Lifestyle

Resep Nasi Kuning Rumahan | Pulen, Lezat, dan Wangi

Editor 1 minggu yang lalu 1 Viewer

Nasi tidak selalu disajikan sebagai nasi putih biasa. Nasi bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat dan enak seperti nasi goreng, nasi uduk, nasi liwet, dan yang tak kalah enak adalah nasi kuning. 

Ternyata, membuat nasi kuning tidak sulit. Hidangan ini biasanya dimasak dengan campuran santan dan air kunyit sebagai pewarna alami. Tak sabar mencobanya di rumah? Simak resep nasi kuning dan cara membuatnya berikut ini.

Menu Sakral Populer di Indonesia

Nasi kuning biasanya menjadi hidangan istimewa dengan bentuk tumpeng

Nasi kuning biasanya menjadi hidangan istimewa dengan bentuk tumpeng

Nasi kuning adalah hidangan nasi populer di Indonesia yang berwarna kuning karena kunyit sebagai pewarna alami. Hidangan ini juga sering hadir dalam momen-momen spesial dengan bentuk “tumpeng”.

Tumpeng sendiri awalnya merupakan tradisi untuk memuliakan gunung-gunung yang dianggap sebagai tempat bersemayamnya para arwah leluhur. Seiring waktu, bentuk tumpeng menjadi mengerucut seperti gunung.

BACA JUGA: Resep Soto Ayam Bening, Hidangan Khas Nusantara Menyegarkan

Menurut Arousing Appetites, di beberapa daerah di Indonesia, nasi kuning memiliki makna sakral. Hidangan ini dianggap melambangkan tumpukan emas, sesuai dengan warnanya. 

Nasi kuning awalnya disajikan sebagai hidangan istimewa dalam acara keagamaan, upacara adat, atau pernikahan para bangsawan. Pada mulanya, makanan ini hanya disuguhkan pada momen-momen tertentu dan oleh kalangan berstatus tinggi.

Tumpeng dengan nasi kuning memiliki filosofi dan sejarah yang mendalam. Tumpeng melambangkan toleransi, keikhlasan, kebesaran hati, dan kekaguman terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Bentuknya yang mengerucut menggambarkan ekosistem kehidupan, dengan nasi kuning di tengah dikelilingi lauk-pauk dan sayuran. Nasi berbentuk kerucut melambangkan keagungan Tuhan, sementara lauk-pauk melambangkan isi alam. Warna kuning melambangkan kekayaan dan moral luhur, sedangkan warna putih melambangkan kesucian.

BACA JUGA: Cara Mudah untuk Membuat Gohyong Ayam di Rumah

Resep Nasi Kuning

Nasi kuning biasanya menjadi hidangan istimewa

Nasi kuning biasanya menjadi hidangan istimewa

Hidangan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama rempah-rempah seperti kunyit, serai, daun pandan, dan bumbu lainnya yang memberikan aroma serta rasa khas. Nasi kuning biasanya disajikan dengan lauk seperti telur dadar, kering, perkedel, serundeng, abon yang dimasak di atas fry pan, dan masih banyak lagi.

Bahan-bahan:

  • 500 gr beras putih
  • 100 ml santan kental
  • 100 ml santan encer
  • Garam secukupnya
  • 3 lbr daun salam
  • 300 ml air kunyit

Bahan pelengkap:

  • Bihun goreng
  • Telur dadar, iris tipis
  • Kering tempe
  • Perkedel
  • Serundeng/abon

Cara membuat:

  1. Cuci beras hingga bersih sampai airnya jernih.
  2. Masukkan beras ke dalam panci, lalu tambahkan air kunyit, garam secukupnya untuk memberikan rasa gurih, daun salam, serta santan kental dan encer. Masak dan aduk dengan spatula hingga airnya menyusut dan nasi setengah matang.
  3. Pindahkan nasi ke dalam panci pengukus. Kukus nasi selama sekitar 20-25 menit atau hingga matang di atas kompor gas.
  4. Setelah nasi matang, angkat dan pindahkan ke dalam rice cooker agar tetap hangat.
  5. Sajikan nasi kuning dengan pelengkap.

Tips Masak Nasi Kuning

Anda bisa membuat nasi kuning pulen sendiri di rumah,  seperti untuk perayaan kecil atau sekadar melepas rindu dengan nasi kuning. Simak tips dan cara masak nasi kuning berikut.

  • Cara bikin nasi kuning cukup sederhana, nasi harus pulen agar teksturnya tidak mengganggu rasa gurih dari kunyit, santan, dan rempah lainnya.
  • Gunakan santan berkualitas jadi salah satu kunci agar nasi kuning yang dimasak memiliki rasa gurih yang meresap ke dalam nasi.
  • Gunakan air lemon agar nasi mengkilap dan untuk mendapatkan warna kuning yang lebih segar, diperlukan banyak kunyit, yang bisa menyebabkan bau kunyit mendominasi nasi. Untuk mengurangi bau kunyit, rendam beras dengan air perasan jeruk atau lemon yang sudah dipotong dengan pisau.

Itulah resep nasi kuning dan cara membuatnya yang menjadi hidangan istimewa dalam momen-momen tertentu. Anda juga bisa menciptakan kreasi nasi kuning sendiri di rumah dengan mudah.