Lifestyle

6 Daftar Alat untuk Membuat Kue yang Wajib Dimiliki

Editor 1 minggu yang lalu

Kue adalah salah satu pilihan kudapan yang sering dinikmati sendiri di rumah atau dibagikan ke tetangga di rumah. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah apabila memiliki peralatan dapur untuk membuat kue yang memadai. Berikut ini kumpulan alat membuat kue yang wajib Anda miliki di rumah. 

Daftar Alat Membuat Kue

Ketika ingin membuat kue, tentu ada kumpulan peralatan khusus yang perlu Anda miliki. Kumpulan alat membuat kue ini akan sangat membantu Anda sehingga dapat mempermudah dan mempercepat proses pembuatan kue. 

Di bawah ini merupakan daftar alat untuk membuat kue:

1. Mixer

Mixer untuk mengaduk bahan kue

Mixer untuk mengaduk bahan kue

Walau tersedia dalam berbagai macam merek, mixer memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengocok adonan kue hingga tercampur rata dan halus. Hal yang perlu Anda perhatikan saat mengocok adonan menggunakan mixer yaitu tingkat kekuatannya. 

Sebagai contoh, Anda ingin membuat brownies. Saat membuat brownies, Anda disarankan untuk mulai mengocok dengan kecepatan rendah agar adonan tidak tumpah. Lalu setelah itu, Anda bisa meningkatkan kecepatannya secara bertahap setelah adonan kue mulai tercampur dengan baik. 

Ada banyak jenis dan merek mixer yang dapat Anda pilih, mulai dari yang modern dengan fitur yang canggih hingga yang lebih sederhana. 

2. Loyang 

Loyang berkualitas untuk mencetak kue

Loyang berkualitas untuk mencetak kue

Setiap jenis kue membutuhkan loyang dengan bentuk yang sesuai. Misalnya, untuk membuat kue bolu, loyang yang dibutuhkan biasanya berbentuk bulat. 

Kualitas loyang yang Anda miliki juga berpengaruh penting dalam proses pembuatan kue. Salah satu karakteristik yang perlu diperhatikan yaitu permukaannya yang antilengket. Hal ini akan memudahkan Anda saat mengambil kue yang sudah jadi dari loyang. 

BACA JUGA: 13 Rekomendasi Hadiah untuk Hari Ibu yang Bermakna 

3. Sendok Takar

Sendok takar kue

Sendok takar kue

Sendok takar yang digunakan untuk membuat kue memiliki bentuk yang berbeda dengan sendok pada umumnya. Sendok takar memiliki cekungan yang lebih dalam dibandingkan sendok biasa, serta gagangnya yang lebar.

Bentuknya yang berbeda ini dirancang khusus untuk memudahkan Anda dalam mengambil bahan-bahan seperti tepung, mentega, atau bahan-bahan kue lainnya dalam bentuk bubuk. 

Sendok takar penting dalam proses pembuatan kue karena membantu Anda untuk mengukur bahan-bahan secara tepat sesuai dengan resep. 

Cekungan yang dalam pada sendok takar pun tidak akan membuat bahan-bahan yang ditampung jadi tumpah atau berserakan. 

4. Oven Listrik 

Oven listrik untuk membuat kue

Oven listrik untuk membuat kue

Oven listrik yang dilengkapi dengan fitur timer dan pengatur suhu akan sangat memudahkan Anda dalam menggunakannya. Fitur timer memungkinkan Anda untuk mengatur waktu pemanggangan dengan lebih presisi. 

Sementara itu, pengatur suhu akan memastikan bahwa suhu dalam oven dapat diatur sesuai dengan kebutuhan resep kue yang Anda gunakan. 

Selain itu, pemilihan oven listrik dengan sistem pemanasan atas dan bawah juga bisa jadi pilihan yang ideal untuk memastikan hasil pemanggangan kue jadi merata dan adonan pun matang sempurna. 

5. Spatula Silikon

Spatula  berbahan silikon

Spatula berbahan silikon

Spatula yang terbuat dari bahan silikon penting dimiliki dalam proses baking karena dapat digunakan untuk mengikis sisa-sisa adonan dari sudut-sudut panci, toples, dan mangkuk dengan baik. Lantaran bahannya yang terbuat dari silikon, ini memudahkannya untuk menjangkau lekukan celah-celah yang sulit dijangkau. 

Selain itu, spatula silikon juga berguna untuk mencampur bahan-bahan kering dan basah. Dengan spatula, Anda bisa mencampur adonan secara merata tanpa merusak tekstur atau konsistensi bahan. 

6. Timbangan Kue 

Timbangan untuk mengukur bahan kue

Timbangan untuk mengukur bahan kue

Timbangan adalah satu peralatan yang sangat penting dalam proses baking. Ketepatan takaran bahan-bahan seperti mentega, tepu, gula, dan bahan lainnya memiliki dampak yang signifikan terhadap hasil akhir adonan kue. 

Apabila ada perbedaan dalam takaran, adonan kue pun jadi tidak sempurna atau bahkan gagal. 

Ada berbagai jenis timbangan yang dijual di pasaran, mulai dari timbangan digital hingga manual. Anda bisa memilih timbangan kue tergantung pada preferensi pribadi dan kebutuhan dapur Anda. 

Itulah enam daftar alat untuk membuat kue yang wajib dimiliki agar proses baking Anda menjadi mudah dan hasil akhir kue pun sempurna. 

Jika mau membeli peralatan untuk membuat kue, Anda bisa cek Erablue.id untuk mendapatkan produk yang berkualitas.