Lifestyle

Rekomendasi 12 Jenis Ikan Hias Air Laut, Cocok untuk Pemula

Editor 1 minggu yang lalu 4 Viewer

Jenis ikan hias air laut sering diburu oleh para kolektor atau pecinta ikan. Ikan-ikan ini memang memiliki warna dan ciri khas yang menarik perhatian. Bahkan, keberadaannya mampu menenangkan pikiran dan menghilangkan stres saat di rumah.

Memelihara ikan hias air laut memiliki nilai seni tersendiri. Anda bisa menciptakan akuarium yang mirip dengan pemandangan laut, yang dikenal sebagai aquascape. Tertarik memulai hobi ini? Simak deretan ikan hias air laut yang bisa Anda pelihara.

Rekomendasi Jenis Ikan Hias Air Laut

Ada banyak macam macam ikan hias air asin yang mudah untuk dirawat. Contoh-contohnya termasuk clownfish (ikan giru), lionfish (ikan lepu), butterflyfish (ikan kepe-kepe), dan masih banyak lagi. Memelihara ikan hias laut membutuhkan komitmen dan ketelatenan yang serius dan berbeda dengan jenis ikan hias air tawar.

Berikut ini kami telah merangkum rekomendasi berbagai jenis ikan hias air laut yang bisa Anda pelihara.

1. Clownfish (Ikan Badut)

Popularitas Clownfish melonjak setelah muncul dalam film Disney, Finding Nemo

Popularitas Clownfish melonjak setelah muncul dalam film Disney, Finding Nemo

Clownfish adalah salah satu ikan hias air laut yang paling terkenal. Popularitasnya melonjak setelah muncul dalam film Disney, Finding Nemo.

Jika menonton film tersebut, Anda mungkin ingat bahwa Nemo adalah jenis clownfish. Jenis ikan ini mudah dirawat dan tangguh.

Selain itu, clownfish suka berenang terbuka dan tidak suka bersembunyi di balik karang atau di dasar pasir.

2. Green Chromis (Ikan Betok Hijau)

Ikan ini termasuk dalam jenis ikan sekolah yang aktif dan senang berada di akuarium yang didekorasi dengan banyak batu karang. Green chromis akan terlihat menarik jika ditempatkan di akuarium yang memiliki pencahayaan yang memadai.

Yang paling penting, ikan ini tahan banting sehingga cocok untuk pemula yang baru memulai hobi memelihara ikan hias air laut.

3. Cardinalfish (Ikan capungan)

Cardinalfish cenderung soliter dan aktif pada malam hari

Cardinalfish cenderung soliter dan aktif pada malam hari

Cardinalfish adalah pilihan unik dengan variasi seperti Pajama Cardinal dan Bangaii Cardinal yang tersedia.

Untuk ikan ini, disarankan menggunakan akuarium berukuran minimal 30 galon. Cardinalfish cenderung soliter dan aktif pada malam hari, sehingga mereka memerlukan banyak tempat persembunyian di siang hari.

4. Bicolor Blenny (Jabingan Ekor Sapi)

Blenny bukan hanya ikan yang cantik, tetapi juga sangat cocok untuk pemula karena sifatnya yang sangat tenang.

Ikan ini menghabiskan sebagian besar waktunya bersembunyi di antara bebatuan dan tanaman, sesekali muncul untuk mengamati lingkungan sekitarnya.

5. Dottyback (Panter)

Ikan hias air laut jenis dottyback merupakan ikan yang hidup di perairan tropis dan subtropis Indo-Pasifik, yang terkenal dengan terumbu karangnya yang melimpah.

Karena banyak ditemukan di perairan laut Indonesia, ikan ini sangat direkomendasikan untuk dipelihara di akuarium rumah Anda.

6. Lionfish (Lepu)

Jenis ikan hias air laut ini cukup unik karena memiliki ornamen tubuh yang berbentuk seperti duri. Untuk memelihara ikan ini, Anda perlu memperhatikan ikan-ikan lain yang bisa dicampur dengan lionfish, karena mereka memiliki jenis makanan yang berbeda.

BACA JUGA: 13 Rekomendasi Hadiah untuk Hari Ibu yang Bermakna

7. Butterflyfish (Ikan Kupu-Kupu)

Butterflyfish direkomendasikan bagi pemula yang ingin memelihara ikan hias air laut

Butterflyfish direkomendasikan bagi pemula yang ingin memelihara ikan hias air laut

Jenis ikan hias air laut ini memiliki bentuk dan corak bergaris yang mirip dengan sayap kupu-kupu, sehingga dinamakan Butterflyfish. Ikan ini sangat mudah dipelihara, sehingga sangat direkomendasikan bagi pemula yang ingin memelihara ikan hias air laut.

8. Yellow Watchman Goby (Goby Kuning)

Yellow Watchman Goby adalah salah satu ikan terbaik untuk pemula akuarium air asin karena mereka tidak pilih-pilih soal makanan dan akan memakan makanan yang tersedia di toko hewan peliharaan, bahkan yang murah sekalipun.

Goby juga termasuk jenis ikan hias yang populer, sehingga mudah ditemukan di banyak toko ikan hias.

9. Clown Goby (Goby Badut)

Clown Goby adalah tambahan yang baik untuk akuarium air asin karena sifatnya yang tenang, memiliki banyak warna cerah, murah, dan tahan banting.

Clown Goby sering terlihat bertengger di batu atau karang hidup, sehingga mengisi akuarium dengan tanaman dan terumbu karang adalah pilihan tepat untuk mereka.

Meskipun Clown Goby mudah bergaul dengan ikan lain, mereka cenderung bertarung di antara sesama jenisnya sendiri, sehingga lebih baik memeliharanya dengan spesies ikan jinak lainnya.

10. Damselfish (Ikan Betok)

Banyak ikan air asin memerlukan tangki besar, seperti 100 galon atau lebih, yang mungkin terlalu banyak untuk pemula.

Inilah mengapa Damselfish menjadi pilihan yang baik, karena mereka hanya memerlukan tangki minimal 30 galon.

Ikan ini juga sangat tangguh dan agak agresif. Pastikan menyediakan banyak tempat persembunyian bagi mereka, dan mereka akan cenderung menjaga diri mereka sendiri.

Selain itu, Damselfish memiliki banyak warna dan varietas yang bisa Anda pilih.

11. Hawkfish

Hawkfish hadir dalam berbagai varietas dengan tampilan menarik, menambah warna pada akuarium. Selain itu, ikan hawkfish cepat beradaptasi di akuarium air asin, memudahkan pemula yang baru terjun dalam hobi ikan hias air laut.

Namun, pastikan akuarium memiliki tutup yang kuat karena ikan ini dikenal suka melompat keluar.

12. Doctorfish (Garra Rufa)

Sesuai dengan namanya, jenis ikan laut ini berguna untuk membantu menyembuhkan ikan hias air asin lain yang terkena jamur di akuarium Anda. 

Dengan warna yang menarik, ikan hias air asin ini terkenal ramah terhadap ikan lain sehingga cocok dipelihara oleh pemula.

Itulah beberapa jenis ikan hias air laut tercantik yang paling populer dan mudah dirawat. Jenis ikan hias air laut mana yang menjadi pilihan Anda?