidah orang Indonesia, tetapi juga berhasil menarik hati banyak pecinta kuliner di seluruh belahan dunia. Dengan berbagai varian yang menggugah selera, nasi goreng menjadi pilihan yang tepat untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam. Yuk intip resep nasi goreng sederhana di bawah ini. 

Fakta Menarik Nasi Goreng 

Bahan dan cara memasak nasi goreng sederhana

Bahan dan cara memasak nasi goreng sederhana

Anda perlu tahu, di balik rasanya yang lezat, ternyata nasi goreng memiliki beberapa fakta unik. Berikut fakta-faktanya.

1. Berasal dari Cina 

Asal-usul hidangan nasi goreng ternyata berasal dari Cina yang ditemukan pada masa Dinasti Sui sekitar tahun 589-618 Masehi. 

Namun, nasi goreng mulai populer pada masa Dinasti Ming antara tahun 1368-1644 Masehi. Hidangan ini kemudian mulai menyebar ke berbagai belahan dunia melalui jalur perdagangan dan kolonisasi penduduk. 

Di Indonesia, nasi goreng diperkenalkan oleh para pedagang dari Asia Timur, terutama Cina, ratusan tahun yang lalu. Orang-orang Tionghoa ini juga yang memperkenalkan teknik menggoreng pada masyarakat Indonesia. 

2. Memiliki Banyak Varian 

Teknik penyajian nasi goreng menjadi salah satu alasan nasi goreng menjadi makanan yang populer karena disajikan dengan bumbu dan rempah-rempah lainnya. 

Kesederhanaan penyajiannya memungkinkan nasi goreng dibuat dengan selera masing-masing. 

Di berbagai belahan dunia, nasi goreng dapat dimodifikasi dengan tambahan bahan-bahan lokal untuk menciptakan rasa yang unik. Misalnya, nasi goreng di Thailand yang dihidangkan dengan udang dan kari. 

Sejak diperkenalkan ke Indonesia, nasi goreng menjadi makanan sehari-hari dan memiliki banyak variasi, seperti nasi goreng pete dan nasi goreng kambing. 

3. Menjadi Bintang Jajanan Kaki Lima

Nasi goreng bisa dijuluki sebagai bintang jajanan kaki lima di seluruh dunia karena sering dijual di pinggir jalan menggunakan tenda-tenda pedagang. 

Namun, walau terkenal sebagai jajanan kaki lima, nasi goreng juga banyak dijual di restoran-restoran. 

Untuk nasi goreng Indonesia sendiri, ciri khasnya terletak pada warna cokelat yang dihasilkan dari penambahan kecap manis pada proses pengolahannya. 

Proses pengolahannya dengan bumbu dan bahan lain seperti cabai dan bawang-bawangan pun menciptakan aroma yang menggugah selera. 

Selain itu, ada juga varian nasi goreng yang berwarna merah karena menggunakan saus tomat sebagai bahan utama penyajiannya. Lantaran menggunakan saus tomat, nasi goreng ini  memiliki cita rasa yang sedikit asam manis. 

BACA JUGA: Resep Capcay Kuah dan Goreng, Menu Sehat Kaya Rasa

Resep Nasi Goreng Sederhana 

Cara membuat nasi goreng sederhana

Cara membuat nasi goreng sederhana

Cara membuat nasi goreng cukup sederhana dan bisa Anda buat di rumah. Penasaran dengan resep nasi goreng sederhana? Intip penjelasannya di bawah ini.

Bahan-bahan yang diperlukan: 

Sebelum mulai mengolah, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nasi goreng sederhana. 

  • Nasi putih (2 piring)
  • Bawang putih, dicincang halus (3 siung)
  • Bawang merah, diiris tipis (2 butir)
  • Telur (1 butir)
  • Kecap manis (2 sdm)
  • Terasi, bakar (1 sdt)
  • Garam dan merica (secukupnya)
  • Minyak goreng untuk menumis bahan-bahan

BACA JUGA: Resep Bakso Sapi yang Menggugah Selera

Cara Mengolah:

Apabila bahan-bahan sudah terkumpul, saatnya Anda mengolah semuanya menjadi hidangan nasi goreng.

  1. Panaskan sedikit minyak di kompor gas hingga panas 
  2. Potong bawang-bawangan dengan pisau 
  3. Lalu, tumis bawang putih dan bawang merah yang sudah dipotong dengan spatula hingga berubah warna kecokelatan
  4. Tambahkan terasi ke dalam fry pan dan aduk rata dengan bawang putih dan bawang merah. Terasa akan menambah aroma khas pada nasi goreng 
  5. Pecahkan telur ke dalam fry pan dan orak arik hingga telur matang dan tercampur merata dengan bumbu dan bawang 
  6. Ambil nasi goreng dari rice cooker dan masukkan ke dalam fry pan. Lalu, aduk nasi dengan bumbu-bum dan telur, pastikan semua bahan tercampur rata
  7. Tambahkan garam, merica, dan kecap manis secukupnya sesuai dengan selera Anda 
  8. Aduk semua bahan di dalam fry pan hingga rata dan nasi berwarna cokelat. Pastikan juga bumbu sudah meresap ke dalam nasi dengan baik 
  9. Jika sudah, angkat nasi goreng dan sajikan di piring. Anda bisa menambahkan toping pelengkap seperti kerupuk dan irisan mentimun agar nasi goreng menjadi lebih lengkap 
  10. Nasi goreng pun siap disajikan bersama keluarga, cocok untuk dinikmati sebagai sarapan, makan siang, atau makan malam.

Itulah resep nasi goreng sederhana yang bisa Anda ikuti langkah-langkahnya di rumah. Selamat mencoba.